PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v3i2.391

Kata Kunci:

Inquiry Based Learning, Berpikir Kritis

Abstrak

Penelitian ini dilakukan berdasarkan pada kemampuan berpikir kritis siwa yang masih rendah, siswa cenderung mengalami kesulitan dalam menyelesaikan persoalan matematika yang berbentuk essay dengan penyelesaian yang membutuhkan kemampuan siswa dalam berpikir kritis. Solusi dalam permasalahan ini bisa dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat, model pembelajaran Inquiry Based Learning menjadi solusi yang dilakukan peneliti untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis karena model ini menekankan pada proses berpikir kritis dan analisis untuk mencari dan menemukan jawaban dari suatu masalah yang dipermasalahkan Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 215 Jakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VII F sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik simple random sampling berjumlah 60 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument tes berupa soal essay berjumlah 10 soal yang telah melalui tahap validasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran inquiry based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematika.

Referensi

Akramunnisa, Suradi Tahmir, A. D. (2017). Ability Analysis Based On Math Problem Completing The Early Math Skills And Cognitive Style On Class VIII SMPN 13 Makassar. Jurnal Daya Matematis, 5(1), 14–26. https://doi.org/10.13989/j.cnki.0517-6611.2015.10.011

Alamsyah, M. dan Y. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair and Share. Jurnal Formatif, 7(2), 180–189.

Hasruddin. (2009). Memaksimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 6(1), 48–60.

Kowiyah. (2012). Kemampuan Berpikir Kritis. Pendidikan Dasar, 3(5), 175–179.

Lestari, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika. Jurnal Gantang, 3(2), 153–160. https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.478

Pratama, R., A., Ananta, R., Yuniarti, S. (2019). Pengaruh Pembelajaran Monopoli Matematika (Monotika) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 14-28. https://dx.doi.org/10.31100/histogram.v3i1.284

Sagala. S. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Shadiq, F. (2008). Laporan hasil seminar dan lokakarya pembelajaran matematik 10 – 11 juni 2008 di pppptk matematika. Retrieved from https://fadjarp3g.files.wordpress.com/2008/06/1lapsemilokafadjar.pdf

Supriadi, S. (2019). Pengaruh Pembelajaran Inquiry Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Mahasiswa. PEDAGOGIA, 17(1), 1. https://doi.org/10.17509/pdgia.v17i1.13527

Syahbana, A. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning. Edumatica, 2(1), 45–57.

Yusup, M. (2017). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Lembar Kerja Siswa (Lks) Interaktif Berbasis Komputer Di Sma Muhammadiyah 1 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.22342/jpm.4.2.816.

Diterbitkan

2020-08-31

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check