ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI GENDER

Authors

  • ro'ayatul hidayah Universitas Lampung
  • Sri Hastuti Noer Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v6i2.2395

Keywords:

Gender Kemampuan Pemecahan Masalah, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari gender. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah kelas VII MTS Roudlotut Tholibin Metro. Sampel diambil dari hasil wawancara dengan guru mata pelajaran. Kemudian 6 siswa diambil sebagai sampel karena dari hasil PTS sudah memenuhi kriteria sesuai indicator kemampuan pemecahan masalah matematika.indikator kemampuan pemecahan masalah matematika yang diambil yaitu memahami masalah, melaksanakan rencana, merencanakan penyelesaian dan memeriksa proses dan hasil. Instrument yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis dalam bentuk tes uraian yang terdiri dari 2 soal mengenai materi segi empat. Dalam penelitian yang dilakukan pada tanggal 13 April 2022 diperoleh jawaban siswa dari soal yang diberikan kemudian dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Siswa pada tingkat memeriksa proses dan hasil siswa perempuan lebih mampu mencapai tingkat memeriksa proses dan hasil sudah terbukti dengan ketelitian yang ada pada jawaban siswa. Siswa laki-laki kurang teliti saat memasukkan nilai yang diketahui pada soal. sehingga siswa perempuan lebih mampu yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis.

References

Arjuna Yahdil Fauza Rambe, L. D. (2020, Desember). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan Dan Deret. Axiom : Jurnal Pendidikan dan Matematika, IX, 175-187.

Davita PWC, P. A. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gender. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, XI, 110-117.

Dianti Purba, Z. N. (2021). Pemikiran George Polya Tentang Pemecahan Masalah. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), IV, 25-31.

Iffi Martin, G. K. (2020, November). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sma Pada Materi Fungsi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, III, 641-652.

Mulia Suryani, L. H. (2020, Januari). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, IX.

Nopia Rizki, S. P. (2021, September ). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IX SMP ditinjau dari gender. Griya Journal of Mathematics Education and Application, I, 328-337.

Nur Asih, S. R. (2019, September). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Means End Analysis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, VIII.

OECD. (2019). PISA 2018 Results: What Students Know and Can Do – Student Performance in Mathematics, Reading and Science. PISA: OECD Publishing., I.

Sulistyowati, Y. (2020). Kesetaraan Gender dalam Lingkup Pendidikan dan Tata Sosial. Ijougs: Indonesian Journal of Gender Studies, I, 1-14.

Suprih Widodo, K. (2017, Juni). Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematis siswa Sekolah Dasar dengan Model Creative Problem Solving (CPS). PRISMA, VI, 57-65.

Tonnie Hari Nugraha, H. P. (2019, April). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Perbedaan Gender. Edumatica, 1-7.

Wahyu Hidayat, R. S. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), II, 109-118.

Downloads

Published

2022-10-18

Issue

Section

Articles