Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Matematika Tipe HOTS berdasar Langkah Polya pada Siswa Kelas VII

Penulis

  • Putri Malida Rasma Dewi
  • Sutarni Sutarni

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v7i1.2639

Kata Kunci:

Analisis, Polya, HOTS.

Abstrak

Penelitian ini terkait penyelesaian soal tipe HOTS berdasarkan Langkah Polya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam pokok bahasan Aljabar pada kelas VII menggunkan Langkah Polya. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatitf dimana subjeknya merupakan siswa kelas VII Muhammadiyah 8 Surakarta. Subjek dipilih dengan cara pemberian tes penalaran berupa soal HOTS yang dimana soalnya harus diselesaikan menggunakan Langkah Polya. Diperoleh siswa dengan tingkat penalaran tinggi, penalaran sedang, dan penalaran rendah. Setelah memperoleh siswa dengan tingkat penalaran yang berbeda, siswa melakukan wawancara. Adapun tingkatan penalaran dinilai berdasarkan tahapan pemecahan Langkah Polya, yaitu memahami masalah, menyusun dan melaksanakan rencana, serta memeriksa ulang hasil perhitungan. Berdasarkan analisis data, siswa yang kemampuannya tinggi dapat memahami masalah, menyusun dan melaksanakan rencana secara tepat, juga dapat memeriksa ulang jawaban yang telah diperoleh. Siswa berkemampuan sedang juga mampu memahami masalah, menyusun dan melaksanakan rencana dengan tepat, tetapi siswa tidak melakukan tahap memeriksa ulang. Siswa berkemampuan rendah tidak mampu dalam menyusun rencana sebelum melakukan rencana, serta siswa tidak melakukan kegiatan memeriksa ulang hasil jawaban siswa.

Referensi

Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial. HISTORIS : Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150.

Asrijanty, & Hadiana, D. (2019). Panduan Penulisan Soal HOTS-Higher Order Thinking Skills. Pusat Penilaian Pendidikan Jakarta, Desember 2019.

Irwanto, Saputro, A. D., Rohaeti, E., & Prodjosantoso, A. K. (2018). Promoting critical thinking and Problem Solving Skills of Preservice Elementary Teachers through Process-Oriented Guided-Inquiry Learning (POGIL). International Journal of Instruction, 11(4), 777–794. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11449a

Nasyiwa, A., Hikmah, N., Wahidaturrahmi, & Sripatmi. (2022). Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika High Order Thinking Skills Berdasarkan Langkah Polya Pada Materi Pola Bilangan. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 449–460. https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.169

Polya, G. (1945). How to Solve It Mathematical Method.

Salahuddin, M., & Ramdani, N. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Tahapan Polya. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 37–48. https://doi.org/10.21093/ twt.v8i1.3127

Siagian, M. V., Saragih, S., & Sinaga, B. (2019). Development of Learning Materials Oriented on Problem-Based Learning Model to Improve Students’ Mathematical Problem Solving Ability and Metacognition Ability. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), 331–340. https://doi.org/10.29333/iejme/5717

Susilowati, Y., & Sumaji, S. (2021). Interseksi Berpikir Kritis Dengan High Order Thinking Skill (Hots) Berdasarkan Taksonomi Bloom. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 5(2), 62–71. https://doi.org/10.24269/silogisme.v5i2.2850

Sutama, S., Janah, N. N., & Novitasari, M. (2018). Faktor Stratejik Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Menegah Pertama. Jurnal VARIDIKA, 29(2), 176–184. https://doi.org/10.23917/varidika.v29i2.5633

Wantoro, J., Sutama, S., Zuhriah, S., & Hafida, S. H. N. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar Bebasis Hots. Profesi Pendidikan Dasar, 6(1), 11–20. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.8453

Yunita, D. A., Sugono, D., & Suendarti, M. (2021). Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dan Kosakata dalam Penulisan Karangan Deskripsi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(02), 121–129. https://doi.org/10.30998/diskursus.v3i02.7494

Diterbitkan

2023-03-31

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check