PROFIL KETERAMPILAN KOLABORASI MAHASISWA CALON GURU DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TRIGONOMETRI

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v7i1.2808

Keywords:

keterampilan kolaborasi, calon guru matematika, pasca pandemi Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan kolaborasi mahasiswa calon guru dalam menyelesaikan masalah trigonometri pasca pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini melibatkan sebanyak 29 mahasiswa semester 2 dari program studi Tadris Matematika IAIN Pontianak tahun akademik 2021/2022. Instrumen yang digunakan berupa angket penilaian diri keterampilan kolaborasi dan penilaian antar teman. Kedua angket  tersebut mengukur indikator keterampilan kolaborasi seperti mengungkapkan ide, mendengarkan ide teman, turut berkontribusi, dan menanggapi ide teman. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan kolaborasi mahasiswa calon guru dalam menyelesaikan masalah trigonometri pasca pandemi Covid-19 berada pada kategori sangat tinggi (37,9%), tinggi (41,4%), sedang (17,2%), rendah (3,5%) dan sangat rendah (0%); dan (2) capaian pada masing-masing indikator keterampilan kolaborasi yaitu mengungkapkan ide (65,3%), mendengarkan ide teman (71,2%), turut berkontribusi (76,6%) dan menanggapi ide teman (78,6%). Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa keterampilan kolaborasi mahasiswa calon guru dalam menyelesaikan masalah trigonometri pasca pandemi berada pada kategori tinggi, namun pada indikator mengungkapkan ide masih perlu ditingkatkan.

References

Argaheni, N. B. (2020). Sistematik review: Dampak perkuliahan daring saat pandemi COVID-19 terhadap mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya, 8(2), 99-108.

Azwar, S. (2013). Tes prestasi: Fungsi dan pengukuran prestasi belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Bature, I. J., and Atweh, B. (2019). Collaboration: A collective bargain for achieving quality mathematics classroom practice. International Journal of Educational Methodology, 5(3), 347-361.

Binkley, M., Erstad, O., Herman, J., Raizen, S., Ripley, M., Miller-Ricci, M., and Rumble, M. (2012). Defining twenty-first century skills. Dalam P. Griffin, B.m McGaw & E. Care (Eds.), Assesment and teaching of 21st century skills (17-65). Dordrecht: Springer.

Dewi, A. P., Putri, A., Anfira, D. K., dan Prayitno, B. A. (2020). Profil keterampilan kolaborasi mahasiswa pada rumpun pendidikan MIPA. PEDAGOGIA, 18(1), 57-72.

Effendi, A., Fatimah, A. T., dan Amam, A. (2021). Analisis keefektifan pembelajaran matematika online di masa pandemi covid-19. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(2), 250-259.

Greenstein, L. (2012). Assessing 21st century skills: A guided to evaluating mastery and authentic learning. Thousand Oaks: Corwin.

Hesse, F., Care, E., Buder, J., Sassenberg, K., & Griffin, P. (2015). A framework for teachable collaborative problem solving skills. Dalam P. Griffin, & E. Care (Eds.), Assessment and teaching of 21st century skills: Methods and approach (37-56). Dordrecht: Springer.

Khoiriyah, A. (2016). Pembelajaran kolaboratif pada matematika untuk membentuk karakter generasi. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 13-22.

Kuncoro, J., Handayani, A., dan Suprihatin, T. (2022). Peningkatan Soft Skill Melalui Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Proyeksi: Jurnal Psikologi, 17(1), 112-126.

Monrat, N., Phaksunchai, M., & Chonchaiya, R. (2022). Developing students’ mathematical critical thinking skills using open-ended questions and activities based on student learning preferences. Education Research International, 1–11.

Powell, A. B., & Alqahtani, M. M. (2015). Tasks and meta-tasks to promote productive mathematical discourse in collaborative digital environments. Proceedings of the International Conference on Education in Mathematics, Science & Technology, Antalya, 84-94.

Sulaiman, N. D., & Shahrill, M. (2015). Engaging collaborative learning to develop students’ skiIls of the 21st century. Mediterranean Journal of Social Science, 6(4), 544-552.

Downloads

Additional Files

Published

2023-03-30

Issue

Section

Articles

Citation Check