Efektivitas guru dalam menerapkan media pembelajaran matematika berbasis Kahoot di SMP S IMELDA

Penulis

  • Aisyah Putri Manja Universitas Labuhanbatu, Indonesia
  • Indah Fitria Rahma Universitas Labuhanbatu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v7i1.2804

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Kahoot, Matematika, Efektivitas

Abstrak

Pembelajaran matematika yang kompleks membutuhkan strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi seperti Kahoot. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas guru dalam menerapkan media pembelajaran matematika berbasis Kahoot di SMPS IMELDA menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini melibatkan beberapa guru dan siswa sebagai partisipan. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan dianalisis secara deskriptif dan interpretatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Kahoot sebagai media pembelajaran matematika efektif dalam meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Selain itu, penggunaan Kahoot juga membantu guru dalam mempercepat proses pembelajaran dan meningkatkan interaksi antara guru dan siswa. Rekomendasi dan saran diberikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dengan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi seperti Kahoot.

Referensi

Afifah, D. S. N. (2012). Interaksi Belajar Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 1(2), 145–152. https://doi.org/10.21070/PEDAGOGIA.V1I2.37

Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2019). PEMANFAATAN MEDIA BERBASIS ICT “KAHOOT†DALAM PEMBELAJARAN PPKN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 6(2), 208–216. https://doi.org/10.36706/jbti.v6i2.10118

Andari, R. (2020). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUKASI KAHOOT! PADA PEMBELAJARAN FISIKA. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 135. https://doi.org/10.31764/ORBITA.V6I1.2069

Anggraeni, F. P., & Ginanjar, A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran E-Learning Dengan Media Kahoot Terhadap Kemampuan Analisis Pesertdidik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Islam Al Azhar 29 Semarang. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 2(1), 72–83. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v2i1.37442

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS PROYEK SALAH SATU SOLUSI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI TENGAH PANDEMI COVID-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/JIPP.V5I1.111

Bachtiar, I., AS, H., & Rahmi, S. (2022). WORKSHOP PENINGKATAN KOMPETENSI GURU BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(11), 3069–3076. https://www.bajangjournal.com/index.php/J-ABDI/article/view/1709

Bahar, H., Setiyaningsih, D., Nurmalia, L., & Astriani, L. (2020). EFEKTIFITAS KAHOOT BAGI GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.28989/KACANEGARA.V3I2.677

Betyka, F., Putra, A., & Erita, S. (2019). Pengembangan Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Segitiga. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 179. https://doi.org/10.24014/JURING.V2I2.7684

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V2I1.89

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMIK COVID-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/PPD.V7I1.10973

Ismail, M. A.-A., & Mohammad, J. A.-M. (2017). Kahoot: A Promising Tool for Formative Assessment in Medical Education. Education in Medicine Journal, 9(2), 19–26. https://doi.org/10.21315/EIMJ2017.9.2.2

Izzati, M., & Kuswanto, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Blanded Learning berbantuan Kahoot terhadap Motivasi dan Kemandirian Siswa. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 3(2), 65–75. https://doi.org/10.29408/EDUMATIC.V3I2.1656

Jones, S. M., Katyal, P., Xie, X., Nicolas, M. P., Leung, E. M., Noland, D. M., & Montclare, J. K. (2019). A ‘KAHOOT!’ Approach: The Effectiveness of Game-Based Learning for an Advanced Placement Biology Class. Simulation and Gaming, 50(6), 832–847. https://doi.org/10.1177/1046878119882048

Khabidin, K. (2019). Efektifitas Penerapan Aplikasi Kahoot dalam Mengkondisikan Kelas pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Pagentan Kabupaten Banjarnegara [Universitas Islam Indonesia]. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/14126

Korucu, A. T., & Alkan, A. (2021). Efektifitas Kahoot Sebagai Media Kuis Interaktif pada PembelajaranDi Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Al Kautsar Bandar Lampung. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 15, 1925–1930. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2011.04.029

Lanya, H., Zayyadi, M., Syahroni, A. W., Rifanda, A. R., Sisca, D., & Agustin, P. D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Osborn Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pesantren di Kabupaten Pamekasan. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Universitas Ma Chung, 2, 25–34. https://ocs.machung.ac.id/index.php/senam/article/view/264

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). MINAT BELAJAR SEBAGAI DETERMINAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Nurjannah, N., Kaswar, A. B., & Kasim, E. W. (2021). EFEKTIFITAS GAMIFIKASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 189–193. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2492

Prasetia, U., Kadir, H., & Supriyadi, S. (2023). Penerapan Media Kahoot pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMPN 2 Wanggarasi Kabupaten Pohuwato. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(1), 141–148. https://doi.org/10.32884/IDEAS.V9I1.1201

Serly, A. (2022). Pengembangan game interaktif wordwall pada mata pelajaran pendidikan agama islam materi thaharah di smpn purwodadi. Jurnal Pendidikan Matematik, 3(2), 42–58. http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4265

Suryati, I., Permatasari, R., Rofiana, A. P., Miftah, R. N., & Musthofa, W. S. (2021). GAME BASED ASSESSMENT UNTUK PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI: KAHOOT! Jurnal Terapan Abdimas, 7(1), 60. https://doi.org/10.25273/jta.v7i1.10310

Diterbitkan

2023-03-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check