EFEKTIVITAS LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA KESENIAN BARONG TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Penulis

  • Zanuba Riana Fitri Universitas Muhammdiyah Surakarta, Indonesia
  • Budi Murtiyasa Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v7i2.3328

Kata Kunci:

Motivasi belajar, Hasil Belajar, LKPD Etnomatematika

Abstrak

Siswa telah terpengaruh oleh pandangan tentang mata pelajaran matematika yang dianggap sulit untuk dipahami. Hal tersebut mempengaruhi motivasi dan membuat peserta didik lebih rentan terhadap sikap malas atau rasa putus asa ketika belajar matematika. langkah yang dapat diambil oleh pendidik untuk membuat proses pembelajaran lebih inovatif salah satunya dengan mengintegrasikan LKPD berbasis etnomatematika. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengevaluasi sejauh mana efektivitas LKPD berbasis etnomatematika kesenian barong terhadap motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini mengaplikasikan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Siswa kelas VIIIA dan VIIB MTs Al-Huda Kunduran, menjadi sampel pada penelitian ini. Data dikumpulkan melalui tes serta angket. Adapun analisis data dijalankan dengan uji-t yaitu indepndent sample t-test. Hasil penelitian ialah pengimplementasian LKPD berbasis etnomatematika kesenian barong lebih efektif dalam menunjang motivasi belajar peserta didik daripada LKPD konvensional. Tidak hanya motivasi belajar, namun hasil belajar peserta didik juga turut meningkat secara signifikan seusai pengimplemntasian LKPD berbasis etnomatematika.

Referensi

Elis Warti. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5, 177–185. https://media.neliti.com/media/publications/226634-pengaruh-motivasi-belajar-siswa-terhadap-942bfa32.pdf

Fatchurrohman, M., Mulyono, M., & Rosyida, I. (2022). Peran Motivasi Belajar Terhadap Literasi Matematika pada Peserta Didik Kelas VII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(2), 342–354. https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i2.6275

Fauzi, A., Sawitri, D., & Syahrir. (2020). Kesulitan Guru Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 142–148. https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1119

Filgona, J., Sakiyo, J., Gwany, D. M., & Okoronka, A. U. (2020). Motivation in Learning. Asian Journal of Education and Social Studies, 10(4), 16–37. https://doi.org/10.9734/ajess/2020/v10i430273

Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620.

Hadi Wuryanto, M. A. (2022). Mengkaji Kembali Hasil PISA sebagai Pendekatan Inovasi Pembelajaran untuk Peningkatan Kompetensi Literasi dan Numerasi. Gurudiknas.Co.Id. https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/mengkaji-kembali-hasil-pisa-sebagai-pendekatan-inovasi-pembelajaran--untuk-peningkatan-kompetensi-li

Ishartono, N., Rafiza binti Abdul Razak, M. N. K., & Janu Arlinwibowo, A. N. A. (2024). Integrating STEAM Into FLIP model to Improve Students; Understanding on Composition of Functions During Online Learning. Infinity Journal, 13(1), 45–60.

Masjaya, & Wardono. (2018). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningatkan SDM. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 568–574.

Muhamad, N., & Ricky, H. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Kerja Kelompok Pada Pelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan UNIGA, 15(2), 519. https://doi.org/10.52434/jp.v15i2.1392

Mukhtar, R. (2015). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Seni Musik Siswa Kelas X SMA Piri 1 Yogyakarta. In Skripsi. Universitas Negri Semarang.

Noviana, K. Y., & Murtiyasa, B. (2020). Kemampuan Literasi Matematika Berorientasi PISA Konten Quantity Pada Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 195. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.2830

Prameswari, D. P., & Rahayu, T. S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make a Match dan Numbered Head Together: Kajian Meta – Analisis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 202–210. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.28244

Razali, N. M., & Wah, Y. (2011). Power comparisons of Shapiro-Wilk, Kolmogorov-Smirnov, Lilliefors and Anderson-Darling tests. Journal of Statistical Modeling and Analytics, 2(I), 21–33. https://www.nrc.gov/docs/ML1714/ML17143A100.pdf

Romadhoni, E., Wiharna, O., & Mubarak, I. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik. Jo Journal of Mechanical Engineering Education, 6, 228.

Sherly, S., Indajang, K., & Dharma, E. (2021). Analisis ketercapaian standar pendidik dan tenaga kependidikan SMA Swasta Sultan Agung Pematangsiantar. Jurnal Education and Development, 9(4), 456–462. https://www.neliti.com/publications/562381/

Suciptawati, N. L. P. (2019). Identifikasi Kekeliruan Penggunaan Metode Statistika pada Artikel yang Dimuat di Jurnal OJS Unud. Jurnal Matematika, 9(1), 26. https://doi.org/10.24843/jmat.2019.v09.i01.p108

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281

Velazco, D. J. M., Hinostroza, E. M. F., Martínez, M. F. C., & Liccione, E. J. (2021). Mathematics Anxiety and Its Effects on Engineering Students’ Performance During the Covid 19 Pandemic. Journal on Mathematics Education, 12(3), 547–562. https://doi.org/10.22342/JME.12.3.13205.547-562

Widiani, L. P. S., Sudiatmika, A. A. I. A. R., & Sudiana, I. K. (2021). Dampak Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Everyone is Teacher Here secara Daring Berbantuan Video Presentasi terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 533. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.39756

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check