PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN TGT BERBANTUAN KARTU MATEMATIKA ASYIK DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG

Penulis

  • Indah Rahayu Panglipur IKIP PGRI Jember, Indonesia
  • Ria Amalia IKIP PGRI Jember

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v3i2.428

Kata Kunci:

TGT, Kartu Matematika Asyik. Langsung

Abstrak

Penilitian ini membandingkan antara model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) yang dibantu oleh Kartu Matematika Asyik dan Model Pembelajaran Langsung dalam hal hasil pembelajaran mereka. Desain penelitian eksperimen semu dipilih dalam penelitian ini. Populasi adalah siswa kelas X SMK Negeri 3 Jember pada tahun akademik 20018-2019. Sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil secara acak kelompok atau cluster random sampling. Dalam penelitian ini, data diperoleh dengan cara tes untuk mengetahui hasil belajar kemudian data pengujian hipotesis dianalisis dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) yang dibantu oleh Kartu Matematika Asyik dan Model Pembelajaran Langsung. Hasil belajar siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) yang dibantu oleh Fun Mathematics Card lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan Model Pembelajaran Langsung.

Referensi

Coe, R., Aloisi, C., Higgins, S., & Major, L. E. (2014). What makes great teaching ? Review of the underpinning research. (October), 57. Retrieved from http://www.suttontrust.com/researcharchive/great-teaching/

Setyosari, P. (2012). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Slavin. (2014). Kontektualisasi Direct Instruction Dalam Pembelajaran Sains. Lantanida Journal, 2(1), 95–106. https://doi.org/10.22373/lj.v2i1.667

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Diterbitkan

2020-08-31

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check