PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v3i1.284

Kata Kunci:

hasil belajar, sekolah kejuruan, tugas terstruktur

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemberian tugas terstruktur dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa sekolah kejuruan pada materi logaritma, semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah 13 siswa kelas XI SMK Keperawatan Dr Wahidin Makassar. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus; masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar dan observasi kelas. Hasil tes menampilkan data kuantitatif, sedangkan hasil observasi kelas menghasilkan data kualitatif. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I, nilai rata-rata hasil tes siswa adalah 50. Pada siklus II, nilai rata-rata hasil tes siswa meningkat menjadi 79.62, yang mengindikasikan peningkatan hasil belajar matematika siswa. Hasil observasi menunjukkan adanya perubahan sikap siswa dalam pembelajaran ke arah yang lebih baik, khususnya dalam hal keaktifan dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar yang meningkat dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian, pemberian tugas terstruktur dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMK Keperawatan Dr. Wahidin Makassar dalam pelajaran matematika, pada pokok bahasan logaritma.

Biografi Penulis

Nashruddin Nashruddin, STKIP Dampal Selatan

Nashruddin, S.Pd.,M.Pd. (Scopus ID 57204543841 & Sinta ID 6659747), lahir di Masewali, 3 Juli 1981. Menyelesaikan studi S1-Pendidikan bahasa Inggris di Unismuh Makassar (2012) dan S2-Pendidikan bahasa Inggris di UNM Makassar (2017). No HP: 081354773313, email: [email protected]. Saat ini sebagai dosen pendidikan bahasa Inggris di STKIP Dampal Selatan.

Roslina Roslina, SMK Keperawatan Dr Wahidin Makassar

Roslina, S.Pd., lahir di Tonasa, 5 Desember 1983. Menyelesaikan studi S1-Pendidikan Matematika di STKIP Andi Matappa Pangkep (2011). No HP: 082393353700, email: [email protected]. Saat ini sebagai guru bidang studi matematika di SMK Keperawatan Dr Wahidin Makassar.

Referensi

Asmawi, Z., & Noehi, N. (2005). Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional.

Creswell, J. W. (2008). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Approaches to Research. Uper Saddle River NJ: Merrill/ Pearson Education.

Depdikbud. (1993). Evaluasi dan Penilaian. Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu Guru. Dirjen DIKNASMEN.

Erlinda, Y. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian melalui Metode Drill Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 4(3), 1-19.

Gay, L. R., Mills, G. E., & Airasian, P. (2006). Educational Research: Competencies for Analysis and Applications (8th ed.) (8 ed.). New Jersey: Pearson Education, Inc.

Hamzah, A., & Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Depok: PT. Rajagrafindo.

Haryanto, Weda, S., & Nashruddin. (2018). Politeness Principle and Its Implication in EFL Classroom in Indonesia. XLinguae, 11(4), 99-112. doi: 10.18355/XL.2018.11.04.09

Haryono, D. (2014). Filsafat Matematika. Bandung: Alfabeta.

Ibnufajar. (2013). Materi Pembelajaran Matematika Kelas X Pada Kurikulum 2013. Retrieved from https://ibnufajar75.wordpress.com

Kurniawan, A. W. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Peluang Kelas X SMK Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Thesis. Program Studi Strata Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah. Surakarta.

Mulyadi. (2010). Diagnosis Kesulitan Belajar Dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Bantul: Nuha Litera.

Muthmainah. (2017). Penelitian Tindakan Kelas: Tujuan, Karakteristik, Jenis. Retrieved January 2nd, 2019, from https://thegorbalsla.com/penelitian-tindakan-kelas/

Nashruddin, Ningtyas, P. R., & Ekamurti, N. (2018). Increasing the Students’ Motivation in Reading English Materials through Task Based Learning (TBL) Strategy (A Classroom Action Research at the First Year Students of SMP Dirgantara Makassar). Scolae: Journal of Pedagogy, 1(1), 44-53.

Nelissen, J. M. C. (2005). Thinking Skill in Realistics Mathematics. Journal PME, 2(5), 108-119.

Nugroho, T. (2013). Pendekatan Scientific Model dan Strategi Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(1), 21-40.

Pepperberg, I. M., & Sherman, D. (2000). Proposed Use of Two-Part Interactive Modeling as A Means to Increase Functional Skills in Children with A Variety of Disabilities. Teaching and Learning in Medicine, 12(4), 213-220.

Stringer, E. T. (2010). Action Research in Education. from https://www.researchgate.net/publication/245175246_Action_Research_in_Education

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jica UPI.

Sulistiono. (2008). Matematika Program Keahlian Akuntansi dan Penjualan untuk SMK dan MAK Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Takdir, M. (2014). Improvement of Learning through Math Cooperative Learning Stad Type of Class X.F SMA Negeri 1 Pitumpanua. Jurnal Nalar Pendidikan, 2(1), 37-40. doi: 10.26858/jnp.v2i1.1952

Willis, J. (2004). A Framework for Task-Based Learning. New York: Longman.

Diterbitkan

2019-06-14

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check