ANALISIS SELF EFFICACY MATEMATIS SISWA DI SMPN 2 KARAWANG BARAT

Penulis

  • Siti Nurhayati Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Dadang Rahman Munandar Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v5i2.993

Kata Kunci:

Self Efficacy, Matematika, Kualitatif

Abstrak

Pembelajaran matematika selain mengembangkan pada aspek kognitif siswa juga mengembangkan pada aspek afektif siswa. Aspek afektif salah satunya adalah self efficacy atau efikasi diri yang artinya keyakinan diri terhadap kemampuan yang dimiliki. Self efficacy matematika mempengaruhi keberhasilan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan yang bertujuan untuk mengetahui self efficacy matematika dalam pembelajaran di SMPN 2 Karawang Barat. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII A berjumlah 37 siswa. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen angket yang terdiri dari 18 pernyataan. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata skor keseluruhan adalah 11,40 berada dalam kategori sedang. Indikator self efficacy ada 5, yaitu indikator pertama memperoleh rata-rata 11,51 berada pada kategori sedang, indikator kedua 12,14 kategori sedang, indikator ketiga 11,62 kategori sedang, indikator keempat 13,24 kategori sedang, indikator kelima 8,50 kategori tinggi.  

Biografi Penulis

Siti Nurhayati, Universitas Singaperbangsa Karawang

Pendidikan Matematika

Dadang Rahman Munandar, Universitas Singaperbangsa Karawang

Pendidikan Matematika

Referensi

Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Kencana Prenada Media Group

Alifia, N. N., & Rakhmawati, I. A. (2018). Kajian Kemampuan Self-Efficacy Matematis Sisa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(1), 44–54.

Fitriani, W. (2017). Analisis Self Efficacy Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Di MAN 2 Batusangkar. Jurnal Analisis Gender Dan Agama, 1(1), 141–158.

Hasanah, U., Rachmani, N., & Rosyida, I. (2019). Self-Efficacy Siswa SMP Pada Pembelajaran Model Learning Cycle 7E ( Elicit , Engange , Explore , Explain , Elaborate , Evaluate , and Extend ). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 551–555.

Husna, R., Budiman, & S, B. Y. (2018). Pengaruh Self Efficacy terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas X SMK SMTI Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 3(2), 43–48.

Imro’ah, S., Winarso, W., & Baskoro, E. P. (2019). Analisis Gender Terhadap Kecemasan Matematika Dan Self Efficacy Siswa. Kalamatika Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 23–36.

Novferma, N. (2016). Analisis Kesulitan Dan Self-Efficacy Siswa Smp Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 76–87.

Pardimin. (2018). Self-Efficacy Mengajar Matematika Dan Self-Efficacy Mengajar Matematika Guru Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 24(1), 29–37.

Sunaryo, Y. (2017). Pengukuran Self-Efficacy Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di Mts N 2 Ciamis. Jurnal Teori Dan Riset Matematika, 1(2), 39–44.

Diterbitkan

2021-12-02

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check