PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBANTUAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X RPL SMK N 1 LUBUK PAKAM

Penulis

  • Rizki Fauziah Siregar Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Indonesia
  • Ramadhani Ramadhani Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v7i2.3317

Kata Kunci:

Canva, four-D, kemampuan pemecahan masalah, lembar kerja peserta didik

Abstrak

Studi ini mendiskusikan bahasan tentang pengembangan lembar kerja peserta didik berbantuan Canva  untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Studi ini menerapkan metode four-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan sebagai jenis penelitian dan pengembangannya. Dalam metode four-D terdapat empat tahapan yaitu tahap pendefinisian ,tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Pada tahap penyebaran awal dilakukan secara terbatas yaitu terhadap  siswa kelas  X RPL SMK N 1 Lubuk Pakam. Dari temuan yang didapatkan validitas dari lembar kerja peserta didik berbantuan Canva para ahli media adalah  85,5% dengan kategori sangat baik dan hasil uji validitas ahli materi mencapai skor 89,3% yang masuk dalam kelompok sangat baik sedangkan untuk praktikalitas menurut guru mencapai skor 90% dengan kategori sangat baik dan menurut respon siswa mecapai skor 88,8% dengan kategori sangat baik, serta untuk keefektifan lembar kerja peserta didik mencapai skor 86,6% dengan kategori sangat efektif serta tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa mengalami peningkatan sebesar 33,45%, yang mana rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum menggunakan lembar kerja peserta didik berbantuan Canva sebesar 41,8% dan rata-rata tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa setelah menggunakan lembar kerja peserta didik berbantuan canva sebesar 75,25%.

Referensi

Desvianti. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal BASICEDU, 4(4), 1201–1211.

Haryonik, Y., & Bhakti, Y. B. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Matematika Realistik. MaPan, 6(1), 40–55. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a5

Julia, R., Ramadhani, & Wardani, H. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis melalui Pendekatan Realistik Siswa Kelas VIII MTs Pondok Pesantren Saifullah T.A 2021/2022. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(2), 489–500. https://doi.org/10.30606/absis.v4i2.1226

Khayroiyah, S., & Ramadhani, R. (2018). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada soal cerita matematika menggunakan model PBL berbasis media realistik. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(2), 12–17.

McComas, W. F. (2014). Programme for International Student Assessment (PISA). The Language of Science Education, 79–79. https://doi.org/10.1007/978-94-6209-497-0_69

Munawaroh, N., Rohaeti, E. E., & Aripin, U. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Kategori Kesalahan Menurut Watson dalam Menyelesaikan Soal Komunikasi Matematis Siwa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 993. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p993-1004

Nasution, D. H., & Yerizon. (2019). Development of student worksheets based on discovery learning to improve student mathematical problem solving ability in class X senior high school. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(6), 228–231.

Nurasyiyah, D. A. (2014). Pendekatan Metakognitif Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Pencapaian Kemampuan Koneksi Dan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Sma. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 115. https://doi.org/10.20884/1.jmp.2014.6.2.2910

Putra, A. E., Fadiawati, N., & Nina, K. (2015). Pengembangan Lks Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Stoikiometri. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 4(No. 1 edisi april), 339–350.

Salmi, A., Yerizon, & Syarifuddin, H. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis GUIDE INQUIRY untuk Siswa Kelas X SAM. 608–617.

Siregar, T. J., & Khayroiyah, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa. Jurnal MathEducation Nusantara, 2(2), 150–154.

Yerizon, Y., Putra, A. A., & Subhan, M. (2018). Student Responses Toward Student Worksheets Based on Discovery Learning for Students with Intrapersonal and Interpersonal Intelligence. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 335(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/335/1/012113

Yokri, V., & Saltifa, P. (2020). LKPD Matematika Berbasis Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik SMK-SMAK Padang Kelas X. Jurnal Equation, 3(1), 76–88.

Zahid, M. Z. (2020). Telaah Kerangka Kerja PISA 2021 Era Integrasi Computational Thinking dalam Bidang Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3(2020), 706–713.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check