PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA POKOK BAHASAN PECAHAN

Penulis

  • Inayanti Fatwa STKIP Pembangunan Indonesia Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v3i2.553

Kata Kunci:

PMR, Perangkat Pembelajaran, Pecahan

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang ujicoba terbatas dilaksanakan di SDN No.1 Centre Pattallassang dengan tujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran pada pokok bahasan Pecahan di kelas IVA SD dengan pendekatan matematika realistik. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model Thiagarajan (Model 4-D). Perangkat pembelajaran yang dihasilkan dalam penelitian ini meliputi: Buku Siswa (BS), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Tes Hasil Belajar (THB). Perangkat pembelajaran yang dihasilkan telah dilakukan penyempurnaan berdasarkan masukan dan saran dari para ahli yang berkompeten dan ujicoba terbatas di kelas. Adapun hasil dari ujicoba terbatas menunjukkan bahwa: (1) tingkat kemampuan siswa untuk tes hasil belajar pada siswa kelas IVA SDN No.1 Centre Pattallassang dalam memahami masalah pecahan dikategorikan tinggi, dengan skor rata-rata 73,60 dari skor maksimal 100 dengan standar deviasi 14,31; (2) dengan menggunakan perangkat pembelajaran matematika realistik, siswa jadi lebih aktif dalam proses pembelajaran; (3) pada umumnya siswa memberikan respons yang positif terhadap perangkat pembelajaran yang digunakan; (4) tingkat kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran matematika realistik termasuk dalam kategori tinggi, artinya penampilan guru dapat dipertahankan.

Referensi

Arif, S. (2013). The Development Of Mathematics Learning Instrument By Using Realistic Setting Cooperative Stad Type For Basic Competence Of Fraction Number. Jurnal Daya Matematis, 1(2), 223–233.

Darwis, M. (2007). Model Pembelajaran Matematika yang Melibatkan Kecerdasan Emosional. Universitas Negeri Surabaya.

Hikmah. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Saintifik, 3(1), 24–30.

Hundojo, H. (2002). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.

Jennings, Sue & R, D. (1999). Math Stories,Real Stories, Real-life Stories.

Marhama, Zulkardi, & Aisyah, N. (2011). Pengembangan Materi Ajar Pecahan Dengan Pendekatan PMRI Di SD Negeri 21 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 171–184.

Price, J. (1996). “President’s Report : Bulding Bridges of Mathematical Understanding for All Children.†In Journal for Research in Mathematics Education. Vol.27. No.5 November 1996 (pp. 603–608). NCTM.

Soedjadi, R. (2000). Kiat pendidikan matematika di Indonesia: konstatasi keadaan masa kini menuju harapan masa depan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Van den Heuvel-Panhuizen, M. (2000). Mathematics education in the Netherlands: A guided tour. In Freudenthal Institute CD-Rom for ICME9. Utrecht: Utrecht University.

Zamroni. (2000). Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Bigraf Publishing.

Diterbitkan

2020-08-31

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check