PROFIL KEMAMPUAN SPASIAL DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI SISWA YANG MEMILIKI KECERDASAN LOGIS

Penulis

  • Herman Alimuddin STKIP ANdi Matappa
  • Andi Trisnowali STKIP Muhammadiyah Bone

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v2i2.238

Kata Kunci:

Kemampuan Spasial, Kecerdasan Logis Matematis, Kecerdasan Linguistik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan spasial dalam menyelesaikan masalah geometri siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis ditinjau dari perbedaan gender. Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti bertindak sebagai instrumen utama yang dipandu oleh tes kecerdasan logis matematis, tes linguistik, TKSMG dan pedoman wawancara yang valid. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian tes kecerdasan logis matematis pada beberapa calon subjek untuk memperoleh subjek penelitian sebanyak 4 subjek terdiri dari 2 subjek laki-laki dan 2 subjek perempuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pangkep. Hasil penelitian menunjukkan, dalam menyelesaikan masalah geometri: (1) terkait kerangka acuan, subjek laki-laki dominan menggunakan kemampuan spasialnya sedangkan subjek perempuan menggunakan kemampuan spasial dan penalaran logisnya secara bersama-sama (2) terkait konservasi jarak, subjek laki-laki dan subjek perempuan menggunakan kemampuan spasial dan penalaran analitiknya serta kemampuan menarik suatu kesimpulan, (3) terkait representasi spasial, subjek laki-laki dan subjek perempuan mengintegrasikan kemampuan spasial dan kecerdasan logis matematisnya, (4) terkait rotasi mental, subjek laki-laki dominan menggunakan kemampuan spasialnya sedangkan subjek perempuan kurang menggunakan kemampuan spasialnya, (5) terkait hubungan proyektif, subjek laki-laki dan perempuan mengintegrasikan kemampuan spasial dan penalaran logisnya, (6) kemampuan spasial subjek laki-laki dan subjek perempuan yang memiliki kecerdasan logis matematis tinggi berada pada level tinggi.

Referensi

Ashari, M. (2014). Profil Kemampuan Penalaran Spasial Peserta Didik Man Pinrang Berdasarkan Perbedaan Gender. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar : Program Pascasarjana UNM.

Geary, D, C., Soto, D., Catherine, M. (2001). Sex Differences in Spatial Abilities Among Adults from the United States and China. Evolution and Cognition. (Online) Vol. 7, No. 2 (web.missouri.edu/~gearyd/Geary%26DeSoto.pdf), diakses 15 Januari 2015.

Jayantika, I, G, A, N, T., Ardana, I, M., & Sudiarta, I, G, P. (2013). Kontribusi Bakat Numerik, Kecerdasan Spasial, dan Kecerdasan Logis Matematis terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri di Kabupaten Buleleng. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, (Online), Vol. 2 (http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/JPM/article/download/981/732), diakses 17 Agustus 2014.

Khotimah, H. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Geometri Dengan Teori Van Hiele. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika dengan tema “Penguatan Peran Matematika dan Pendidikan Matematika untuk Indonesia yang Lebih Baikâ€, UNY, Yogyakarta 9 November.

Kok, B., & Davasligil, U. (2014). The Effect of Teaching Geometry Which is Differentiated based on the Parallel Curriculum for Gifted/Talented Student on Spatial ability. Journal for the Education of the Young Scientist and Giftedness. (Online), Vol. 2, Issue 40-52 (http://jeysg.org/admin/b_bilgi_dosya/dosya/28062014025550_2014-2-1-5.pdf), diakses 15 Januari 2015.

McNulty, K, P. (2007). Gender Differences in Spatial Abilities: A Meta-Analysis. Senior Thesis : Psychology of Georgia Institute of Technology. Scholarly Materials and Research at Tech. (Online) (https://smartech.gatech.edu/bitstream/handle/1853/19945/KMcNulty.pdf?sequence=1), diakses 15 januari 2015.

Ristontowi. (2013). Kemampuan Spasial Siswa melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dengan Media Geogebra. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika dengan tema “Penguatan Peran Matematika dan Pendidikan Matematika untuk Indonesia yang Lebih Baikâ€, UNY, Yogyakarta 9 November.

Tasni, N. (2012). Eksplorasi pemecahan masalah ditinjau dari tingkat kompleksitas masalah dan perbedaan gender pada siswa kelas VIII A Smp negeri 4 bulukumba. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar : Pascasarjana Universitas negeri Makassar

Yilmaz, H, B. (2009). On the Development and Measurement of Spatial Ability. International Journal Electric of Elementary Education. (Online) Vol. 1, Issue 2 (http://www.iejee.com/1_2_2009/yilmaz.pdf), diakses 15 Januari 2015

Diterbitkan

2018-10-07

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check