PENGARUH PROFESIONALISME MENGAJAR DAN TINGKAT SOSIAL EKONOMI MELALUI MINAT TERHADAP HASIL BELAJAR STATISTIKA

Penulis

  • Rahma Hidayati Darwis IAIN BONE, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v2i2.227

Kata Kunci:

Profesionalisme, tingkat sosial ekonomi, Minat belajar, Hasil Belajar.

Abstrak

Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bersifat kausalitas. Populasi dalam penelitian seluruh Mahasiswa STAIN Watampone Jurusan Syariah Program studi ekonomi Syariah. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membagikan angket kepada responden yang terbagi tiga yaitu angket profesionalisme mengajar, tingkat sosial ekonomi, dan minat belajar. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial menggunakan AMOS 20. Hasil yang diperoleh dari analisis statistik deskriptif, untuk profesionalisme mengajar dosen menurut pandangan mahasiswa berada pada kategori tinggi, untuk tingkat sosial ekonomi berada pada kategori sedang, untuk kemampuan minat belajar mahasiswa berada pada kategori tinggi.  Sementara hasil yang diperoleh dari analisis statistik inferensial; 1) sekitar 26,8% variansi hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah statistik inferensial dipengaruhi oleh  profesionalisme mengajar, tingkat sosial ekonomi dan minat belajar secara bersama-sama. Sehingga masih ada 73,2% varians hasil belajar mahasiswa yang dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak ikut diselidiki dalam penelitian, 2) minat belajar mahasiswa dapat memperkuat pengaruh profesionalisme mengajar dan tingkat sosial ekonomi dalam meningkatkan hasil belajar. Konstribusi profesionalisme mengajar dan tingkat sosial ekonomi terhadap hasil belajar mahasiswa akan semakin besar jika masing-masing variabel profesionalisme mengajar dan tingkat sosial ekonomi disertai dengan minat belajar yang tinggi.

Referensi

Dalyono. (2007). Hubungan Minat Menjadi Guru Dan Profesionalisme Guru Dengan Prestasi Belajar Micro Teaching Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi. Tesis Pascasarjana UNS. Tidak diterbitkan.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Depdiknas.

Fitriyani, T. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Tingkat Ekonomi Keluarga. Tesis Pascasarjana UNS. Tidak diterbitkan.

Prasetya. (2001). Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas II SLTP N 3 Driyono Gresik. Buletin Pelangi Pendidikan. Edisi IV Tahun II

Ramadhan. (2008). Pengaruh Media Pembelajaran Lcd Proyektor dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Siswa Kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 4 Sukoharjo. Tesis Pascasarjana UNS. Tidak diterbitkan

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2001). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru

Diterbitkan

2018-10-07

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check