PROFIL KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP BALA KESELAMATAN PALU PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

Penulis

  • Sindi Geby Sintia Universitas Tadulako, Indonesia
  • Bakri Mallo Universitas Tadulako, Indonesia
  • Pathuddin Pathuddin Universitas Tadulako, Indonesia
  • Sukayasa Sukayasa Universitas Tadulako, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v7i1.2612

Kata Kunci:

Profil, Literasi Matematis, Persamaan Linear .

Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang profil kemampuan literasi matematis siswa kelas VIII SMP Bala Keselamatan Palu dalam menyelesaikan soal pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian dilakukan di SMP Bala Keselamatan Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah tiga orang siswa yang terdiri dari satu siswa berkemampuan tinggi (AD) satu siswa berkemampuan sedang (CT) dan satu siswa berkemampuan rendah (AP). Data kemampuan literasi matematis siswa diperoleh dengan tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada siswa AD mampu memenuhi indikator literasi pada level 5, siswa CT mampu memenuhi indikator literasi pada level 3 dan siswa AP mampu memenuhi indikator literasi pada level 2.

 

 

Referensi

Afandi, M., & S, N. B. R. (2021). Training Students Mathematical Literacy Abilities through PISA Standardized Questions with Traditional Games Contexts. 10(2), 55–68. https://doi.org/10.25037/pancaran.v10i2.337

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Ghofur, A., Masrukan, M., & Rochmad, R. (2022). Mathematical Literacy Ability in Experiential Learning with Performance Assessment Based on Self-Efficacy. 11(1), 94–101.

Journal, I., & Education, I. (2017). Mathematical Literacy Profile of Grade VIII Students. 1(1), 62–72.

Maghfiroh, L. N. U. R. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VII Pada Materi Aljabar. 94, 83–90.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook Third Edition. Sage Publications

Muzaki, A., & Masjudin, M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493–502. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.557

Pratiwi, D., & Ramdhani, S. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning ( Pbl ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMK. Jurnal Gammath, 2(2), 1–13.

Samani, M. C., Maliki, J., & Abd, N. (2011). Literasi Media : Melahirkan Pengguna. 7, 41–64.

Sari, E. K., Sugiyanti, S., & Pramasdyahsari, A. S. (2021). Profil Kemampuan Literasi Matematis Siswa Berkemampuan Matematika Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berbasis PISA. Jurnal Gantang, 6(1), 83–92. https://doi.org/10.31629/jg.v6i1.3286

Suyitno, H. H., & Hidayah, I. (2019). Students Mathematical Literacy ability Judging from the Adversity Quotient and Gender in Problem Based Learning Assisted Edmodo. 8(2), 180–187.

Syafina, V., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. 7(2), 118–125.

syawahid (2017) Kemampuan Literasi Matematis siswa SMP ditinjau dari Gaya Belajar [online] vol. 10 No.2 (Nopember) 2017, Hal 222-240 tersedia: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/download/21433/10194/.[diakses 23 april 2019]

Yustitia, V., & Juniarso, T. (2020). Literasi Matematika Mahasiswa Dengan Gaya Belajar Visual. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 9(2), 100–109. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v9i2.5044

Diterbitkan

2023-03-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check