Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa

Penulis

  • Egry Lisyendri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Rusydi Ananda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v7i1.2592

Kata Kunci:

Model Pembelajaran, Cooperative Integrated Reading And Composition, Kemampuan Literasi, Matematika

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah karena adanya suatu kondisi dimana belum adanya implementasi kemampuan literasi matematika pada siswa, dimana siswa cenderung kesulitan dalam mengidentifikasi atau menetapkan permasalahan, strategi penyelesaian, dan operasi hitung yang akan digunakan pada soal berbentuk cerita kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII MTsPN 4 Medan. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, jenis eksperimen dengan desain Post-test Only Control Design. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan literasi matematika siswa berupa soal uraian. Uji normalitas, homogenitas, dan pengujian hipotesis dengan uji-t adalah digunakan sebagai bagian dari pendekatan analisis data penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil sig. (2-tailed), dimana hasilnya 0,000 yakni < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat keefektifan yang signifikan pada model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa.

Referensi

Anwar, U. S., Yayat, Y. R., & Isti, I. R. (2022). Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dengan Kompetensi It Guru Terhadap Assesment Nasional Berbasis Komputer (Anbk). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 14(2), 224.

Dewi, R., Ege, B., & Syafruddin, D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative, Integrated, Reading, and Composition Berbasis Media Peta Konsep Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 3(2), 31–40.

Fahmi, M., & Zein, M. (2019). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Cooperative Integreted Reading and Composition terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bengkalis. Instructional Development Journal, 2(1), 11.

Fitriana, D. (2019). The Effectiveness of Cooperative Model CIRC Type Assisted by Schoology on The Mathematical Literacy Ability of Junior High School Students. Journal of Primary Education, 8(6), 358–366.

Indriani, N., Aisyah, A. N., & Elok, F. N. (2021). Pembelajaran Satu Arah Menyebabkan Pembelajaran Matematika Tidak Bermakna. Jurnal Amal Pendidikan, 2(3), 196.

Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 905–910. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29305

Junior, R. A., Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2021). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematis. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 114–124.

Khaesarani, I. R., & Ananda, R. (2022). Students’ mathematical literacy skills in solving higher-order thinking skills problems. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 81–99.

Khairunisa, R. W., & Basuki, B. (2021). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dan CIRC. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 113–124.

Khanifah, K., Sutrisno, S., & Purwosetiyono, F. D. (2019). Literasi Matematika Tahap Merumuskan Masalah Secara Matematis Siswa Kemampuan Tinggi dalam Memecahkan Masalah Matematika Kelas VIII. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 37.

Kusumawati, M., Education, R. M., & Matematis, L. (2020). EFEKTIVITAS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA, 4(2), 169–178.

Masjaya, & Wardono. (2018). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningatkan SDM. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 568–574.

Mulyadin, E., Sowanto, S., & Dusalan, D. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Circ (Cooperative Integrated Reading and Composition) Dalam Meningkatkan Pemahaman Matematis Pada Materi Perbandingan Siswa Smp. Supermat (Jurnal Pendidikan Matematika), 4(1), 40–51.

Nasrulloh, M. F., & Nurlia, Z. (2021). Improving Mathematical Literacy of MTs Students through Problem Based Learning.

Pertiwi, M., Suhendra, S., & Juandi, D. (2022). Mathematical Literacy Ability of Junior High School Students in Terms of Self-Efficacy. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(2), 171–180.

Prawitaningrum, A., & Endarini, E. (2019). Efektivitas Model CIRC dan GGE Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(3), 308.

Sartika, D., Musyifah, S., & Syarifuddin, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII MTsN 4 Bima. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial, 3(1), 38–50.

Sriwahyuni, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smp. Didactical Mathematics, 1(2), 1–7.

Trineke Manoy, J., & Purbaningrum, M. (2021). Jurnal Didaktik Matematika Manoy & Purbaningrum ISSN, 4185, 2548–8546.

Wesna, M., Wardono, & Masrukan. (2021). Mathematical literacy ability in terms of the independent learning students on reciprocal teaching learning models with approaching RME assisted by google classroom. Journal of Physics: Conference Series, 1918(4).

Diterbitkan

2023-03-31

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check