PENGEMBANGAN E-INSTRUMEN ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR BERBASIS GOOGLE FORM UNTUK MAHASISWA

Penulis

  • Afifah Ainun Nadjla Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Indonesia
  • Suparman

Kata Kunci:

Alat analisis kebutuhan, Google Form

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memahami tahapan yang terlibat dalam pengembangan kuesioner online menggunakan Google Form sebagai alat untuk menganalisis kebutuhan bahan ajar, serta mengevaluasi kinerja dosen dan respons mahasiswa terhadap penggunaannya yang valid, praktis, dan efektif.. Metode penelitian yang digunakan adalah Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation (ADDIE), dengan pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner berbasis Google Form. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika di Universitas Ahmad Dahlan. Hasil penelitian ini melibatkan pengembangan e-instrument berbasis Google Form dengan menggunakan komponen pertanyaan yang diadaptasi dari analisis kebutuhan. Berdasarkan uji validasi ahli evaluasi memperoleh rata-rata 91 dengan kategori sangat baik dan kevalidan dari segi media memperoleh rata-rata 88 dengan kriteria sangat baik. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan memenuhi kriteria kevalidan. Berdasarkan hasil kepraktisan angket respon mahasiswa diperoleh rata-rata 82,59 dengan kategori sangat baik sehingga dapat dikatakan praktis. Pada uji efektifitas dapat diamati pada ketuntasan individual yang memperoleh ketuntasan dari seluruh mahasiswa ? 50 dan ketuntasan klasikal diperoleh dari seluruh mahasiswa yang berjumlah 22 orang tuntas. Berdasarkan hasil kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-instrumen analisis kebutuhan bahan ajar berbasis Google Form ini dapat dikategorikan sebagai layak dan efektif dalam penggunaannya.

Referensi

Adelia,I.,& Mitra, O. (2021). Permasalahan Pendidikan Islam di Lembaga Pendidikan Madrasah. Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 21(01), 32-45. https://doi.org/10.32939/islamika.v2li01.832

Aini, Y. I. (2019). (PENTING) Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Bengkulu. Jurnal Kependidikan, 2(25), 1–6.

Anis, H. (2021). hsm_administratum,+15.+Violette+S.+R.+Mokodongan_adm.docx. Lex Administratum, Vol. IX/No. 4/Apr/EK/2021, IX(4), 150–159.

Baety, D. N., & Munandar, D. R. (2021). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring Dalam Menghadapi Wabah Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 880–989. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/476

Bekti Mulatsih. (2020). Penerapan Aplikasi Google Classroom, Google Form, Dan Quizizz Dalam Pembelajaran Kimia Di Masa Pandemi Covid-19 Application of Google Classroom, Google Form and Quizizz in Chemical Learning During the Covid-19 Pandemic. Edisi Khusus KBM Pandemi COVID, 5(1), 19–35.

Bensulong, A., Afifah, F. N., & Solikhah, I. Z. (2021). Penggunaan Whatsapp Dan Google Form Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Smk N 2 Sewon Bantul. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(1), 85. https://doi.org/10.31000/lgrm.v10i1.4093

Djafar, S., Hafsyah, H., & Rustiani, R. (2023). Pengembangan Pembelajaran Matematika Diskrit Menggunakan Google Classroom pada Mahasiswa Pendidikan Matematika. Journal on Education, 5(2), 5491–5500. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1302

Dwi C, B., Ameli, A., Hasanah, U., Rahman, H., & Mahesha Putra, A. (2020). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 1(2), 28–37. https://doi.org/10.33487/mgr.v1i2.559

Elfira, I. (2023). Systematic Literature Review : Efektivitas Penggunaan Google Form untuk Evaluasi Pembelajaran. 5(2), 93–109.

Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620.

Fitriani, D., & Putra, A. (2022). Systematic Literature Review (SLR): Eksplorasi Etnomatematika pada Makanan Tradisional. Journal of Mathematics Education and Learning, 2(1), 18.

https://doi.org/10.19184/jomeal.v2i1.29093

Galuh, A. D., Maharani, D., Meynawati, L., Anggraeni, D., & Furnamasari, Y. F. (2021). Urgensi Nilai dan Moral dalam Upaya Meningkatkan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Pkn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5169–5178. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1598

Hasan, I. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pada Masa Pandemi Covid-19. Eko Dan Bisnis: Riau Economic and Business Review, 10(4), 493–505.

Hendriyani, M., Artini, N. M., & Tatyana, T. (2021). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Dunia Pendidikan. Kompleksitas: Jurnal Ilmiah Manajemen, Organisasi Dan Bisnis, 10(2), 13–21. https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol10no2.128

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Hulukati, W., & Rahmi, M. (2020). Instrumen Evaluasi Karakter Mahasiswa Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 851. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.468

Indasari, U. N., Pratitis, N. T., & Arifiana, I. Y. (2023). Kematangan karir pada mahasiswa tingkat akhir : Menguji peran Internal locus of control. Journal of Psychological Research, 2(4), 823–832. https://aksiologi.org/index.php/inner/article/view/811

Juniartini, N., & Rasna, I. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Google Meet Dalam Keterampilan Menyimak Dan Berbicara Untuk Pembelajaran Bahasa Pada Masa Pandemi Covid-19 1Nme. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran BaRosita, E., Astuti, E. P., & Fadilah, I. (2021). DOODLE ART DALAM KEMASAN KEMBANG GOYANG. PARAVISUAL: Jurnal Desain Komunikasi Visual Dan Multimedia, 1(1), 9–16.Hasa Indonesia, 9(2), 133–141.

Komalasari, R. (2020). Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi di Masa Pandemi Covid 19. Tematik, 7(1), 38–50. https://doi.org/10.38204/tematik.v7i1.369

Kusnandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum. Jakarta:Rajawali Pers

Lemba, V. C. (2021). MENGASAH PROFESIONALITAS DOSEN DALAM DUNIA DISRUPTIF Vinsensius Crispinus Lemba Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka Email : [email protected]. Jurnal Reinha, 12(2).

LUBIS, M. (2020). Peran Guru Pada Era Pendidikan 4.0. EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 4(2), 0–5. https://doi.org/10.32493/eduka.v4i2.4264

Mansyur, U., Alwi, E. I., & Akidah, I. (2022). Peningkatan Keterampilan Guru dalam Memanfaatkan Google Form sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 7(1), 23–34. https://doi.org/10.47200/jnajpm.v7i1.1112

Nasihah, D., Fauzi, A., & Muin, A. (2023). Pelaksanaan Kebijakan Otonomi Daerah dalam Bidang Pendidikan. 12(1), 19–28. https://doi.org/10.33506/jq.v12i1.2238

Parinata, D., & Puspaningtyas, N. D. (2021). Optimalisasi Penggunaan Google Form terhadap Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 56. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.1008

Permadhi, P. L. O., & Sudirga, I. M. (2020). Problematika Penerapan Sistem Karantina Wilayah Dan Psbb Dalam Penanggulangan Covid-19. Kertha Semaya : Journal Ilmu Hukum, 8(9), 1355. https://doi.org/10.24843/ks.2020.v08.i09.p06

Pranata, W., Budijanto, B., & Utomo, D. H. (2021). Buku Suplemen Geografi Berstruktur A-CAR dengan Model Pengembangan ADDIE. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(2), 185. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i2.14441

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185

Putri, desi armi eka, & Elviana, L. (2022). Efektivitas Penggunaan Google Form Untuk Ujian Tengah Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023 di SMP Negeri 4 Kubung. BAKOBA: Jurnal Social Scient Education, 2(2).

Rizki, F., & Widyastuti, R. (2019). Penggunaan Aplikasi Microsoft Mathematics untuk Pengembangan Bahan Ajar matematika Siswa. Desimal: Jurnal Matematika, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.24042/djm.v2i1.3160

Safitri, M., & Aziz, M. R. (2022). ADDIE, Sebuah Model Untuk Pengembangan Multimedia Learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 50–58. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/2237

Saini, S., Febriani Dungga, E., & Sulistiani, I. (2022). Evaluasi Pemeriksaan Tes Buta Warna Menggunakan Metode Ishihara Berbasis Google Form Menggunakan Buku Ishihara. Indonesian Journal of Pharmaceutical Education, 1(3), 42–51. https://doi.org/10.37311/ijpe.v2i1.15855

Salsabila, U., Utami, S., Zahra, A., Haikal, F., & Cahyono, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Belajar Online Selama Pandemi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.5281/zenodo.4412063

Sedyati, R. N. (2022). Perguruan Tinggi Sebagai Agen Pendidikan dan Agen Pertumbuhan Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial, 16(1), 155–160. https://doi.org/10.19184/jpe.v16i1.27957

Setyobudi, S. B. (2021). Peran Pelatihan dan Pengembangan dalam Meningkatkan Kinerja Dosen di Perguruan Tinggi. Journal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 7(2), 221–236.

Sinambela, L. P. (2017). Profesionalisme Dosen Dan Kualitas Pendidikan Tinggi. Populis : Jurnal Sosial Dan Humaniora, 2(2), 579. https://doi.org/10.47313/pjsh.v2i2.347

Soesilo, A., & Munthe, A. P. (2020). Pengembangan Buku Teks Matematika Kelas 8 Dengan Model ADDIE. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 231–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p231-243

Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2022). Analisis Pola Asuh Demokratis terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5506–5518. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.1717

Utama, A. H., Mansur, H., Rini, S., & Satrio, A. (2021). Pelatihan E-learning Google Classroom Bagi Kelompok Kerja Kepala Sekolah Dasar (K3SD) Kecamatan Banjarmasin Utara. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 415. https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i4.3722

Wartoyo, F. X. (2022). Menakar Korelatifitas Merdeka Belajar Dengan Sistem Pendidikan Nasional Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003 dan Pancasila. Jurnal Kajian Dan Penelitian Hukum, 4(2), 140–153.

Widnyani, N. M., Astitiani, N. L. P. S., & Putri, B. C. L. (2021). Penerapan Transformasi Digital Pada Ukm Selama Pandemi Covid-19 Di Kota Denpasar. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 79–87. https://doi.org/10.38043/jimb.v6i1.3093

Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 238.

Yasin, I. (2021). Problem Kultural Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia: Perspektif Total Quality Management. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 239–246. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.87

Diterbitkan

2024-06-01

Citation Check