PERKEMBANGAN KURIKULUM MATEMATIKA: BERDASARKAN TUJUAN KURIKULUM

Penulis

  • Naufal Rizqullah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Aziz Muhtasyam Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Yuyu Yuhana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v7i1.2520

Kata Kunci:

Kurikulum Matematika, Kurikulum, Pengembangan Kurikulum

Abstrak

Kurikulum merupakan pedoman yang digunakan untuk menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang berisi rencana, peraturan, tujuan, isi dan bahan pelajaran demi tercapainya tujuan pendidikan. Terdapat lima tujuan umum dalam pembelajaran matematika yang dirancang oleh National Council of Teachers of Mathematics (NCTM, 2000) yaitu pertama, belajar memecahkan masalah; kedua, belajar menalar; ketiga, belajar berkomunikasi; keempat belajar mengaitkan ide; kelima, belajar membuat representasi. Dengan berdasar pada lima tujuan pembelajaran matematika menurut NCTM mencakup belajar memecahkan masalah, menalar, mengkomunikasikan, mengaitkan ide, dan membuat representasi yang berarti perkembangan kurikulum matematika setidaknya mencakup kelima hal tersebut. Perkembangan kurikulum dari waktu ke waktu menuntut siswa untuk mandiri dan aktif serta dapat memahami dan memanfaatkan pengetahuannya. Dalam proses pembelajaran guru berperan penting dalam mengimplementasikan penerapan kurikulum. Siswa memang belajar mendapatkan informasi secara aktif, tetapi guru hendaknya dapat memilih dan menggunakan strategi yang tepat untuk melibatkan siswa aktif dalam belajar. Sebaik apapun rancangan kurikulum akan menjadi tidak berarti apabila guru sebagai pelaksana tidak dapat menguasai dan memahami kurikulum tersebut dalam kemasan pembelajaran yang baik dan bermakna.

Referensi

Alhaddad, I. (2015). Perkembangan Pembelajaran Matematika Masa Kini. Delta-Pi, 4(1), 13–26.

Anggraena, Y. (2019). Pengembangan Kurikulum Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Penalaran dan Pemecahan Masalah. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 15–27. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2019.v1i1.15-27

Departemen Pendidikan Nasional. (2001). Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Umum.

Depdikbud. (1976). Kurikulum sekolah menengah 1975: GBPP Bidang Studi Matematika. Balai Pustaka.

Depdikbud. (1987). Bahan Penyajian Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah pada Rakernas Depdikbud 1987. Departemen Pendidian dan Kebudayaan.

Depdikbud. (1994). Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Pendidikan Dasar Sekolah Dasar. BP Dharma Bakti.

Depdiknas. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi. In Jakarta Pusat (Issue 4). Pusat Kurikulum.

Kemdikbud. (2014). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebuduyaan Nomor 61.

Muhammad Kristiawan. (2019). Analisis Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Unit Penerbitan dan Pubikasi Univ. Bengkulu. https://www.researchgate.net/publication/339527344

NCTM. (2000). Executive Summary Principle and Standards for School Mathematics. The National Council of Teachers of Mathematics Inc. https://www.nctm.org/uploadedFiles/Standards_and_Positions/PSSM_ExecutiveSummary.pdf

OECD. (2018). PISA 2018 Results: What Students Know and Can Do: Vol. I. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2018-results-volume-i_5f07c754-en

Peraturan Pemerintah Nomor 19. (2005). Standar Nasional Pendidikan.

S. Sukatin, & P. Pahmi. (2020). Kurikulum Sebagai Ujung Tombak Pendidikan dalam Mempersiapkan Generasi Bangsa. Jurnal Contemplate .

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20. (2003). Sistem Pendidikan Nasional.

Diterbitkan

2023-03-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check