ANALISIS LITERASI MATEMATIKA MATERI ALJABAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS 7 SMPN N 1 SEKINCAU, LAMPUNG BARAT

Authors

  • Nurhudawati Nurhudawati Universitas Lampung
  • Caswita Caswita Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v6i2.2404

Keywords:

Literasi Matematika, Materi Al-Jabar, Gaya Kognitif

Abstract

Literasi menjadi kemampuan yang sangat urgent yang harus dimiliki seseorang apalagi di era yang semakin berkembang ilmu pengetahuannya seperti sekarang ini. Literasi maetematika menjadi salah satu literasi yang sangat berguna yakni literasi matematika membentuk kemampuan seseorang untuk merumuskan, menerapkan dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks termasuk melakukan penalaran secara sistematis. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini berusaha untuk menggali informasi, menggambarkan, dan mengetahui literasi matematika materi aljabar ditinjau dari gaya kognitif siswa.  kelas 7 SMPN 1 Sekincau, Lampung Barat. Penelitian ini menganalisis mengenai pengetahuan operasi matematika tentang materi aljabar perspektif kognitif siswa. Hasil penelitian ini adalah gaya kognitif siswa yakni Field Dependent (FD) dan Field Independent memiliki perbedaan dalam hal penalaran, tata cara pengerjaan dan model pendampingan siswa. Subject FD belum mampu memahami penalaran spasial dan belum bisa mandiri, sedangkan subject FI telah menguasai penalaran spasial dan mandiri

Author Biography

Nurhudawati Nurhudawati, Universitas Lampung

Program Studi Megister Pendidikan Matematika, Universitas Lampung

References

A.A, S. (2013). Effect of brain-based learning strategy on students’ achievement in senior secondary school mathematics in Oyo State, Nigeria. ..Journal of Educational Sciences, 12(2).

Aldarmono. (2012). Identifikasi Gaya Kognitif (Cognitive Style) Peserta Didik Dalam Belajar. Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 3(1).

Alvani, A. (2016). Profil Kreativitas Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal tentang Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Gaya Kognitif. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 171–178. https://doi.org/10.15294/KREANO.V7I2.6437

Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. PT Remaja Rosdakarya.

H.T, Y. (2013). The Influence of Dependent and Independent Cognitive Styles on Achievement in Mathematics among Senior Secondary School Students in Bida Educational Zone of Niger State, Nigeria. Journal of Research in Education and Society, 4(2).

Hasbullah, & Y, W. (2015). Metode, Model, dan Pengembangan Model Pembelajaran Matematika. Unindra Press.

Kasiram, M. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif-Kuantitatif. UIN Maliki Press.

Moeloeng, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Pasandaran, R. F. (2018). Taksonomi Solo (Structure Of Observed Learning Outcomes) Sebagai Assessment Autentik Untuk Membangun Kemampuan Literasi Mahasiswa Dalam Mengidentifikasi Grafik Fungsi TrigonometriNo Title. Proximal: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Matematika, 1(1).

Pratiwi, I. (2019). Efek Program Pisa Terhadap Kurikulum Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 51. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles