PENGEMBANGAN SOAL PENALARAN MODEL TIMSS PADA MATERI GEOMETRI DAN PENGUKURAN SMP

Authors

  • Adi Pribadi Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Somakim Somakim Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Muhammad Yusup Universitas Sriwijaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v1i2.30

Keywords:

TIMSS, Development Research, Penalaran

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengembangkan  soal  penalaran  matematika  model TIMSS konten geometri dan pengukuran  yang valid baik secara logis dan empiris serta mempunyai efek potensial terhadap peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Design Reseacrh tipe Development Studies. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri  1 Palembang kelas VIII.7 yang berjumlah 26 orang siswa. Proses pene litian ini melalui tahapan Preliminary Evaluation dan Formative Evaluation. Berdasarkan hasil penelitian , diperoleh 5  soal penalaran matematika. Soal–soal tersebut  memenuhi karakteristik TIMSS dan memenuhi indikator soal penalaran TIMSS.  Dari hasil fie ld test yang dilakukan , diketahui terdapat 17 siswa (63,3846%)  yang mendapatkan  nilai di atas rata-rata , dimana rata-rata nilai siswa yaitu 70,55.

References

Akker, J.V. (1999). Principles and Methods of Development Research. In J. Van den Akker, R.M. Branch, K. Gustafson, N. Nieveen and Tj. Plomp. Design Approaches and Tools in Education and Training (hlm1-14). Dordrecht: Springer.

Aminuddin. (2012). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Pada Konten Shape and Space untuk Mengetahui Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Tesis. Palembang: Program Magister Pendidikan Matematika PPS Universitas Sriwijaya.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Brodie, K. (2010). Teaching Mathematical Reasoning in Secondary School Classroom. New York: Springer. Diakses Pada Tanggal 9 Maret 2017 di http://link.springer.com/book/10.1007/978-0-387-09742-8/.

Djaali & Mujiono, P. (2008).Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Emiliya, D., Darmawijoyo, & Putri, R.I.I. (2010). Pengembangan Soal-Soal Open Ended Materi Lingkaran Untuk Meningkatkan Penalaran Matematika Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Palembang. Journal Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana Universitas Sriwijaya Volume 4. No. 2 Desember 2010.

Fatimah, S. (2012). Pengembangan Soal Matematika Model TIMSS Konten Geometri untuk Mengetahui Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Tesis. Program Magister Pendidikan Matematika PPS Universitas Sriwijaya.

Hamzah, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers.

Hayat, B., & Yusuf, S. (2011). Benchmark Internasional Mutu Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Jurnaidi & Zulkardi. (2014).Pengembangan Soal Model PISA Pada Konten Change and Relationship untuk Mengetahui Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Journal Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya Vol. 8 No. 1 2014.

Kemendikbud. (2013). Permendikbud No. 66 Tahun 2013 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. (2013). Permendikbud No. 68 Tahun 2013 Tentang Kompetensi Dasar dan Kurikulum SMP-MTs. Jakarta: Kemendikbud.

Mullis, I.V.S., Martin, M.O., Foy, P., & Arora, A. (2012). TIMSS2011 International Result in Mathematics. TIMSS and PIRLS International Study Center, Lynch School of Eduction, Boston College, Chestnut Hill, MA, USA and IEA.

Napitupulu, E. (2008). Peran Penalaran dalam Pemecahan Masalah Matematika. Disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 28 November 2008, Yogyakarta.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, V.A: Author.

Rahmawati, R.D. (2016). Hasil TIMSS 2015 Diagnosa Hasil untuk Perbaikan Mutu dan Peningkatan Capaian. Diakses pada tanggal 07 Maret 2017 di www.puspendik.kemendikbu d.go.id .

Rahmawati, R.D. (2016). Pengembangan Soal – Soal Berdasarkan Taksonomi Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) Pada Bidang Aljabar.

Shadiq, F. (2014). Pembelajaran Matematika Cara Meningkatkan kemampuan Berpikir Siswa. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zulkardi, & Putri,R.I. (2006). Mendesain Sendiri Soal Kontekstual Matematika. Disajikan dalam Prosiding KNKM13, Semarang.

Soemarmo, U., & Hendriana, H. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sudijono, A. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Mullis, I.V.S., & Martin, M.O. (2013). TIMSS 2010 Assesment Framework. TIMSS and PIRLS International Study Center, Lynch School of Eduction, Boston College and IEA.

Rizta, A. (2013). Pengembangan Soal Pilihan Ganda Model TIMSS untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Tesis. Palembang: Program Magister Pendidikan Matematika PPS Universitas Sriwijaya.

Tessmer, M. (1993). Planing and Conducting Formative Evaluation. London: Kogan Page.

Wahyudi, T. (2015). Pengembangan Soal Matematika Tipe TIMSS Menggunakan Budaya Lampung Tingkat SMP. Tesis. Palembang: Program Magister Pendidikan Matematika PPS Universitas Sriwijaya.

Downloads

Published

2018-02-08

Issue

Section

Articles

Citation Check