PENERAPAN LANGKAH POLYA DENGAN PBL UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA HOTS

Penulis

  • Yolanda Ika Damayati Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Sri Sutarni Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v7i1.2680

Kata Kunci:

HOTS, Langkah Polya, Problem Based Learning

Abstrak

Banyaknya hambatan yang sering dihadapi peserta didik dalam mengerjakan soal matematika berbasis Higher Order Thingking Skill (HOTS) yang menyebabkan pembelajaran kurang optimal. Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan proses berpikir peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika. Untuk menyelesaikan permasalahan matematika salah satunya dapat menggunakan model polya.  Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan peserta didik untuk menyelesaikan soal matematika tipe HOTS berdasarkan langkah polya dengan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di sebuah SMA Negeri di kabupaten Karanganyar,  Jawa Tengah,  Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,  tes,  catatan lapangan,  dan dokumentasi. Triangulasi teknik dalam penelitian ini digunakan untuk mengetahui keabsahan data.  Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan menyelesaikan soal matematika, lembar observasi,  dan pedoman analisis data menggunakan indikator polya. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan peserta didik dalam memecahkan permsalahan matematika meningkat melalui penerapan soal matematika tipe HOTS berdasarkan langah polya dengan model Problem Based Learning. Hal ini dapat dilihat dari ketercapaian indukator pada aspek langkah polya,  yaitu: 1) Memahami masalah meningkat (30,56%), 2) Merencanakan penyelesaian meningkat (44,44%), 3) Menyelesaikan masalah sesuai rencana meningkat (13,89%), 4) Memeriksa kembali hasil penyelesaian meningkat (47,22%).

Referensi

Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Adisantoso, P., & Marhan Taufik, dan. (2019). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Peningkatan Pemahaman Konsep Peserta Didik dengan Model Discovery Learning pada Materi Fungsi Invers. 8(2). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Alifiani, A. (2017). Penerapan model pembelajaran NHT-TGT untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep materi matematika SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 11–20. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.13100

Astutik, Y., & Nuriyatin, S. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 3(1), 1–6.

Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang, 151-160.

Fitriani, N. (2016). Hubungan Antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Self Confidence Siswa SMP yang Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Euclid, 2(2), 251-365.

Fitriani, S., & Yarmayani, A. (2018). Pengembangan Rubrik Berpikir Kreatif Siswa Menengah Atas Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1). 33-38. DOI: https://doi.org/10.31980/mosha rafa.v7i1.339

Fitriatien, S. R. (2016). Metode Transportasi Ssebagai Solusi Alternatif dalam Pengambilan Keputusan pada Operasional Riset. Seminar Nasional “Menyiapkan Pendidikan Matematika Dalam Menghadapi MEAâ€", 43–50. DOI: https://doi.org/10.17605/OSF.IO/X95

Iswara, E., & Sundayana, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing dan Direct Instruction dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 223-234.

Jayanti, D. E., Waluya, S. B., & Rusilowati, A. (2014). Analisis Pembelajaran dan Literasi Matematika serta Karakter Siswa Materi Geometri dan Pengukuran. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 3(2), 79-83.

Kane, R. G., Chimwayange, C., Sigler, E., Li, D. W., Burns, A., Kurtoğlu-Hooton, N., … Abraham, A. (2015). Action Research. Action Research. DOI: https://doi.org/10.1177/1476750307083716

Komariah, I., & Sundayana, R. (2017). Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Media Domat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3). 323–332. DOI: https://doi.org/10.31980/mosha rafa.v6i3.321

Mashuri, S., Djidu, H., & Ningrum, R. K. (2019). Problem-based learning dalam pembelajaran matematika: Upaya guru untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 112–125. https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.25034

Pardimin, & Widodo, S. A. (2016). Increasing skills of student in junior high school to problem solving in geometry with guided. Journal of Education and Learning, 10(4), 390–395. https://doi.org/10.11591/edulearn.v10i4.3929

Lisnani, I., Yohanes, D., & Pranoto, H. (2020). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. 9(2). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Putri, K. C., & Sutriyono, D. (2018). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika PENGARUH METODE PEMBELAJARAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII. 7(2). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Pisanu, F. (2014). Educational innovation and technology: A need for integration. Perspectives of Innovations, Economics & Business, 14(2), 103-108. http://dx.doi.org/10.15208/pieb.2014.12

Pitriani, Y., & Ocktaviani, N. N. (2020). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Aritmatika Sosial Menurut Polya. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 287-298.

Putrawangsa, S. (n.d.). PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA.

Rahmawati Fitriatien, S., Mutianingsih, N., Buana Surabaya Jalan Ngagel Dadi III-B, A., & Timur, J. (2020). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Peningkatan Kemampuan Belajar Mandiri pada Mata Kuliah Operasional Riset melalui Self Regulated Learning. 9(1). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Sukandar, A., Matematika, P., Miftahul Ulum Kp Naringgul, S., Garut, K., & Barat, J. (2020). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Meningkatkan Kemampuan Siswa SDIT Miftahul Ulum Pada Operasi Bilangan Bulat Melalui CAI-Contextual. 9(1). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Sunarto, M. T., Putri, S., Oria Laa, Y., Ar-Rahiiqil Mahtuum, Z., Siagian, G. T., Afrilianto, M., Matematika, P., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., Cimahi, J., & Barat, I. (2021). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Meningkatkan Kemampuan

Pemahaman Matematis Siswa SMP melalui Pendekatan Kontekstual. 10(1). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Susanti E, Kusumah Y S, Sabandar, J., & Darhim. (2014). Computer-assisted realistic mathematics education for enhancing students’ higher-order thinking skills (experimental study in junior high school in Palembang, Indonesia). Journal of Education and Practice,5(18), 51-58.

Sutama, Prayitno, H. J., Narimo, S., Ishartono, N., & Sari, D. P. (2021). The development of student worksheets based on higher order thinking skill for mathematics learning in junior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1776(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1776/1/012032

Wahyuni, R. (2016). Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Vol. 5, Issue 2).

http://e-mosharafa.org/Jurnal"

Wilson, J. W., Fernandez, M. L., & Hadaway, N. (1993). Mathematical Problem Solving. Research Ideas for The Classroom: High School Mathematics, 57(78).

Diterbitkan

2023-03-31

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check