EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN HYPNOTEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Penulis

  • Akbar Taufik Universitas Pancasakti Makassar, Indonesia
  • Suryanti Suryanti Universitas Pancasakti Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v2i2.206

Kata Kunci:

Efektivitas, Metode Hypnoteaching, Hasil Belajar

Abstrak

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan subjek penelitian kelas VIII-7 dan VIII-8 MTsN 1 Kota Makassar. Tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui deskripsi hasil belajar siswa kelas VIII setelah dilaksanakan pembelajaran dengan metode pembelajaran hypnoteaching dan metode ceramah, (2) Untuk mengetahui keaktifan siswa kelas VIII dalam pembelajaran dengan metode hypnoteaching dan metode caramah, dan (3) Untuk mengetahui respons siswa kelas VIII terhadap metode pembelajaran hypnoteaching dan metode caramah, (4) Untuk mengetahui hasil belajar mana yang lebih baik antara metode pembelajaran hypnoteaching dengan metode ceramah. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistika deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata hasil belajar matematika yang diajar dengan metode pembelajaran hypnoteaching lebih baik dibandingkan yang diajar dengan metode ceramah. Rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan metode pembelajaran hypnoteaching adalah 82,90 lebih tinggi dibandingkan yang diajar dengan metode ceramah yakni 78,25, (2) Keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran hypnoteaching lebih baik, (3) Respons siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran hypnoteaching sama positifnya dengan respons siswa yang diajar dengan menggunakan metode ceramah, dan (4) metode pembelajaran hypnoteaching lebih efektif diterapkan pada siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Makassar.

Referensi

Budiarso, A, S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Metode Hypnoteaching Untuk Memotivasi Siswa SMP dalam belajar IPA pada Materi Energi Terbarukan: Jurnal Pena Sains, (online), Vol 3, No.2, (http://journal.trunojoyo.ac.id, Diakses 15 Juni 2017.

Depdikbud. (2009). Evaluasi dan Penilaian. Proyek Peningkatan Mutu Guru. Dirjen Dikdasmen, Jakarta.

Hasbullah & Rahmawati. (2015). Pengaruh Penerapan Metode Hypnoteaching Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI: Jurnal Formatif, (online), jilid 5, No.1, (http://journal.lppmunindra.ac.id, Diakses 15 Juni 2017.

Noer, M. (2010). Hypnoteaching for Success Learning. PT. Bintang Pustaka Abadi: Yogyakarta.

Safitri, D. N., & Purnamasari, N, I. (2017). Evektifitas Pembelajaran Matematika Dengan Hypnoteaching Terhadap Prestasi Mahasiswa Pada Mata Kuliah Geometri II IKIP PGRI Bojonegoro. Jurnal Edumath (online), Vol. 3, No. 1, (http://ejournal.stkipmpringsewu.ac.id, Diakses 15 Juni 2017.

Yustisia, N. (2012). Hypnoteaching. Yogyakarta: AR-Ruzz Media

Diterbitkan

2018-10-07

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check