PENGEMBANGAN BUKU AJAR STATISTIKA DENGAN SOFTWARE R UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v3i2.449

Kata Kunci:

Buku, R, Motivasi Belajar, Pemahaman

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan buku ajar yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Buku ajar ini sebagai penunjang perkuliahan statistika guna meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep statistika sehingga mahasiswa memiliki ketrampilan analisis data dengan software R secara mandiri. Prosedur pengembangan buku ajar ini terdiri atas 4 tahap yaitu : pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran.. Materi buku ajar sesuai dengan rencana pembelajaran statistik yang ditampilkan dengan contoh dan software dengan R. Hasil penelitian yaitu (1) penilaian reviewer diperoleh skor validitas isi buku ajar adalah 0,81 yang berarti bahwa validitas isi buku ajar termasuk kategori tinggi dengan reliabilitas 0,89, sehingga  buku ajar layak untuk digunakan sebagai alat penunjang kegiatan pembelajaran statistika matematika;(2) Buku ajar ini memiliki kriteria sangat praktis. Hal ini di jelaskan pada hasil uji kepraktisan oleh mahasiswa sehingga buku ajar layak digunakan pada perkuliahan statistika matematika; (3) Tidak ada peningkatan motivasi belajar mahasiswa pada matakuliah statistika matematika dengan perlakuan diajar menggunakan software R dan buku ajar statistika dengan R. Hal ini didukung oleh rata-rata ngain item motivasi belajar mahasiswa diperoleh yaitu -0,07 berada pada kategori rendah; (4) Tidak ada peningkatan pemahaman konsep mahasiswa pada matakuliah statistika matematika dengan perlakuan diajar menggunakan software R dan buku ajar statistika dengan R. Hal ini didukung oleh rata-rata ngain item pemahaman konsep mahasiswa diperoleh yaitu 0,25 berada pada kategori rendah.

Biografi Penulis

Muhammad Taqwa, STKIP Andi Matappa

Referensi

Adel, A, M. (2017). Motivasi Mahasiswa Terhadap Buku Kerja Kalkulus 1 Berbasis Konstruktivisme Pada Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Ummy Solok. Jurnal Residu, 1(1), 1 – 7

Bien, Y, I., Daniel, F., Taneo, P, N, L. (2019). Pengembangan Buku Ajar Kalkulus Integral Berbasis Maple Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 39 – 45

Daly, A, S. (2011). Determinants of Participating in Australian University Student Exchange Programs. Journal of Research in International Education 10(1):58-70

Fitria, M., Arnawa, M., Lufri. (2014). Pengembangan Modul Aljabar Linear Elementer bernuansa Konstruktivisme berbantuan ICT. Jurnal Eksakta, 1: 34-42.

Gaspersz, V. 2006. ISO 9001: (2000) And Continual Quality Improvement (Terjemahan Oleh Agustinus Purwanta). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hendikawati, P., & Arini, F. Y. (2016). Pengembangan Buku Ajar Statistika Berbantuan Tik Dengan Pendekatan Penilaian Portofolio Untuk Meningkatkan Komunikasi Dan Koneksi Matematis. Jurnal Penelitian Pendidikan, 33(2), 163-174.

Khomsiatun, S., & Retnawati, H. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 92-106..

Mukhtar. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Matematika berbasis Masalah untuk Memfasilitasi Pencapaian Kemampuan Penalaran dan Pemahaman Konsep Siswa. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung FMIPA Unila, 353- 360.

Naufal, M, F. (2018). Analisa Teknik Pembelajaran dan Pengajaran Pemrograman pada Universitas dan Industri. Jurnal Informatika & Multimedia, 10(2), 1 – 7

Neumann, D. L., Neumann, M. M., & Hood, M. (2011). Evaluating Computer-Based Simulations, Multimedia and Animations that help Integrate Blended Learning with Lectures in First Year Statistics. Australasian Journal of Educational Technology, 27(2), 274-289

Nuranisa, R. A., Nu’man, M., Arfinanti, N. (2015). Pengembangan Bahan Ajar dengan Model Group Invesigation dalam Memfasilitasi Pemahaman Konsep Matematika. Seminar Nasional dan Pendidikan Matematika UNY, ISBN. 978-602-73403-0-5, 697-704.

Ruslan. (2009). Validitas Isi. Buletin Pa’biritta, 10(6), 18-19.

Setyawati, R, D., Albab, I, U., dan Endahwuri, D. (2017). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Mobile Learning pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi. Semarang: Laporan Penelitian Dosen Pemula Universitas PGRI Semarang.

Sudjana, Nana. (2006). Penilaian Hasil Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Suhartono. (2008). Modul Perkuliahan Analisis Data Statistik dengan R. Surabaya: Jurusan Statistika ITS

Syahputra, E & Rajagukguk, W. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Program Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa SMP. Jurnal Tabularasa Pps Unimed. 12 (2), 44 - 54

Widyaningrum, R. (2013). Pengembangan Modul Berorientasi POE (Predict, Observe, Explain) Berwawasan Lingkungan pada Materi Pencemaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Bioedukasi, 6 (1), 100 - 117

Diterbitkan

2020-08-31

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check