PROFIL KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Penulis

  • Syamsul Arifin Universitas Islam Malang, Indonesia
  • Yayan Eryk Setiawan Universitas Islam Malang, Indonesia
  • Surya Sari Faradiba (Scopus ID: 57209449820), Doktor Pendidikan Matematika, Universitas Islam Malang, Indonesia http://orcid.org/0000-0002-3055-6240

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v6i2.2430

Kata Kunci:

Auditori, gaya belajar, koneksi matematis, kinestetik, visual

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan koneksi matematika siswa dalam menyelesaikan soal aplikasi kalkulus ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yakni siswa kelas XI di salah satu Madrasah Aliyah Kabupaten Pasuruan sebanyak tiga siswa. Pemilihan subjek penelitian berdasarkan masing-masing gaya belajar. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa hasil angket tentang gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Hasil tes siswa dalam menyelesaiakan soal aplikasi kalkulus Dan hasil wawancara. Dengan demikian instrument penelitian ini terdiri dari angket untuk mengukur gaya belajar siswa dan soal tes yang terdiri dari satu soal tentang aplikasi kalkulus serta pedoman wawancara. Analisis hasil angket untuk mengetahui kategori gaya belajar siswa. Analisis hasil tes untuk mengetahui profil kemampuan koneksi matematis siswa berdasarkan indikator-indikator koneksi matematis, sedangkan analisis hasil wawancara untuk mengetahui permasalahan siswa dalam menyelesaikan soal aplikasi kalkulus. Hasil penelitian menunjukkan siswa dengan gaya belajar visual telah memenuhi semua indikator koneksi matematis siswa dan mampu membuktikan kebenaran jawabannya. Kemudian dengan gaya belajar auditori mampu telah memenuhi semua indikator koneksi matematis siswa.  Sedangkan dengan gaya belajar kinestetik hanya memenuhi dua indikator koneksi matematis siswa. Oleh sebab itu diharapkan pembelajaran di kelas dapat mencakup siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik agar kemampuan koneksi matematis siswa dapat tercapai oleh semua siswa dengan gaya belajar yang berbeda.

Biografi Penulis

Surya Sari Faradiba, (Scopus ID: 57209449820), Doktor Pendidikan Matematika, Universitas Islam Malang

Academic Profile :

Google Scholar: https://scholar.google.com/citations?hl=en&user=ssCheK0AAAAJ

Sinta Author Profile : http://sinta.ristekbrin.go.id/authors/detail/?id=6157499&view=overview

Referensi

Andrés, Camilo, Flor Monserrat Rodríguez-vásquez, and Javier García-garcía. (2021). Exploring

University Mexican Students’ Quality of Intra-Mathematical Connections When Solving Tasks About Derivative Concept. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 17(9).

Apipah, S, Kartono, and Isnarto. (2018). Ananalysis of Mathematical Connection Ability Based

on Student Learning Style on Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) Learning Model with An Analysis of Mathematical Connection Ability Based on Student Learning Style on Visualization Auditory Kinest. Journal of Physics: Conference Series.

Baiduri, Octavina Rizky Utami Putri, Ikrimatul Alfani. (2020). Mathematical Connection Process

of Students with High Mathematics Ability in Solving PISA Problems. European Journal of Educational Research 9(4): 1527–37. http://www.eu-jer.com/.

Hafriani. (2021). Developing The Basic Abilities of Mathematics Students Based on NCTM

Through Structured Tasks Using ICT. Jurnal Ilmiah Didaktika 22(1): 63–80.

Kenedi, Ary Kiswanto et al. (2019). Mathematical Connection of Elementary School Students to

Solve Mathematical Problems. Journal on Mathematics Education. 10(1): 69–80.

Leton, S I, Wahyudin, and Darhim. (2019). Mathematical Connection Ability of Deaf Student in

Completing Social Arithmetic Tests. Journal of Physics: Conference Series (1280(4)): 1–7. https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1280/4/042012.

Nurafni, Atika. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau dari Self Confidence

Siswa: Studi Kasus di SMKN 4 Pandeglang. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1).

Putri, Runtyani Irjayanti, and Rusgianto Heri Santosa. (2015). Keefektifan Strategi React Ditinjau

dari Prestasi Belajar, Kemampuan Penyelesaian Masalah, Koneksi Matematis,Self Efficacy. Jurnal Riset Pendidikan Matematika 2(November): 262–72. http://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/index.

Rambe, Malim Soleh, and Nevi Yarni. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan

Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Dian Andalas Padang. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran 2: 291–96. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp.

Susanti, E. & Faradiba,S.S. (2022). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik

dalam Memecahkan Masalah Matematika berdasarkan Metacognitive Awareness Inventory. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2): 1203-1219.

Umrann, Edi Cahyono, and Muhammad Sudia. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan

Masalah Matematis ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika 4: 67–76.

Wahyuni, Yusri. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa

Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(2): 128–32. http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2037.

Widiyawati, Ari Septian, and Sarah Inayah. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis

Siswa SMK pada Materi Trigonometri. Jurnal Analisa 6(1): 28–39. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/index.

Yusron, Eri, Heri Retnawati, and Ibnu Rafi. (2020). Bagaimana Hasil Penyetaraan Paket Tes

USBN Pada Mata Pelajaran Matematika dengan Teori Respons Butir ?. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1): 1–12.

Diterbitkan

2023-03-31

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check