ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DI BIDANG GEOMETRI PADA MASA TRANSISI PANDEMI COVID-19

Authors

  • Agnisheila Nada Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
  • Ayu Tsurayya Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v6i2.2252

Keywords:

Kemampuan Komunikasi Matematis, Geometri

Abstract

Penelitian ini berfokus pada menganalisis kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas 9 di SMP Negeri 20 Jakarta tahun ajaran 2022/2023 di Provinsi DKI Jakarta dalam penyelesaian masalah matematika di bidang geometri pada tingkat SMP. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualititatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas 9G dan 9I yang terdiri dari 35 peserta didik dan 38 peserta didik dengan total 73 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah 9 soal essai dengan indikator yang telah ditentukan yang telah divalidasi. Indikator dalam tes kemampuan komunikasi matematis yang digunakan adalah 1) Menjelaskan ide, situasi, dan relasi ke dalam bentuk matematika secara tertulis (Written Text); 2) Menggambar atau menjelaskan bentuk matematika dalam bentuk visual (gambar, tabel atau diagram) (Drawing); 3) Mengekspresikan dalam bentuk matematika atau menunjukkan situasi dengan bahasa atau simbol matematika (Mathematical Expression). Hasil penelitian mengindikasikan bahwa peserta didik dengan kemampuan komunikasi matematis Written Text dipersentasekan sebesar 69%. Kemudian, peserta didik yang berkemampuan komunikasi matematis Drawing dipersentasekan sebesar 18,8%. Sedangkan, peserta didik dengan kemampuan Mathematical Expression dipersentasekan 30,1%.

References

Ashim, M., Asikin, M., & Kharisudin, I. (2019). Perlunya Komunikasi Matematika dan Mobile Learning Setting Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan 4C di Era Disrupsi. Seminar Nasional Matematika, 2, 687–697.

Carmona-Medeiro, E., Antequera-Barroso, J. A., & Domingo, J. M. C. noso. (2021). Future Teachers’ Perception Of The Usefulness Of Sketchup For Understanding The Space And Geometry Domain. Heliyon, 7(10). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e08206

Cartwright, K. (2020). Analyzing students’ communication and representation of mathematical fluency during group tasks. Journal of Mathematical Behavior, 60(November), 100821. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2020.100821

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.

Fadhelina, N. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Melalui Penerapan Blended Learning Pada Mata Kuliah Geometri. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(2), 119–123.

Fauzi, A., & Lu’luilmaknun, U. (2019). ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN DENGKLAQ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 3(2), 58–66. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2303

Hikmawati, N. N., Nurcahyono, N. A., & Balkist, P. S. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Kubus Dan Balok. Prisma, 8(1), 68. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.648

Kurniawan, Y., Tsurayya, A., & Ulfah, S. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Peserta Didik Smp. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 4(2), 74. https://doi.org/10.24269/silogisme.v4i2.1032

Manalu, A. C. S., Manalu, S., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas IX dalam Menyelesaikan Soal Materi Lingkaran. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 104–112. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.179

Muhyiddin. (2020). Covid-19, New Normal, dan Perencanaan Pembangunan di Indonesia. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 240–252. https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.118

Novak, E., & Tassell, J. L. (2017). Studying preservice teacher math anxiety and mathematics performance in geometry, word, and non-word problem solving. Learning and Individual Differences, 54, 20–29. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2017.01.005

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421

Nuritha, C., & Tsurayya, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 48–64. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.430

Ode, L., Aswat, H., Sari, E. R., Meliza, NurOde, L., Aswat, H., & Meliza, N. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di Masa New Normal terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4400–4406. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index

Oktavianingsih, S., & Warmi, A. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sma Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Maju : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 480–491. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.823

Ramadhani, R., Syahputra, E., & Simamora, E. (2022). Ethno-Flipped Classroom Model: Sebuah Rekomendasi Model Pembelajaran Matematika Di Masa New Normal. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 10(2), 221. https://doi.org/10.30821/axiom.v10i2.10331

Rianti Rahmalia, Hajidin, H., & BI. Ansari. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Disposisi Matematis Siswa Smp Melalui Model Problem Based Learning. Numeracy, 7(1), 137–149. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i1.1038

Riasari, D. (2018). Peranan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Blended Learning Terhadap Komunikasi Matematis Siswa dalam Materi Statistik Pada SMAN 1 Tapung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 813–820.

Syafina, V., & Pujiastuti, H. (2015). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi SPLDV. Maju, 7(2), 118–125. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/511

Tong, D. H., Uyen, B. P., & Quoc, N. V. A. (2021). The improvement of 10th students’ mathematical communication skills through learning ellipse topics. Heliyon, 7(11), e08282. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e08282

Widyastuti, E., & Haerudin, H. (2022). Kesulitan Guru Matematika Kelas VIII Dalam Menerapkan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Era New Normal. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 201–208. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1965

Downloads

Published

2022-10-18

Issue

Section

Articles