KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER DAN THINK PAIR SHARE

Penulis

  • Bedilius Gunur UNIVERSITAS KATOLIK INDONESIA SANTU PAULUS RUTENG, Indonesia
  • Karolina Santi UNIVERSITAS KATOLIK INDONESIA SANTU PAULUS RUTENG, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v3i2.417

Kata Kunci:

NHT, TPS, Komunikasi Matematis

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI Teknik Pengelasan SMK Santo Aloisius Ruteng; 2) mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TPS efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI Teknik Pengelasan SMK Santo Aloisius Ruteng; 3) membandingkan efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan model pembelajaran TPS terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI Teknik Pengelasan SMK Santo Aloisius Ruteng. Desain penelitian yang digunakan adalah The Non Eqivalen Control Desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Teknik Pengelasan SMK Santo Aloisius dengan jumlah 60 orang yang tersebar dalam 2 kelas. Pengambilan sampel kelas dilakukan menggunakan teknik nonprobability sampling, dengan terlebih dahulu dilakukan uji kesetaraan kelas. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen yang berbentuk uraian dan menggunakan teknik tes. Sebelum melakukan teknik analisis dengan menggunakan   terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji homogenitas dan uji normalitas. Hasil penelitian menunjukan, 1) model pembelajaran NHT efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, 2) model pembelajaran TPS efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, dan 3) model pembelajaran NHT lebih efektif daripada TPS ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa.

Referensi

Abdul, Q., & Sumarmo, U. (2013). Improving Mathematical Communication Ability and Self Regulation Learning Of Yunior High Students by Using Reciprocal Teaching. IndoMS. J.M.E, 4(1), 59–74.

Asnawati, S. (2013). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games- Tournaments. Jurnal Euclid, 3(2), 561–567.

Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (FOURTH EDI; M. Buchholtz, Ed.). Boston.

Dell, T. F. (2013). A Descriptive Study of Students with Disabilities at Montana State University Billings. Montana State University.

Firdaus, A. M. (2019). Application of cooperative learning model type think pair share (tps) on mathematical communication ability. DAYA MATEMATIS : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 7(1), 59–68.

Fraenkel, J. R., & Wallen, N. E. (2008). How to Design and Evaluate Research in Education (SEVENTH ED; M. Ryan, Ed.). San Francisco: Beth Mejia.

Gunur, B., Makur, A. P., & Ramda, A. H. (2018). Hubungan antara kemampuan numerik dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di pedesaan. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(2), 148–160.

Gunur, B., Ramda, A. H., & Makur, A. P. (2019). Vocational School Students’ Mathematical Connections In Cooperative Learning With Open Ended Approach. Daya Matematis : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 7(2), 127–138.

Hadi, S., & Kasum, M. U. (2015). Pemahaman konsep matematika siswa smp melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe memeriksa berpasangan (pair checks). EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 3(April), 59–66.

Hirschfeld-cotton, K. (2008). Mathematical Communication , Conceptual Understanding , and Students ’ Attitudes Toward Mathematics.

Kusuma, A. P., & Maskuroh, M. (2018). The Differences of Mathematics Learning Outcomes between Think Pair Share (TPS) and Number Heads Together (NHT). Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 19–24.

Lee, C., Li, H.-C., & Shahrill, M. (2018). Utilising the Think-Pair-Share Technique in the Learning of Probability. International Journal on Emerging Mathematics Education (IJEME), 2(1), 49–64.

Marthaulina, M., Siahaan, L., & Napitupulu, E. E. (2012). The Difference of Students ’ Mathematical Communication Ability Taught by Cooperative Learning Model Think Talk Write Type and Numbered Head Together Type. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 231–242.

Miratika, Asmin, Mulyono, & Minarni, A. (2018). The Effect Of Cooperative Learning of Type Think Pair Share Based on Mandailing Culture To Mathematical Problem Solving Ability Of The Students at MSS Ali Imron Medan. Advances in Social Sciences Research Journal, 5(10), 320–330.

Muchlis, A., Komara, E. S., Kartiwi, W., Hendriana, H., & Hidayat, W. (2018). Meningkatkan Koneksi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Open-Ended Dengan Setting Kooperatif Tipe. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 81–92.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics.

Pratiwi, D. D. (2015). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pemecahan Masalah Matematika Sesuai dengan Gaya Kognitif dan Gender Dona Dinda Pratiwi. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 131–141.

Purnama, I. L., Aldila, E., & Stkip, A. (2016). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Complete Sentence. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 27–43.

Rahmi, S., Nadia, R., Hasibah, B., & Hidayat, W. (2017). The Relation Between Self-Efficacy Toward Math With The Math Communication. Journal of Mathematics Education, 6(2), 177–182. https://doi.org/10.22460/infinity.v6i2.p177-182

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed`Methods). Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Supriyadi, E. W. A., Suharto, & Hobri. (2017). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan NCTM (National Council of Mathematics) Siswa SMK Kelas XI Jurusan Multimedia Pada Pokok Bahasan Hubungan Antar Garis. Kadikma, 8(1), 128–136. https://doi.org/10.1016/j.physb.2015.01.016

Surya, E., Juniati, N., & Syahputra, E. (2018). Effect of Problem Based Learning Toward Mathematical Communication Ability and Self-Regulated Learning. Journal of Education and Practice, 9(6), 14–23.

Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Yustitia, V. (2017). Comparison of Students’ Reasoning Skills between “Numbered Head Together†and “Think Pair Share†Based on Portfolio. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 158(Ictte), 790–794.

Diterbitkan

2020-08-31

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check