PENGEMBANGAN E-MODUL SEBAGAI BAHAN BELAJAR UNTUK SISWA SMP PADA MATERI POLA BILANGAN

Penulis

  • Devita Poppy Andari UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA, Indonesia
  • Danang Setyadi UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v7i1.2691

Kata Kunci:

e-modul, pola bilangan, RnD

Abstrak

Abad ke-21 teknologi semakin pesat hal ini berdampak pada dunia Pendidikan. Guru dituntut untuk dapat membuat media untuk penunjang pembelajaran salah satunya menggunakan e-modul. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul pada materi pola bilangan SMP yang dapat digunakan sebagai bahan belajar yang valid, praktis, dan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  research & development dengan menggunkan model pengembangan ADDIE  yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation.  Uji coba media kepada 31 siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Tengaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan non tes. Media yang telah dikembangkan  dinyatakan layak oleh ahli materi dan media dengan presentase kevalidan materi 100% dan media 84,4% dengan kategori "sangat valid". Media terbukti praktis dengan perolehan skor 94,76 dengan kategori "sangat praktis". Hasil uji keefektifan memiliki nilai signifikan 0,000 atau kurang dari 0,05 yang artinya terdapat perbedaan sebelum dan sesudah penggunaan media. Disimpulkan bahwa e-modul valid, praktis, dan efektif digunakan untuk siswa sebagai sumber belajar siswa pada materi pola bilangan


Referensi

Agustina, S., & Patimah, S. (2019). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII pada Materi Pola Bilangan di Kota Cimahi. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 201–208. https://doi.org/10.30738/union.v7i2.3835

Aini, N. N., & Mukhlis, M. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Soal Cerita Matematika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau Dari Adversity Quotient. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 105–128. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i1.105-128

Apriansyah, M. F., & Pujiastuti, H. (2020). J urnal Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 67–76. http://ojs.uho.ac.id/index.php/jpm

Hidayah, N. T., Nugroho, A. A., & Endahwuri, D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Pola Bilangan. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 80–84. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i1.5767

Istikomah, Purwoko, R. Y., & Nugraheni, P. (2020). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 63–71. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/490

Jamil, S. (2013). Strategi pembelajaran teori dan aplikasi. Yogyakarta: Ar-ruzz media.

Miftakhudin, Purwoko, R. Y., & Yuzianah, D. (2019). Integrasi Etnomatematika pada Pengembangan E-Modul dengan Pendekatan Saintifik untuk Menstimulasi Berpikir Logis Siswa SMP. Prisma, 2, 510–515. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Nasution. (2017). Berbagai pendekatan dalam proses belajar & mengajar / Prof. Dr. S. Nasution, M.A. (Cetakan ke). Bumi Aksara.

Puspitasari, S. N., Suyono, S., & Astutiningtyas, E. L. (2021). Efektivitas Penerapan E-Modul dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VIII pada Materi Pola Bilangan Masa Pandemi. Journal of Mathematics Education and Learning, 1(3), 274. https://doi.org/10.19184/jomeal.v1i3.26773

Putra, K. W. B., Wirawan, I. M. A., & Pradnyana, G. A. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran “Sistem Komputer†Untuk Siswa Kelas X Multimedia Smk Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(1), 40–49. https://doi.org/10.23887/jptk.v14i1.9880

Ramadanti, F., Mutaqin, A., & Hendrayana, A. (2021). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis PBL (Problem Based Learning) pada Materi Penyajian Data untuk Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2733–2745. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.759

Solikin, I. (2018). Implementasi E-Modul pada Program Studi Manajemen Informatika Universitas Bina Darma Berbasis Web Mobile. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 2(2), 492–497. https://doi.org/10.29207/resti.v2i2.393

Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2017). Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. Innovation of Vocational Technology Education, 9(2), 101–116. https://doi.org/10.17509/invotec.v9i2.4860

Sukadiono, Setyawan, R., & Nasrullah, D. (2020). Alam Pikir Era Pandemi: Kajian Lintas Ilmu.

Ula, I. R., & Fadila, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Learning Content Development System Pokok Bahasan Pola Bilangan SMP. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 201. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2563

Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279

Diterbitkan

2023-03-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check