ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIMPUNAN

Authors

  • Anisa Hilmia Risdayati Universitas Riau
  • Kartini Kartini Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v6i2.2188

Keywords:

Analisis, Kesalahan Newman, Himpunan

Abstract

Salah satu materi yang dipelajari dan harus dikuasai oleh siswa adalah materi himpunan. Materi himpunan merupakan materi yang mempunyai kategori kesulitan cukup tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk dapat menganalisis jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa sesuai dengan tahapan Newman dalam menyelesaikan soal himpunan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang terdiri dari 14 siswa kelas VII SMP Juara Pekanbaru tahun ajaran 2021/2022 sebagai subjek penelitian. Untuk jenis teknik pengumpulan datanya berbentuk teknik tes dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari analisis kesalahan yang siswa lakukan pada saat melakukan penyelesaian soal himpunan berdasarkan tahapan Newman menunjukkan bahwa kesalahan membaca soal terjadi sebanyak 6,94%, kesalahan memahami soal terjadi sebanyak 18,9%, kesalahan transformasi soal terjadi sebanyak 25%, kesalahan keterampilan proses terjadi sebanyak 36,4%, dan kesalahan penulisan jawaban akhir terjadi sebanyak 15,3%.

References

Adilistiyo, Egie, M., & H.W, S. (2017). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Himpunan. In Doctoral Dissertation.

Amelia, D., Susanto, S., & Fatahillah, A. (2016). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Himpunan Berdasarkan Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Kelas VII-A di SMPN 14 Jember. Jurnal Edukasi, 2(1), 1. https://doi.org/10.19184/jukasi.v2i1.3402

Aulia, J., & Kartini. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs. 05(01), 484–500.

Fauza, A., Sinaga, N. Y., & Mukasyaf, F. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Himpunan di Kelas VII-A SMP Swasta Imelda Medan. SEMNASTIKA UNIMED, 129–135. https://proceedings.radenintan.ac.id/index.php/pspm/article/view/30.

Fitriani. (2018). Analisis Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Pedagogy, 3(1), 138–155. http://www.journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/957

Komalasari, L. I. (2019). Analisis Kemampuan Siswa Dan Guru Smk Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 189. https://doi.org/10.31100/histogram.v3i2.431

Komalasari, L. I. (2020). Analisis Tingkat Kesulitan Siswa Dalam Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Persamaan Kuadrat. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 139. https://doi.org/10.31100/histogram.v4i1.566

Listiana, A. D., & Sutriyono. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan Bagi Siswa Kelas VII SMP Semester I Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 60–65.

Martin, S. N., & Gusteti, M. U. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Riil. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 387–397. https://doi.org/10.35327/gara.v14i2.167

Mursalina, A., Sujatmiko, P., & Kurniawati, I. (2019). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Newman’S Error Analysis Pada Materi Himpunan Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM), 3, 310–323.

Natsir, N., Tandiayuk, M. B., & Karniman, T. S. (2016). Profil kesalahan konseptual dan Prosedural siswa dalam menyelesaikan soal cerita himpunan di kelas VII SMP 1 Siniu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, Vol.3(No.4), Hal.440-453.

Nurdiawan, R., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan berdasarkan tahapan newman. Journal On Education, 01(03), 128–134.

Sulistio, W., Muhsetyo, G., & Qohar, A. (2019). Klasifikasi Kesalahan Siswa Kelas VII menggunakan Model KIAT tentang Materi Himpunan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(6), 706. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i6.12477

Sulistyaningsih, A., & Rakhmawati, E. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny, 19(2), 123–130.

Sundari, R., Andhany, E., & Dur, S. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi himpunan ditinjau dari tahapan newman. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 8(2), 187–194

Downloads

Additional Files

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles