PENGARUH ALAT PERAGA BATANG CUISENAIRE MODEL BLANDED TERHADAP HASIL BELAJAR KONSEP PERKALIAN SISWA

Penulis

  • Hetty Tumurang Universitas Negeri Manado, Indonesia
  • Suehartono Syam Universitas Negeri Manado, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v5i2.1574

Kata Kunci:

Alat Peraga Batang, Blanded, Cuisenaire, Hasil Belajar, Konsep Perkalian

Abstrak

Pemahaman konsep perkalian bagi siswa sekolah dasar penting untuk diberikan sebab pemahan konsep yang baik akan mempermudah siswa mempelajari konsep matematika pada derajat yang lebih tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh alat peraga batang cuisenaire model blanded terhadap hasil belajar konsep perkalian siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental. Desain yang digunakan adalah pretest-postest control group desing. Besaran sampel dalam penelitian berjumlah 30 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data ada dua yaitu analisis deskriptif dan inferensial. Temuan penelitian ini ialah terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan control yaitu hasil belajar konsep perkalian kelompok eksperimen lebih tinggi disbanding dengan kelompok control.

Referensi

Amalia, R., & Sofiyan, S. (2018). Virtual Manipulatives pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Dimensi Matematika. https://ejurnalunsam.id/index.php/JDM/article/download/1068/863

Daayeng, A., Baffour, H. A., & Okyere, P. R. (2019). IMPROVING MATHEMATICS EDUCATION AMONG TEACHER-TRAINEES THROUGH THE USE OF CUISENAIRE ROD IN THE TEACHING OF FRACTION. British Journal of Education, Learning and Development Psychology, 2(1), 68–88. https://abjournals.org/bjeldp/wp-content/uploads/sites/8/journal/published_paper/volume-2/issue-1/BJELDP_456p6f2N.pdf

Fahrudin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 14–20. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2280

Hendriana, H., Prahmana, R. C. I., & Hidayat, W. (2019). The innovation of learning trajectory on multiplication operations for rural area students in Indonesia. Journal on Mathematics Education, 10(3), 397–408. https://doi.org/10.22342/jme.10.3.9257.397-408

Hurlock, E. B. (2012). Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang. Rentang Kehidupan. Erlangga.

Ismail, S. A. B. S., & Sivasubramniam, P. (2010). Multiplication with the Vedic method. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 8(5), 129–133. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.018

JeongWon, K., & JeongSuk, P. (2017). Exploring the Principle of Computation between Two-Digit Number and One-Digit Number: A Case Study of Using Cuisenaire Rods and Array Models. Journal of Educational Research in Mathematics, 27(2), 249–267. http://www.koreascience.or.kr/article/JAKO201718555926791.page

Karlimah, K. (2019). How to develope primary school mathematics learning media. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012009

Komariya, K. (2017). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Batang Cuisenaire Terhadap Pemahaman Konsep Perkalian Siswa. Universitas Islam Negeri Sultan Maulana.

Kurumeh, M. . (2010). Effect of Cuisenaire Rods’ approach on students’ interest in decimal fractions in junior secondary school, Makurdi Metropolis. Global Journal of Educational Research, 9(1–2), 25–31. https://doi.org/10.4314/gjedr.v9i1-2.62517

Malola, M. (2020). The use of arrays in the learning of multiplication word problems in primary school. African Educational Research Journal, 8(3), 432–441. https://doi.org/10.30918/aerj.83.20.033

Ndiung, S. (2021). Increasing Learning Activeness and Outcomes in Fractions Multiplication among the Fifth Graders of Elementary School. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 41–54. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/download/3049/2226

Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230

Oktiana, A., Slamet, S. Y., Kuswandi, & Atmojo, I. R. W. (2015). Peningkatan Kemampuan Menghitung Pembagian melalui Penggunaan Media Batang Cuisenaire. Didaktika Dwija Indria, 1–5. https://core.ac.uk/download/pdf/296305762.pdf

Sari, I. K., & Yunianta, T. N. H. (2017). EFFORTS TO IMPROVE MATH LEARNING RESULTOF FOURTH GRADE STUDENTS THROUGH CONTEXTUAL MODEL TEACHING AND LEARNING WITH CUISENAIRE RODS MEDIA. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(2), 143–152. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/download/966/516

Setiawan, M. I., Suwastika, N. A., & Prabowo, S. (2021). IoT-Based Kobela Teaching Aid for Mathematics Learning Multiplication and Division Materials for Grade II Elementary School Students. Jurnal Media Informatika Budidarma, 5(3), 1142. https://doi.org/10.30865/mib.v5i3.3107

Wong, M., & Evans, D. (2007). Improving basic multiplication fact recall for primary school students. Mathematics Education Research Journal, 19(1), 89–106. https://doi.org/10.1007/BF03217451

Diterbitkan

2021-10-01

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check