ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA DALAM PENYELESAIAN SOAL HOTS MATERI ARITMATIKA SOSIAL

Penulis

  • Fitri Wulandari Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jl. Ahmad Yani, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo 57169, Indonesia, Indonesia
  • Budi Murtiyasa Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jl. Ahmad Yani, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo 57169, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v7i1.2608

Kata Kunci:

Social Arithmetic, Mathematical Literacy, HOTS.

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan narasi deskriptif terkait kemampuan atau kapabilitias tingkat literasi matematika siswa dan langkah pengerjaan tipe soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) sebagai alat ukur kemampuan literasi matematika. Pendekatan kualitatif dipilih sebagai pendekatan penelitian dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Surakarta kelas VIII sebanyak 3 siswa berdasarkan kapabilitas literasi matematis tinggi, sedang, dan rendah. Data primer penelitian yang diolah merupakan hasil jawaban ulangan materi aritmatika sosial dan interview dengan siswa. Data dikumpulkan kemudian dianalisis dengan model Miles dan Huberman dan disajikan ke dalam bentuk tabel. Verifikasi data didapatkan dari triangulasi sumber melalui perbandingan antara jawaban tes, hasil wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dan pembahasan dari ketiga subjek penelitian, siswa dengan kapabilitas literasi matematis kategori tinggi dan sedang mampu mengidentifikasi nilai-nilai matematika dalam persoalan nyata, mampu menerapkan strategi model matematis dalam mencari solusi, dan melakukan interpretasi hasil serta evaluasi kelaziman solusi matematis dalam konteks riil. Adapun untuk siswa berkemampuan literasi matematika rendah, maka guru bertanggung jawab untuk memfasilitasi dan meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran sehingga meminimalisasi terjadinya miskonsepsi pada materi aritmatika sosial, khususnya soal tipe HOTS.

Biografi Penulis

Fitri Wulandari, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jl. Ahmad Yani, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo 57169, Indonesia

My name is Fitri Wulandari. I was born in Bangka Tengah on 10 Januari 2000. Now I am a student at the Faculty of Teacher Training and Education, Department of Mathematics Education (S-1) at the Muhammadiyah University of Surakarta. My phone number is 085273195772 and my email is [email protected]

Budi Murtiyasa, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jl. Ahmad Yani, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo 57169, Indonesia

My name is Budi Murtiyasa. I was born in Blora on 22 Juli 1961. Now I am a lecturer at the Faculty of Teacher Training and Education, Department of Mathematics Education (S-1) at the Muhammadiyah University of Surakarta. My phone number is 08121505225, and my email is [email protected]

Ardhiyanti, E., Sutriyono, S., & Pratama, F. W. (2019). Deskripsi Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 90–103. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.82

Astuti, Y., Bennu, S., & Paloloang, B. (2018). Identifikasi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas Viii Smpn Model Terpadu Madani Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 5(3), 356–370. https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/383%0A

Azizah, R. F., Sunardi, & Kurniati, D. (2017). Penalaran Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Pada Siswa Usia 15 Tahun Di Sma Negeri 1 Jember. Jurnal Kadikma, 8(1), 97–104. https://core.ac.uk/download/pdf/196255896.pdf

Elma Sutriana dan, & Rika Octaviani. (2019). Analisis Data Dan Pengecekan Keabsahan Data. Ina-Rxiv, 1–22.

Farida, R. N., Qohar, A., & Swasono, R. (2021). Analisis kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pisa konten change and relationship. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2802–2815. https://doi.org/10.26877/aks.v11i2.6256

Fauzi, I., & Didi Suryadi. (2020). Didactical Design Research untuk Mengembangkan Kompetensi Pedagogik Guru di Sekolah Dasar. Inventa, 4(1), 58–68. https://doi.org/10.36456/inventa.4.1.a2207

Hasyim, M., & Andreina, F. K. (2019). Analisis High Order Thinking Skill (Hots) Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 55. https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.55-64

Indrawati, K. A. D., Muzaki, A., & Febrilia, B. R. A. (2019). Profil Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1), 69–84. https://doi.org/10.24815/jdm.v6i1.12200

Mahendra, R., Murtafiah, W., & Adamura, F. (2015). Profil Penalaran Siswa Kelas X Sma Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(1), 40. https://doi.org/10.25273/jipm.v4i1.837

Mualifah, A. N., & Lukito, A. (2014). Profil Penalaran Siswa Dalam Pemecahan Masalah Open Ended Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. MATHEdunesa, 3(3), 97–102.

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do: Vol. I. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en

Purwaningtyas, K. (2019). Penalaran Siswa SMP Terhadap Soal Geometri Tipe HOTS Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 95–102. http://194.59.165.171/index.php/APM/article/view/260

Ramli, R. W., Arsyad, N., & Ma’rup, M. (2021). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill (Hots) Pokok Bahasan Pola Bilangan Pada Kelas Viii a Smp Negeri 1 Sungguminasa. Infinity: Jurnal Matematika Dan Aplikasinya, 2(1), 84–92. https://doi.org/10.30605/27458326-75

Santoso, R. M., & Setyaningsih, N. (2020). Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots Bentuk Aljabar Berdasarkan Kemampuan Matematika. Prosiding Konferensi Nasional  Penelitian Matematika Dan  Pembelajarannya (KNPMP) V, 62–71.

Saputro, R. (2018). Analisis kemampuan literasi matematika siswa kelompok kecil dalam menyelesaikan soal matematika tipe PISA. In Universitas Muhammadiyah Surakarta (Issue 2011).

Setiawati, W., Asmira, O., Ariana, Y., Bestary, R., & Pudjiastuti, A. (2019). Buku Penilaian Berorentasi Higher Order Thinking Skills. In Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v10i2.60

Simamora, K. A. L. G., & Tilaar, A. L. F. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Penggunaan Soal-Soal Matematika Tipe HOTS. MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi Dan Kolaborasi, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.53682/marisekola.v2i1.1139

Sriyanti, A., Samdewi, A. R., Mania, S., & Yuliany, N. (2022). Analisis Soal Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Buku Ajar Matematika SMK Kelas XI. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2385–2394. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2400

Sulistiawati, I., Arsyad, N., & Minggi, I. (2020). Deskripsi Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Pokok Bahasan Barisan dan Deret Ditinjau dari Kemampan Awal. Issues in Mathematics Education (IMED), 3(2), 111. https://doi.org/10.35580/imed11047

Wati, M., Sugiyanti, S., & Muhtarom, M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Semarang. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(5), 97–106. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4456

Widana, I. W. (2018). Higher Order Thinking Skills Assessment towards Critical Thinking on Mathematics Lesson. International Journal of Social Sciences and Humanities (IJSSH), 2(1), 24–32. https://doi.org/10.29332/ijssh.v2n1.74

Referensi

Ardhiyanti, E., Sutriyono, S., & Pratama, F. W. (2019). Deskripsi Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 90–103. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.82

Astuti, Y., Bennu, S., & Paloloang, B. (2018). Identifikasi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas Viii Smpn Model Terpadu Madani Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 5(3), 356–370. https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/383%0A

Azizah, R. F., Sunardi, & Kurniati, D. (2017). Penalaran Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Pada Siswa Usia 15 Tahun Di Sma Negeri 1 Jember. Jurnal Kadikma, 8(1), 97–104. https://core.ac.uk/download/pdf/196255896.pdf

Elma Sutriana dan, & Rika Octaviani. (2019). Analisis Data Dan Pengecekan Keabsahan Data. Ina-Rxiv, 1–22.

Farida, R. N., Qohar, A., & Swasono, R. (2021). Analisis kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pisa konten change and relationship. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2802–2815. https://doi.org/10.26877/aks.v11i2.6256

Fauzi, I., & Didi Suryadi. (2020). Didactical Design Research untuk Mengembangkan Kompetensi Pedagogik Guru di Sekolah Dasar. Inventa, 4(1), 58–68. https://doi.org/10.36456/inventa.4.1.a2207

Hasyim, M., & Andreina, F. K. (2019). Analisis High Order Thinking Skill (Hots) Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 55. https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.55-64

Indrawati, K. A. D., Muzaki, A., & Febrilia, B. R. A. (2019). Profil Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1), 69–84. https://doi.org/10.24815/jdm.v6i1.12200

Mahendra, R., Murtafiah, W., & Adamura, F. (2015). Profil Penalaran Siswa Kelas X Sma Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(1), 40. https://doi.org/10.25273/jipm.v4i1.837

Mualifah, A. N., & Lukito, A. (2014). Profil Penalaran Siswa Dalam Pemecahan Masalah Open Ended Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. MATHEdunesa, 3(3), 97–102.

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do: Vol. I. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en

Purwaningtyas, K. (2019). Penalaran Siswa SMP Terhadap Soal Geometri Tipe HOTS Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 95–102. http://194.59.165.171/index.php/APM/article/view/260

Ramli, R. W., Arsyad, N., & Ma’rup, M. (2021). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill (Hots) Pokok Bahasan Pola Bilangan Pada Kelas Viii a Smp Negeri 1 Sungguminasa. Infinity: Jurnal Matematika Dan Aplikasinya, 2(1), 84–92. https://doi.org/10.30605/27458326-75

Santoso, R. M., & Setyaningsih, N. (2020). Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots Bentuk Aljabar Berdasarkan Kemampuan Matematika. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP) V, 62–71.

Saputro, R. (2018). Analisis kemampuan literasi matematika siswa kelompok kecil dalam menyelesaikan soal matematika tipe PISA. In Universitas Muhammadiyah Surakarta (Issue 2011).

Setiawati, W., Asmira, O., Ariana, Y., Bestary, R., & Pudjiastuti, A. (2019). Buku Penilaian Berorentasi Higher Order Thinking Skills. In Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v10i2.60

Simamora, K. A. L. G., & Tilaar, A. L. F. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Penggunaan Soal-Soal Matematika Tipe HOTS. MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi Dan Kolaborasi, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.53682/marisekola.v2i1.1139

Sriyanti, A., Samdewi, A. R., Mania, S., & Yuliany, N. (2022). Analisis Soal Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Buku Ajar Matematika SMK Kelas XI. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2385–2394. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2400

Sulistiawati, I., Arsyad, N., & Minggi, I. (2020). Deskripsi Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Pokok Bahasan Barisan dan Deret Ditinjau dari Kemampan Awal. Issues in Mathematics Education (IMED), 3(2), 111. https://doi.org/10.35580/imed11047

Wati, M., Sugiyanti, S., & Muhtarom, M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Semarang. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(5), 97–106. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4456

Widana, I. W. (2018). Higher Order Thinking Skills Assessment towards Critical Thinking on Mathematics Lesson. International Journal of Social Sciences and Humanities (IJSSH), 2(1), 24–32. https://doi.org/10.29332/ijssh.v2n1.74

Diterbitkan

2023-03-31

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check