Meta Analisis : Peranan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Penulis

  • Lusia Agustina Uya Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia
  • Suryo Widodo Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia
  • Yuni Katminingsih Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v6i1.1695

Kata Kunci:

Meta analisis, PBL, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Abstrak

Banyak penelitian yang meningkatkan kemampuan pemecahan masalah melalui  model problem based learning, akan tetapi belum ada yang menganalisis hasil penelitian yang sudah dilakukan atau yang sudah ada. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini menggunakan metode meta analisis dengan jumlah sampel 10 artikel jurnal. Hasil penelitian peranan model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis memiliki nilai ES dengan kriteria efek sedang. Jika kita mencari rata-ratanya, maka nilai rata-rata  (efek sedang)

 

Referensi

Budinurani, K., & Jusra, H. (2020). Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan penerapan model problem based learning berbantu media komik dengan role playing games. Holistika Jurnal Ilmiah PGSD, 61–70.

Fatimah, F. (2012). Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah melalui Problem Based-Learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 249–259.

Hafiza, N. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA SMP/MTsN. Biomass Chem Eng, 3(2), ثقثقثقثق. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127%0Ahttp://publicacoes.cardiol.br/portal/ijcs/portugues/2018/v3103/pdf/3103009.pdf%0Ahttp://www.scielo.org.co/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S0121-75772018000200067&lng=en&tlng=en

Harisantoso, J., & Surur, M. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning ( PBL ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dikuasai oleh siswa [ 1 ]. Pemecahan masalah adalah proses yang sangat bermanfaat , bersifat dengan baik dan termotivasi untuk berkolaborasi dalam pemecahan masalah . meningkatkan kemampuan pemecahan masalah . PBL lebih dekat pada anggapan sebagai desain kurikulum daripada strategi atau model pembelajaran . Namun pada beberapa artikel penelitian pertama kali diterapkan dan dimanfaatkan dalam bidang kedokteran . Ketika terbukti efektif untuk komprehensif , nyata , dan kompleks yang mendorong siswa dalam membangun pengetahuan dan mengakuisisi pengetahuan substansial , memperdalam pemahaman konsep , dan mengembangkan. 8(1), 73–82.

Harisantoso, J., Surur, M., & Suhartini, S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 8(1), 73.

https://doi.org/10.25139/smj.v8i1.2537

Hasbullah & Wiratomo, Y. (2015). Metode, Model, dan Pengembangan Model

Pembelajaran Matematika. Jakarta : Unindra Press.

Ikhwatun Muzayaroh Ode, Muhammad Sudia, K. (n.d.). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 KENDARI.

Journal, E., Pgri, S. M. P., Sungguminasa, D., & Tahir, S. R. (2020). Mandalika Pengaruh Penerapan Model PBL Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Mandalika. Mandalika Mathematics and Education Journal, 2(1), 56–66.

Khoirunisa, L., & Hartati, L. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kreativitas dan Kecerdasan Emosional. Jurnal Analisa, 3(2), 106–114. https://doi.org/10.15575/ja.v3i2.2011

MILISRI. (2019). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN

MASALAH MATEMATIKA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH LABORATORIUM KOTA JAMBI. 42171.

Muhammadiyah, X. S. M. A., & Tahun, M. (2018). Diajukan untuk Melengkapi Tugas-tugas dan Memenuhi Syarat Mencapai Gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) Pada Program Studi Bimbingan dan Konseling.

Penelitian, A., Together, N. H., Scholar, G., Together, N. H., Jawa, P., Tenggara, N., & Together, N. H. (n.d.). 1 , 2 1,2. 650–659.

Putri, R. S., Suryani, M., & Jufri, H. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika dan Program for International Student Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 331–340.

R. Maisaroh Rezyekiyah Siregar Tika Maulida. (1967). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA HARAPAN PAYA BAKUNG KAB. DELI SERDANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018 R. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10(2), 1–12.

Risnawati. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Suska Pers.

Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajaGrafindo.

Shobrina, I. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Iii Mi Darul

Ulum Wates Ngaliyan

Sianipar; Valentina, K; dan Siagian, R. E. . (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, FTMIPA Universitas Indraprasta PGRI. 165–170.

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-RuzzMedia.

Tahun Ajaran 2017/2018. 75. http://eprints.walisongo.ac.id/9756/1/SKRIPSI FULL.pdf

Tohir, M. (n.d.). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015.

Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51–62. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.341

Zaif, A., Sunardi, S., & Diah, N. (2013). Penerapan Pembalajaran Pemecahan Masalah

Model Polya untuk Menyelesaikan Soal-Soal Pemecahan Masalah pada Siswa Kelas IX I SMP Negeri 1 Jember Semester Ganjil Tahun Ajaran 2012. 119–132.

Diterbitkan

2022-03-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check