KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.31100/histogram.v1i2.25Kata Kunci:
Kemampuan berpikir kritis, PMRIAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX
dengan penerapan pendekatan PMRI pada materi barisan dan deret. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian deskriptif dengan subjek penelitian siswa kelas IX.2
SMP Negeri 1 Indralaya Selatan yang berjumlah 25 orang. Proses pembelajaran
berlangsung sesuai dengan karakteristik dan prinsip PMRI. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah tes tertulis yang terdiri dari dua soal, wawancara, dan
observasi untuk memperoleh data tambahan. Berdasarkan hasil penelitian
diperoleh hasil bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dengan penerapan PMRI di
kelas IX.2 SMP Negeri 1 Indralaya Selatan memiliki kemampuan berpikir kritis
cukup baik dengan rincian sebagai berikut: presentase siswa yang memiliki
kemampuan berpikir kritis berkategori sangat baik sebanyak 24%, siswa yang
memiliki kemampuan berpikir kritis berkategori baik sebanyak 28%, siswa yang
memiliki kemampuan berpikir kritis berkategori cukup sebanyak 12%, dan siswa
yang memiliki kemampuan berpikir kritis berkategori kurang sebanyak 36%.
Indikator interpretasi memiliki kemunculan tertinggi yaitu sebesar 92,67%.
Kemudian kemunculan pada indikator analisis sebesar 82%, kemunculan indikator
evaluasi sebesar 45%. Dan indikator dengan presentse kemunculan terendah adalah inference yaitu sebesar 44,67%.
Referensi
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta:PT. Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 2). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Fadlilah, N. (2014). Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Volume Prisma dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Jurnal Pendidikan Matematika Unsri 8(2): 20-32.
Fahinu, Awaludin, & Sadikin. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa. http://sadikinmat13.wordpress.com/category/berpikir-kritis/. Diakses pada tanggal 13 April 2017.
Fatmawati, H., Mardiyana, & Triyanto. (2014). Analisis Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 2 (9): 899-910.
Fithriyah, I., Sa’dijah, C., & Sisworo. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX-D SMPN 17 MALANG. KNPM I: 580-590.
Hanifah, T.F. (2013). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Melalui Pendekatan Model Elictina Activities (MEAS) Dalam Pembelajaran Matematika. Skripsi. Bandung: UPI.
Idris, I., & Silalahi, K.S. (2016). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk Meningkatkan Kemampuan Penyelesaian Soal Cerita pada Kelas VII A SMP UTY. J EduMatSains. 1(1): 73-82.
Jaya, B. D., & Sutarto. (2012). Metode Eksperimen Terbimbing dalam Pembelajaran Fisika di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika. 1(1): 80-86.
Kemendikbud. (2015). Buku Guru Matematika SMP/MTs Kelas IX. Jakarta : Kemendikbud.
Lalang, A., Ibnu, & Sutrisno. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konseptual Siswa dengan Inkuiri Terbimbing Dipadu Pelatihan Metakognisi pada Materi Kelarutan dan Ksp. Jurnal Pendidikan 2(1): 12-21.
Lambertus. (2009). Pentingnya Melatih Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika di SD. Forum Kependidikan. 28 (2): 136-142.
Lestari, A. P., Hasbi, M., & Lefrida, R. (2016). Analisis Kesalahan Kelas IX dalam Menyelesaikan Soal Cerita Keliling dan Luas Lingkaran di SMP Al-Azhar Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako. 03(04): 373-385.
Muhfahroyin. (2009). Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Konstruktivistik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 16 (1): 88-93.
Munaka, F., Zulkardi, & Purwoko. (2009). Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Kontekstual Melalui Cooperative Learning di Kelas VIII1 SMP Negeri 2 Pedamaran OKI. Jurnal Pendidikan Matematika. 3(9): 47-60.
Rahmadani, A., Amalita, N., & Helma. (2012). Penggunaan Lembar Kerja Siswa yang Dilengkapi Mind Map dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1): 30-34.
Rahmawati, F. (2013). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Realistik Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Kumpulan Makalah Seminar Semirata 2013 : 225-238.
Sari, K.C.P., & Nurhidayah, D.A. (2014). Penerapan Pendekatan PMRI untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII-B SMP Negeri 1 Kecamatan Bungkal Tahun Pelajaran 2013/2014.
Sofnidar,. Sabil, H., & Winarni, S. (2013). Penerapan Pendekatan PMRI untuk Meningkatkan Kemampuan Konsep Geometri Mahasiswa PGSD Universitas Jambi. Semirata 2013 FMIPA Unila: 489-504.
Somakim. (2011). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menegah Pertama dengan Penggunaan Pendidikan Matematika Realistik. Forum MIPA. 14 (1): 42-48.
Sutrisno, L. (2016). PISA 2015. Pontianak post. 11 Desember 2016. http://www.pontianakpost.co.id/pisa-2015. Diakses pada tanggal 14 Januari 2017.
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Widodo, M.S. (2014). Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada Materi Lingkaran di Kelas VIII SMP. MATHEdunesa. 3(3): 125-130.
Winarni, S., & Rohati. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di SMP. Edumatica. 2(2): 43-50
Zaura, B., & Sulastri. (2012). Model Pembelajaran kooperatif Tipe STAD sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Barisan dan Deret Bilangan di Kelas IX SMP Negeri 1 Labuhanhaji Aceh Selatan. Jurnal Peluang. 1 (1): 21-29.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Please find the rights and licenses in Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika. By submitting the article/manuscript, the author(s) accept this policy.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International.
2. Author's Warranties
The author warrants that the article is original, written by a stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika's spirit is to disseminate articles published for free. Under the Creative Commons license, Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika when distributing works in the journal.
4. Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
- Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
- The right to use the substance of the article in one's future works, including lectures and books,
- The right to reproduce the article for one's purposes,
- The right to self-archive the article,
- The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal (Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika).
5. Co-Authorship
If other authors jointly prepared the article, any author submitting the manuscript warrants that all co-authors have authorized them to agree on this copyright and license notice (agreement) on their behalf and agree to inform their co-authors of the terms of this policy. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika will not be held liable for anything arising from the author(s) internal dispute. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika will only communicate with the corresponding author.
6. Royalties
This agreement entitles the author to no royalties or other fees. To such an extent that it is legally permissible, the author waives their right to collect royalties relative to the article regarding any use by Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika.
7. Miscellaneous
Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika will publish the article (or have it published) in the journal if the editorial process is completed. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika h editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing, and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published to be publicly accessible, and such access will be free of charge for the readers, as mentioned in point 3.