MULTIPLE REGRESSION ANALYSIS: THE EFFECT OF SELF-CONFIDENCE AND INTEREST IN LEARNING ON LEARNING OUTCOMES

Authors

  • Tegar Drajat Alamsyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Tasya Alma Qolbi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Sintha Sih Dewanti Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia http://orcid.org/0000-0001-5966-1354

Keywords:

interest in learning, learning outcomes, self confidence

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh rasa percaya diri dan semangat belajar matematika terhadap prestasi akademik pada mata pelajaran tersebut. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan menggunakan desain penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MAN 2 Bantul dan SMA 5 Muhammadiyah Yogyakarta. Pemilihan sampel akan dilakukan dengan pendekatan random sampling. Penelitian ini akan menggunakan kuesioner dan observasi sebagai alat utama. Pendekatan analisis data yang digunakan meliputi metode deskriptif dan inferensial, dengan statistik inferensial khusus menggunakan regresi linier ganda. Temuan analisis regresi linier ganda menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan secara statistik antara rasa percaya diri dan keinginan belajar matematika terhadap hasil belajar matematika siswa MAN 2 Bantul dan SMA 5 Muhammadiyah Yogyakarta.

Author Biography

Sintha Sih Dewanti, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Seorang dosen yang bergelar doktor program studi pendidikan matematika fakultas tarbiyah dan keguruan universitas islam negeri sunan kalijaga yogyakarta

References

Annisa, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.

Asri, A., Kurniati, N., Triutami, T. W., & Turmuzi, M. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau dari Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Masbagik Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 742–751. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1305

dewi, R., & S. (2021). Minat Belajar dan Kompetensi Mahasiswa dalam Praktik Kebidanan. Pekalongan : Penerbt NEM.

Djamarah, S. . (2015). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Dores, O. J., Huda, F. A., & Riana, R. (2019). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 4 Sirang Setambang Tahun Pelajaran 2018/2019. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38–48. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v1i1.408

Hermaini, J., & Nurdin, E. (2020). Bagaimana Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dari Perspektif Minat Belajar? JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 141. https://doi.org/10.24014/juring.v3i2.9597

Hidayati, A. U. (2017). TERAMPIL Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Volume 4 Nomor MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Pendidikan Dan Pebelajaran Dasar, 4(20), 143–156.

Ibrohim, I., Mansyur, S., Syah, M., Ruswandi, U., Uin, P., Gunung, S., & Bandung, D. (2020). Jurnal Educatio FKIP UNMA. Ejournal.Unma.Ac.Id, 6(2), 548–560. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.594

Ifada, R. B., & Ruli, R. M. (2022). Analisis Self Confident Siswa Kelas VIII dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 235–246.

Indana, F. M., Muhammad, H., & Zakaria, Z. (2022). Analisis Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaranmatematika Di Madrasah Ibtidaiyah. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 269–283.

Munjiat, S. M., & Syaefunisa, A. (2020). Menumbuhkan Minat Siswa SD Terhadap Mata Pelajaran Matematika Di SDN 01 Ciduwet Kabupaten Brebes. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 139. https://doi.org/10.24235/dimasejati.v2i1.6655

Musbaing, M., & Ismail, M. I. (2020). Pengaruh Teknik Bimbingan Belajar Guru Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 190. https://doi.org/10.31100/histogram.v4i1.533

Najah, E. F., & Nurhalimah, A. (2023). Implementasi Teori Belajar Matematika terhadap Keberhasilan Belajar Siswa. Jurnal Seminar Nasional Paedagoria, 3, 98–104.

Nurfajriyanti, I., & Pradipta, T. R. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2594–2603. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.797

Primayana, K. H. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Perguruan Tinggi. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(2), 7. https://doi.org/10.25078/jpm.v1i2.45

Purwasih, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Self Confidence Siswa MTs Di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung, 9(1), 16–25. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/didaktik/article/view/113

Samben, S. (2014). Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Eklektika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Pendidikan, 2(1), 60–66. http://103.76.50.195/Eklektika/article/view/5663

Setiawan Panie, R. P., Kurniati, N., & Kurniawan, E. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa SMPN 8 Mataram Kelas VII Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(2), 1065–1073. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i2.1419

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sukitman, T. (2016). Internalisasi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 85–96.

Trimahesri, I., & Hardini, A. T. A. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Model Realistic Mathematics Education. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(2), 111–120.

Ulfa, N. C. A., & Sundayana, R. (2022). Kemampuan representasi matematis siswa pada materi bilangan berdasarkan self-confidence. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 193–200. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v1i2.2231

Vandini, I. (2016). Peran Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 210–219. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.646

Yani, V. P., Azmi, S., Wahidaturrahmi, & Turmuzi, M. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5, 262–268. http://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/index___________

Downloads

Published

2024-06-01

Citation Check