ANALISIS META ARTIKEL BERTEMA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA IMPLEMENTASI MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING

Penulis

  • Wahyu Nur Annisa Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Iwan Junaedi Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Iqbal Kharisudin Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Scolastika Mariani Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Arief Agoestanto Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v8i1.3546

Kata Kunci:

kemampuan berpikir kritis matematis, guided discovery learning

Abstrak

Kemampuan berpikir kritis matematis merupakan salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi yang perlu dimiliki oleh setiap orang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis artikel bertema kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada implementasi pembelajaran Guided Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan metode meta-analysis. Hasil analisis delapan artikel diperoleh dua artikel dalam kategori effect size besar dan enam artikel dalam kategori effect size sangat besar. Nilai rata-rata effect size dari delapan artikel yang digunakan yakni sebesar 1,966. Berdasarkan tabel interpretasi effect size, rata-rata effect size dari delapan artikel jurnal menunjukkan bahwa model Guided Dicovery Learning memiliki pengaruh yang sangat besar pada kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Selain itu, hasil uji-t memperoleh t_hitung=19,215>t_tabel=1,96. Hal tersebut menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada pembelajaran Guided Dicovery Learning lebih baik daripada siswa kelas kontrol. Implikasi yang didapat adalah bahwa model Guided Dicovery Learning dapat dijadikan referensi bagi guru dalam kegiatan pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis.

Referensi

Agus, I. (2019). Efektivitas guided discovery menggunakan pendekatan kontekstual ditinjau dari kemampuan berpikir kritis, prestasi, dan self-efficacy. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 120–132. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i2.14517

Aprilianingrum, D., & Wardani, K. W. (2021). Meta Analisis: Komparasi Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Basicedu, 5(2), 1006–1017. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.871

Aryawati, A., Mania, S., Yuliany, N., Abrar, A. I. P., & Halimah, A. (2023). Efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Peserta Didik. Al Asma: Journal Pf Islamic Education, 5(1), 44–53.

Astuti, E. Y., & Sutarto, H. (2015). Komparasi Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Group Investigation dan Guided Discovery Berbasis Portofolio Siswa Kelas VII. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(1), 84–92.

Cohen, J. (1992). Quantitative Methods in Pyschology: A Power Primer. Psychological Bulletin, 112(1), 155–159. https://doi.org/10.1037/0033-2909.112.1.155

DeDonno, M. A. (2016). The influence of IQ on pure discovery and guided discovery learning of a complex real-world task. Learning and Individual Differences, 49, 11–16. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2016.05.023

M, S. N., & Anggo, M. (2016). Efektivitas Penggunan Model Pembelajaran Guided Discovery (Penemuan Terbimbing) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4(1), 127–140.

Mansyur, & Iskandar, A. (2017). Meta Analisis Karya Ilmiah Mahasiswa Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Jurnal Sientific Pinisi, 3(1), 72–79.

Mayer, R. E. (2004). Should There Be a Three-Strikes Rule against Pure Discovery Learning? The Case for Guided Methods of Instruction. American Psychologist, 59(1), 14–19. https://doi.org/10.1037/0003-066X.59.1.14

Nabela, A., Mariyam, M., & Nurhayati, N. (2020). Pengaruh Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smpn 6 Singkawang. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 116–125. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i1.666

Noer, S. H. (2018). Guided discovery model: An alternative to enhance students’ critical thinking skills and critical thinking dispositions. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 108–115. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.16809

Nurazizah, S., & Nurjaman, A. (2018). Analisis Hubungan Self Efficacy Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 361. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p361-370

Nyoman, L. A. M., Sridana, N., Arjudin, & Sripatmi. (2021). Pengaruh Model Penemuan Terbimbing Berbantuan WEB Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas X. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(4), 641–647. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/griya.v1i4.122

Pardede, E., Suyanti, R. D., Pardede, E., & Suyanti, R. D. (2016). Efek Model Pembelajaran Guided Discovery Berbasis Kolaborasi Denganmedia Flashterhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Tinggi Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 12–17.

Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. 51.

Peter, E. E. (2012). Critical thinking: Essence for teaching mathematics and mathematics problem solving skills. African Journal of Mathematics and Computer Science Research, 5(3), 39–43. https://doi.org/10.5897/ajmcsr11.161

Rohmah, N. Z., & Mashuri. (2021). Mathematical critical thinking ability in terms of mathematical anxiety in Smart Card assisted Brain-Based Learning model. Unnes Journal of Mathematics Education, 10(1), 63–70. https://doi.org/10.15294/ujme.v10i1.41858

Samron, & La Arua, A. (2021). The Effect of Guided Discovery Learning Model towards the Mathematics’ Critical Thinking Ability on Secondary School Students. Journal of Mathematical Pedagogy, 2(2), 59–67.

Sari, Y. K., Juandi, D., Tamur, M., & Adem, A. M. G. (2021). Meta-Analysis: Mengevaluasi Efektivitas Problem Based Learning Pada Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Journal of Honai Math, 4(1), 1–18. https://doi.org/10.30862/jhm.v4i1.144

Schleicher, A. (2023). PISA 2022: Insights and Interpretations. OECD Publishing.

Su, H. F. H., Ricci, F. A., & Mnatsakanian, M. (2016). Mathematical teaching strategies: Pathways to critical thinking and metacognition. International Journal of Research in Education and Science, 2(1), 190–200. https://doi.org/10.21890/ijres.57796

Sudjana. (2013). Metoda Statistika. Bandung: PT. Tarsito Bandung.

Susilo, B. E., & Kharisudin, I. (2010). Improving The Autodidact Learning of Student on Kalkulus Through Cooperative Learning “Student Teams Achievement Division” by Portfolio Programmed. Jurnal Penelitian Pendidikan, 27(1), 78–83.

Diterbitkan

2024-03-31

Citation Check