MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERMUATAN LITERASI MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA

Penulis

  • Rusmining Rusmining Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v3i2.400

Kata Kunci:

TPS, Literasi, Komunikasi

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemapuan komunikasi matematika melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) bermuatan literasi matematika. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian tindakan kelas. Tahapan dalam penelitian meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap penyelesaian yang masing-masing dilakukan pada tiga siklus, yaitu siklus I, siklus II, dan siklus III. Tahap perencanaan berupa pembuatan instrumen penelitian, tahap pelaksanaan berupa kegiatan di lokasi penelitian serta pengambilan data, dan tahap penyelesaian berupa refleksi kegiatan. Hasil penelitian antara lain: 1) pada siklus I, indikator keterlaksanaan pembelajaran sebesar 62,5% dan 63,33% mahasiswa dinyatakan tuntas belajar dengan rata-rata nilai 70,03. 2) Siklus II, indikator keterlaksanaan pembelajaran sebesar 75% dan sebanyak 70% mahasiswa tuntas dengan nilai rata-rata 72,55. 3) Siklus III, indikator keterlaksanaan pembelajaran sebesar 87,5% dan sebanyak 73,33% mahasiswa tuntas dengan nilai rata-rata 74,50.

Referensi

Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ardana, I. M., Ariawan, I. P. W., & Divayana, D. G. H.. (2017). Measuring the Effectiveness of BLCS Modul (Bruner, Local Culture, Scaffolding) in Mathematics Teaching by Using Expert System Based CSE-UCLA. International Journal Education and Management Engineering, 4, 1-12.

Brewley, D. S. (2012). College Mathematics Literacy Workers of The Young People’s Project Chicago: A Community of Practice. Journal of Urban Mathematics Education, 5 (1), 44-54.

Hong, Wu. (2018). Investigation and Research on The Professional Knowledge Literacy of Geography Teachers in Middle Schools in China. International Journal of Education and Research, 6 (5), 57-72.

Lie, A. (2010). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

OECD. (2010). The Programme for International Student Assessment (PISA). http://www.oecd.org/dataoecd/61/15/46241909.pdf. Diakses pada tanggal 5 Oktober 2018.

Ojose, B. (2011). Mathematics Literacy: Are We Able To Put The Mathematics We Learn Into Everiday Use?. Journal of Mathematics Education, 4(1), 89-100.

Rusmining. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa Pendidikan Matematika Ditinjau Dari Komponen Proses. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(3), 384-390.

Stacey, Kaye. (2010). Mathematical and Scientific Literacy Around The World. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, 33(1), 1-16.

Sumarno, U. (2009). Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makalah pada Pelatihan Guru Matematika di Jurusan Matematika ITB. April 2009.

Vitancol, N. S., & Baria, R. (2018). DIXIT: A Case Study On Improving Group Communication. International Journal of Education and Research, 6(12), 127-148

Diterbitkan

2020-08-31

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check