KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PEMBUKTIAN RUMUS TRIGONOMETRI DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT

Penulis

  • Sartika Arifin Universitas Sulawesi Barat, Indonesia
  • Andi Trisno Wali Universitas Muhammadiyah Bone, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v7i1.2589

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Adversity Quotient terhadap kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah pembuktian rumus trigonometri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi pendidikan matematika program mata kuliah Trigonometri. Teknik pengambilan sampelnya adalah sampling jenuh. Instrumen yang digunakan adalah angket Adversity Quotient, tes kemampuan pemecahan masalah berupa soal pembuktian rumus. Adapun hasil penelitian adalah (1) rata-rata kemampuan pemecahan masalah mahasiswa dalam membuktikan rumus trigonometri berada pada kategori sedang, (2) rata-rata skor Adversity Quotient mahasiswa berada pada tingkatan Champer, (3) terdapat hubungan positif yang kuat antara Adversity Quotient dan kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah pembuktian rumus trigonometri.

Referensi

Afri, Lisa D. 2018. Hubungan Adversity Quotient dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP pada Pembelajaran Matematika. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, VII(2), 47-53.

Arifin, Sartika. 2017. Profil Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa ditinjau dari Adversity Quotient pada siswa SMP Negeri 2 Watampone. Tesis: Universitas Negeri Makassar

Dahlan, J.A. & Dadang, J. 2011. Analisis Representasi Matematik Siswa Sekolah Dasar dalam Penyelesaian Masalah Matematika Kontekstual. Jurnal Pengajaran MIPA Vol. 16 No. 1. Hlm. 1-11

Kartika, R.W., Megawanti, P., & Hakim, A.R. (2021). Pengaruh Adversity Quotient Dan Task Commitment Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(2), 206-216

Muna, Istifadatul. 2014. Proses Berpikir Siswa Climber Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Sekolah Menengah Atas. September 2014. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo. 2 (2), 143-150

Nurlaelah, Andi, dkk. 2021. Pengaruh Adversity Quotient Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2), 89-97.

Stoltz, P. G. 2000. Adversity Quotient: Turning Obstacles Into Opportunities (Mengubah Hambatan Menjadi Peluang) Cetakan Pertama. Terjemahan oleh: T. Hermaya. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia

Wahyudi & Anugeraheni, I. 2017. Startegi Pemecahan Masalah Matematika. Salatiga: Satya Wacana University Press.

Widyastuti, R. (2015). Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan teori Polya ditinjau dari Adversity Quotient tipe climber. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 183-194

Diterbitkan

2023-03-31

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check