VALIDITAS LKPD DIGITAL INTERAKTIF DENGAN AUGMENTED REALITY PADA MATERI VEKTOR DIMENSI 3

Penulis

  • Irbah Tsabitah Universitas Islam Malang, Indonesia
  • Sunismi Sunismi Universitas Islam Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v7i2.3304

Kata Kunci:

Augmented Reality, Digital, Interaktif, LKPD, Vektor

Abstrak

Evolusi teknologi yang terjadi selama beberapa dekade ini memiliki dampak yang cukup signifikan dalam dunia pendidikan khususnya dalam mengembangkan bahan ajar seperti Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian ini bertujuan untuk menguji kevalidan (kelayakan) dan kepraktisan sebuah produk LKPD interaktif digital dengan augmented reality pada materi vektor dimensi 3. Dengan metode penelitian RnD dengan model four-d. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner untuk mengukur kevalidan dan kepraktisan produk. Instrumen tersebut diberikan kepada subjek penelitian ini yaitu: 1 ahli materi; 1 ahli desain media pembelajaran; 2 paraktisi guru; dan 10 siswa sebagai pengguna. Dari analis data diperoleh hasil uji validasi produk oleh ahli materi, dan ahli desain media memenuhi kriteria "Sangat Valid" dengan rata-rata skor 94,83%. Hasil uji kepraktisan oleh praktisi guru memenuhi kriteria "Sangat Praktis" dengan rata-rata skor 94,5%. Sementara itu hasil dari uji kepraktisan oleh 10 siswa juga memenuhi kriteria "Sangat Valid" dengan rata-rata skor 86%. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat dinyatakan bahwa produk LKPD interaktif digital dengan Augmented Reality (AR) pada materi vektor dimensi 3 memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis, sehingga layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran vektor dimensi 3 kelas X SMA.

Referensi

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rosada Karya.

Astuti. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Kelas VII SMP/MTs Mata Pelajaran Matematika. 05(02), 1011–1024.

Bakri, F., Sumardani, D., & Muliyati, D. (2019). Integrating augmented reality into worksheets: Unveil learning to support higher-order thinking skills. AIP Conference Proceedings, 2169. https://doi.org/10.1063/1.5132647

Burbules, N. C., Fan, G., & Repp, P. (2020). Five trends of education and technology in a sustainable future.

Geography and Sustainability, 1(2), 93–97. https://doi.org/10.1016/j.geosus.2020.05.001

Faradiba, S. S., Rahmawati, B., Nabilla, I. A., Ananda, R., Pradana, A., Robba, R. B., Febriantika, S. D., &

Wulandari, T. (2021). Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar Melalui Pendampingan Berbasis Literasi. 5(6). https://doi.org/10.31764/jmm.v5i6.5614

Faradiba, S. S., Sadijah, C., Parta, I. N., & Rahardjo, S. (2019). Metacognitive therapy for mathematics disorder. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042079

Fitriani, N., Hidayah, I. S., & Nurfauziah, P. (2021). Live Worksheet Realistic Mathematics Education Berbantuan Geogebra: Meningkatkan Abstraksi Matematis Siswa SMP pada Materi Segiempat. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 37. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.4526

Mulyasari, D. W., Gunarhadi, & Roemintoyo. (2022). E-LKPD based on Problem Based Learning (PBL) Approach to Measure Mathematics Literacy Ability of Elementary Students. International Journal of Elementary Education, 6(3), 393–402. https://doi.org/10.23887/ijee.v6i3.47532

Nurvitasari, I., & Sulisworo, D. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.33603/jnpm.v7i1.5347

Pujiastuti, H., Haryadi, R., & Arifin, M. (2020). The Development of Augmented Reality-Based Learning Media to Improve Students’ Ability to Understand Mathematics Concept. Unnes Journal of Mathematics Education, 9(2), 92–101. https://doi.org/10.15294/ujme.v9i2.39340

Putri, N. L. P. D., & Astawan, I. G. (2022). E-LKPD Interaktif Dengan Model Project Based Learning Materi Bangun Ruang Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(2), 303–311. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.47231

Qureshi, M. I., Khan, N., Raza, H., Imran, A., & Ismail, F. (2021). Digital Technologies in Education 4.0. Does it Enhance the Effectiveness of Learning? International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(4), 31–47. https://doi.org/10.3991/IJIM.V15I04.20291

Rodríguez-Abitia, G., Martínez-Pérez, S., Ramirez-Montoya, M. S., & Lopez-Caudana, E. (2020). Digital gap in universities and challenges for quality education: A diagnostic study in Mexico and Spain. Sustainability (Switzerland), 12(21), 1–14. https://doi.org/10.3390/su12219069

Sari, N. R., Nayazik, A., & Wahyuni, A. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Ethno-STEM Pada Materi Volume Benda Putar Integral. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(3), 565–579. https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i3.7289

Siregar, U. H., & Suparman. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis PBL Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 6(4). https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i4.7153

Subakti, D. P., Marzal, J., & Effendi. M.H.Hsb. (2021). Pengembangan E-LKPD Berkarakteristik Budaya Jambi Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1249–1264. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.629

Thiagarajan, S., Semmel, S. D., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Bloomington: Indiana University.

Yang, I. (2022). Learn dan Explore Mathematics Through Augmented Reality. HITeL Teaching & Learning Innovation Competition 2022 . https://hitelperak.wixsite.com/innovators2022

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check