PENGARUH KEMAMPUAN HIGHER ORDER THINGKING SKILL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA

Penulis

  • Mas’ud Badolo Universitas Muhammadiyah Parepare, Indonesia
  • Nurhasanah Universitas Muhammadiyah Parepare, Indonesia
  • Marwati Abd. Malik Universitas Muhammadiyah Parepare, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v8i2.3716

Kata Kunci:

HOTS, Berpikir Kritis Matematis

Abstrak

Siswa dibekali tingkatan kemampuan berpikir, maka penting pelajaran matematika di berikan salah satunya kemampuan berpikir kritis. Kemampuan HOTS yang berbeda-beda dimiliki siswa, sehingga hal ini juga mempengaruhi perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemampuan HOTS terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh positif kemampuan HOTS terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Ex Post Facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII. 4 UPTD SMP Negeri 4 Parepare yang berjumlah 26 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel adalah Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian berupa lembar tes uraian sebanyak 3 nomor pada materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) untuk mengetahui kemampuan HOTS dan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial. Hasil analisis deskriptif siswa kelas VII UPTD SMP Negeri 4 Parepare sebanyak 26 responden dimana skor rata-rata kemampuan HOTS siswa berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata siswa sebesar 68,80 dan standar deviasi sebesar 9,27. Skor rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata siswa sebesar 70,91 dan standar deviasi sebesar 9,04. Terdapat pengaruh positif kemampuan HOTS terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

Referensi

Bintang, P., Ristiani, L., Lestari, H., & Walid, A. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal HOTS (Analisis Kuantitatif). COMSERVA Indonesian Jurnal of Community Services and Development, 2(09), 1916–1923. https://doi.org/10.59141/comserva.v2i09.588

Cahyaningsih, U., & Nahdi, D. S. (2021). The Effect of Realistic Mathematics Education on Elementary Students’ Critical Thinking Skills. Journal of Physics: Conference Series, 1764-(1), 012127. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1764/1/012127

Dores, S. Pd. , M. P. O. J., Wibowo, D. C., & Susanti, S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 242–254. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.889

Febrianti, W., Zulyusri, Z., & Lufri, L. (2021). Meta Analisis: Pengembangan Soal HOTS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 7(1), 39–45. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v7i1.9506

Hasyim, M., & Andreina, F. K. (2019). Analisis High Order Thinking Skill (HOTS) Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(1), 55–64. https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.55-64

Hayon, V. H. B., Wariani, T., & Bria, C. (2017). Pengaruh Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi ( High Order Thinking) terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Laju Reaksi Mahasiswa Semester I Program Studi Pendidikan Kimia Fkip Unwira Kupang. Seminar Nasional Pendidikan Sains II UKSW 2017.

Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill). Bandung. Remaja Rosdakarya.

Junaidi, J., Roza, Y., & Maimunah, M. (2020). Kemampuan Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTs pada Materi Pola dan Barisan Bilangan. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 173. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.220

Mahanal, S., Zubaidah, S., Sumiati, I. D., Sari, T. M., & Ismirawati, N. (2019). RICOSRE: A Learning Model to Develop Critical Thinking Skills for Students with Different Academic Abilities. International Journal of Instruction, 12(2), 417–434. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12227a

Mohamed, R. A. K., Ali, A. H., & Nasir, M. (2021). Aplikasi Ranah Kognitif Anderson & Krahthwohl dalam Pengajaran dan Pembelajaran Pantun di Sekolah Dasar. Journal of Humanities and Social Sciences, 3(3), 110–118. https://doi.org/10.36079/lamintang.jhass-0303.286

Muliyati, M., Ansori, H., & Suryaningsih, Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Means Ends Analysis terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas Vii. JURMADIKTA, 1(1), 19–28. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v1i1.726

Noor, F., & Ranti, M. G. (2019). Hubungan antara Kemampuan Berpikir Kritis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Pembelajaran Matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 75–82. https://doi.org/10.33654/math.v5i1.470

Prasetyo, N. H., & Firmansyah, D. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII dalam Soal High Order Thinking Skill. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 271–279. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1958

Salsabila, Y., Fatah, A., & Jaenudin, J. (2023). Hubungan antara Literasi Numerasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMP di Kecamatan Curug. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 42–54. https://doi.org/10.46918/equals.v6i1.1789

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336

Suryani, T., & Haryadi, R. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Statistika Siswa Kelas VIII MTs Assalam Pontianak. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPMM), 4(1), 345. https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/386

Diterbitkan

2024-09-30

Citation Check