ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP/MTs PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI

Penulis

  • Dwi Wirda Lastari Universitas Riau, Indonesia
  • Yenita Roza Universitas Riau, Indonesia
  • Nahor Murani Hutapea Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v7i1.2465

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matemats siswa dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk melakukan analisis serta mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP/MTs pada materi relasi dan fungsi. Subjek penelitian berjumlah 14 siswa kelas VIII Pondok Pesantren MTs As-Sakinah Kabupaten Kampar. Jenis penelitian yaitu kualitatif deskriptif. Pengumpulan data berupa tes tertulis serta wawancara. Tes tertulis berbentuk uraian sejumlah 3 butir soal. Teknik penganalisisan data yang dilakukan yaitu: memeriksa jawaban siswa; mengklasifikasikan serta mengkategorikan tingkatan kemampuan komunikasi matematis siswa; hasil persentase dikelompokk berdasar pada tingkatan kemampuan komunikasi matematis siswa; data yang telah diperhitungkan selanjutnya dianalisis dengan deskriptif melalui penafsiran hasil persentase kemampuan komunikasi matematis siswa; serta memaparkan simpulan. Hasil penelitian diperoleh rata-rata skor keseluruhan soal semua siswa pada kemampuan komunikasi matematis termasuk ke dalam kriteria cukup. Siswa mencapai indikator 1 (memberikan jawaban menggunakan bahasa sendiri) sebesar 21,43%, indikator 2 (menyajikannya ide, situasi, maupun solusi dari masalah matematika dengan bentuk gambar) sebesar 78,57%, dan pencapaian indikator 3 (menyajikannya ide dengan mempergunakan bahasa notasi maupun simbol matematika dengan benar) sebesar 50%. Kesulitan yang terjadi saat menyelesaikan soal berdasarkan indikator  kemampuan komunikasi matematis yaitu tidak terpenuhi pada kemampuan prasyarat, pemahaman matematis masih rendah, dan kemampuan menulis siswa yang belum baik.

Referensi

Ali, R. H., Roza, Y., & Maimunah. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa ditinjau dari Self Confidence Siswa MTs. Jurnal Pendidikan Matematika APOTEMA, 6(1), 34–43. https://doi.org/10.33603/e.v7i1.2508

Ansari, B. I. (2009). Komunikasi Matematik Konsep dan Aplikasi. Yayasan Pena.

Deswita, R., Kusumah, Y. S., & Dahlan, J. A. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran CORE dengan Pendekatan Scientific. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 35–43. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i1.220

Fitriani, A. N., & Hidayati, N. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA pada Materi Program Linier. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(4), 1033–1040. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.1033-1040

Halawa, J. S., & Oktaviani, M. R. R. D. H. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep pada Materi Relasi dan Fungsi. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 11–18. https://doi.org/10.30872/primatika.v10i1.369

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Peserta Didik. Refika Aditama.

Hikmah, A., Roza, Y., & Maimunah, M. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Soal SPLDV. Media Pendidikan Matematika, 7(1), 29–35. https://doi.org/10.33394/mpm.v7i1.1428

Hodiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu, 7(1), 9–18. https://doi.org/10.51836/je.v5i1.116

Khadijah, I. N. A., Maya, R., & Setiawan, W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Statistika. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(6), 1095–1104. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.1446

Kholil, M., & Putra, E. D. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Space And Shape. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(1), 53–64. https://doi.org/10.35719/mass.v1i1.6

Kuswandi, K., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1), 47–56. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i1.6695

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.

Marniati, M., Jahring, J., & Jumriani, J. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 880–890. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3523

Musdalifah, Kristiawati, & Nursakiah. (n.d.). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar. Pedagogy, 6(2), 117–127.

Pane, N. S., Jaya, I., & Lubis, M. S. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Penyajian Data di Kelas VII MTs Islamiyah Medan T.P 2017/2018. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 97–109. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1779

Permendikbud, P. (2016). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Pertiwi, B., & Novtiar, C. (2022). Analisis Kemampuan Penyelesaian Masalah dan Komunikasi Matematis Soal Instrumen Relasi dan Fungsi pada Siswa Kelas IX di Kabupaten Bandung. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(1), 9–22. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i1.9-22

Rejeki, Y. T. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X SMK PGRI 2 Kediri ditinjau dari Kepercayaan Diri pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Simki-Techsain, 3(3), 2.

Rosita, M., Shodiqin, A., & Prasetyowati, D. (2020). Profil Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Relasi dan Fungsi ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(2), 163–178. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i2.14855

Ruron, A. Y. P. R. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dengan Model Pembelajaran Matematika Realistik pada Materi Persamaan Garis Lurus. Asimstot: Jurnal Kependidikan Matematika, 3(2), 177–185.

Sari, S. M., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa ditinjau dari Self-Concept. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 71–77. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.22717

Septiani, D. T., Septian, A., & Setiawan, E. (2020). Analisis Kesalahan Siswa pada Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran yang Menggunakan Pendekatan Saintifik. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 6(2), 65–80. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v6i2.2832

Wahid, L. A., & Rina, M. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Relasi Dan Fungsi. Didactical Mathematics, 4(1), 138–147. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2004

Wardhana, I. R., & Lutfianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 173–184. https://doi.org/10.33772/jpbm.v6i1.18618

Yanti, H., Zaenuri, Z., & Walid, W. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Relasi dan Fungsi di Pondok Pesantren Anshor Al Sunnah. JKPM: Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 5(1), 42–53. https://doi.org/10.17977/um076v5i12021p42-53

Yanti, R. N., Melati, A. S., & Zanty, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Pemahaman dan Kemampuan Matematis Siswa SMP pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 209–219.

Diterbitkan

2023-03-31

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check