Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Autoplay Media Studio 8.5 dengan Pendekatan Etnomatematika

Penulis

  • Gaudensia Hiba Soja Koban Universitas San Pedro, Indonesia
  • Beatrix Purnama Sari Universitas San Pedro, Indonesia
  • Osniman Paulina Maure Universitas San Pedro, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v7i1.2455

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, AutoPlay Media Studio 8.5, Bangun Datar, Bangun Ruang, Etnomatematika

Abstrak

Pembelajaran matematika pada masa pandemi COVID-19 menuntut kreativitas seorang guru dalam mengembangkan strategi maupun media pembelajaran yang tepat. Selain itu, itu diperlukan pemanfaatan sumber belajar digital dan sumber belajar lainnya guna mencapai hasil belajar yang maksimal. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Media Pembelajaran Matematika berbasis Autoplay Media Studio 8.5 dengan Pendekatan Etnomatematika. Produk media pembelajaran ini dikembangkan dengan mengacu pada prosedur pengembangan menurut Dick and Carry (1996) yang terdiri dari tahapan analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Produk yang telah dikembangkan selanjutnya dilakukan uji validasi produk oleh para ahli dan praktisi. Hasil validasi produk oleh ahli desain dan media pembelajaran mendapat rata-rata skor penilaian sebesar 83,23%, validai prodok oleh ahli materi dan bahasa mendapat rata-rata skor penilaian sebesar 88,67%, dan validasi produk oleh para praktisi mendapat rata-rata skor penilaian sebesar 90,82%. Rata-rata nilai gabungan dari hasil validasi oleh para ahli dan praktisi sebesar 87,57%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran ini “sangat layak†untuk diujicobakan oleh siswa. Hasil ujicoba produk kepada siswa mendapat respon yang positif. Hal ini terlihat dari rata-rata skor penilaian yang diberikan siswa sebesar 89,58%. Dengan demikian produk media pembelajaran yang telah dikembangkan oleh peneliti sangat layak untuk digunakan sebagai media penunjang dalam kegiatan pembelajaran matematika khususnya pada materi bangun datar dan bangun ruang.

Referensi

Anggraini, A. A. D., Wiryokusumo, I., & Leksono, I. P. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mengenal Huruf Dan Angka Dengan Model ADDIE. Jurnal Education and Development, 9(4), 426–432. Retrieved from http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3205

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (14th ed.). Jakarta: Rineka Cipta.

Bakri, F., Rasyid, R., & Mulyaningsih, R. D. A. (2015). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Visual untuk Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 01(2), 67–74. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpppf/article/view/113

Fatmahanik, U. (2019). Pembelajaran Matematika Dalam Kebudayaan Reog Ponorogo (Kajian Ethnomathematics). Proceeding: International Conference on Islamic Studies (ICIS) IAIN Ponorogo, 285–299.

Fuadah, Y. T., & Murtafiah, N. H. (2021). Media Pembelajaran Daring Anak Usia Dini pada Masa Pandemic Covid-19. Jurnal An-Nur: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 8(2), 2461–1158. Retrieved from https://journal.an-nur.ac.id/index.php/annur/article/view/127

Jenahut, K. S., & Maure, O. P. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Banga Masyarakat Manggarai Timur. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 9(1), 138–151. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/16350/970316350

Permendikbud No 37 Tahun 2018. (n.d.). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Rahmadhani, E. (2019). Guru Melek Teknologi: Pelatihan Pembuatan Media Berbasis Macromedia Flash. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 165–169.

Rosita, R., Asfida, A., Annur, M. A., & Azis, A. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Benteng Keraton Buton dan Implikasinya pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 6(2), 86–90. Retrieved from https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/article/view/260

Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sinaga, C. V. R. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. (A. Sijabat, Ed.). Lombok Tengah: Forum Pemuda Aswaja.

Sukmadinata, N. S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryaningrum, C. W. (2017). Menanamkan Konsep Bentuk Geometri (Bangun Datar). Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 3(1), 1–8. Retrieved from http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/PENGABDIAN_IPTEKS/article/view/992

Wahyuni, A., Tias, A. A. W., & Sani, B. (2013). Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa: Penguatan Peran Matematika dan Pendidikan Matematika untuk Indonesia yang Lebih Baik (pp. 111–118). Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/10738/

Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta. Jakarta: Rineka Cipta.

Wijaya, I., & Rakhmawati, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Autoplay Media Studio pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Audio di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3), 957–963.

Yana, & Sorrya, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Teks Fabel dengan Menggunakan Aplikasi Autoplay untuk Siswa Kelas VII SMP Aisyiyah Muhammadiyah 3 Malang. Prosiding Seminar Nasional Sastra, Lingua, Dan Pembelajarannya (Salinga) (pp. 479–487). Retrieved from http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/salinga/article/view/2180

Diterbitkan

2023-03-31

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check