Pengembangan Modul Etnomatematika Kearifan Lokal Suku Sasak Materi Volume Bangun Ruang Kelas V

Penulis

  • Lalu Muhammad Alditia Universitas Mataram, Indonesia
  • Hari Witono Universitas Mataram, Indonesia
  • Iva Nurmawanti Universitas Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v7i1.2690

Kata Kunci:

Kata kunci, pengembangan, modul, etnomatematika, suku sasak

Abstrak

Permasalahan kesulitan belajar matematika di sekolah dasar ditimbulkan oleh minimnya ketersediaan dan penggunaan media pembelajaran berkualitas, serta muatan pelajaran yang kurang relevan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk  modul etnomatematika berbasis kearifan lokal pada materi volume bangun ruang kelas 5, yang valid dan praktis sebagai produk media pembelajaran untuk memaksimalkan  proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE, yang meliputi 5 tahapan penelitian, yaitu analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Penelitian dilakukan di SDN 52 Cakranegara dengan menggunakan instrumen lembar validasi ahli dan angket respon siswa dan guru untuk mengumpulkan data penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah produk modul memenuhi standar validitas dengan persentase penilaian pada tahap validasi media 94,4 % dan tahap validasi materi 96 % sehingga masuk dalam kategori sangat valid. Pada tahap uji kepraktisan produk modul telah memenuhi kriteria kepraktisan dengan persentase penilaian uji coba kelompok kecil 94 % dan pada uji coba kelompok besar 98,2 % dari siswa dan 100% dari guru sehingga masuk dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan keseluruhan tahapan pengembangan yang telah dilakukan maka, produk modul etnomatematika berbasis kearifan lokal suku sasak pada materi volume bangun ruang kelas 5 telah valid dan praktis.   

Referensi

Arikunto, S. (2003). Prosedur Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.. Table.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.

Dwiningsih, K., Sukarmin, M., & Rahma, P. T. (2018). Pengembangan media pembelajaran kimia menggunakan media laboratorium virtual berdasarkan paradigma pembelajaran di era global. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 156-176.

Erva, R. A. L., Rosianawati, A., Pardimin, P., Nisa, A. F., & Irfan, M. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 491-499.

Fajriyah, E. (2018, February). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 114-119)..

Fatimah, F., Tolla, I., & Makkasau, A. (2018). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SDN 35 TAJUNCU KECAMATAN DONRI DONRI KABUPATEN SOPPENG (Doctoral dissertation, UNIVERSITYA NEGERI MAKASSAR).

Fauzi, A., & Setiawan, H. (2020). Etnomatematika: Konsep geometri pada kerajinan tradisional sasak dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2).

Fitriyah, A. T., & Syafi'i, M. (2022). Etnomatematika pada bale lumbung sasak. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1-12..

Hasyim, A., & Adha, M. M. (2012). Pengaruh Tingkat Intensitas Pemberian Latihan Soal Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran PKn. Jurnal Kultur Demokrasi, 1(3).

Ismail, M. I. (2011). Pemberian rangkuman sebagai strategi pembelajaran. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1).

Normina, N. (2018). Pendidikan dalam Kebudayaan. ITTIHAD, 15(28), 17-28.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

Prastowo, A. (2015). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif (D. Wijaya.

Puspitasari, S. N., Suyono, S., & Astutiningtyas, E. L. (2021). Efektivitas Penerapan E-Modul Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VIII Pada Materi Pola Bilangan Masa Pandemi. Journal of Mathematics Education and Learning, 1(3), 274-286.

Rahmawati, Y., & Muchlian, M. (2019). Eksplorasi etnomatematika rumah gadang minangkabau Sumatera Barat. Jurnal Analisa, 5(2), 123-136.

Sarah, C. R., & Kartono, K. (2022, April). Efektivitas Implementasi Double Loop Problem Solving Berbantuan E-Modul Etnomatematika pada Pemecahan Masalah. In Prosiding Seminar Pendidikan Matematika dan Matematika (Vol. 5, No. 1).

Suastika, I. K., & Rahmawati, A. (2019). Pengembangan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(2), 60.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta, Bandung, 25.

Sukiman.(2012) Pengembangan Media Pembelajaran, PT. Pustaka Insan Madani : Yogyakarta,

Supriadi, S. (2017). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Etnomatematika Sunda. Jurnal Pengajaran MIPA, 22(1).

Suttrisno, S., Riyanto, Y., & Subroto, W. T. (2020). Pengaruh Model Value Clarification Technique (Vct) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 718-729.

Suttrisno, S., Riyanto, Y., & Subroto, W. T. (2020). Pengaruh Model Value Clarification Technique (Vct) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 718-729.

Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534-540.ca

Yuswanti, Y. (2011). Pengunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV SD PT. Lestari Tani Teladan (LTT) Kabupaten Donggala. Jurnal Kreatif Online, 3(4).

Zayyadi, M. (2018). Eksplorasi etnomatematika pada batik madura. Sigma, 2(2), 36-40.

Diterbitkan

2023-03-31

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check