PROFIL KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA BERDASARKAN GAYA BELAJAR

Authors

  • Ulfa Universitas Tadulako, Indonesia
  • Anggraini Universitas Tadulako, Indonesia
  • Gandung Sugita Universitas Tadulako, Indonesia
  • I Nyoman Murdiana Universitas Tadulako, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v8i2.3704

Keywords:

Kemampuan Pemahaman Konsep, Gaya Belajar

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep siswa bergaya belajar visual, auditorial dan kinestetik pada limit fungsi di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sigi. Jenis penelitian kualitatif, dengan 3 subjek dari 21 siswa, dikelompokkan berdasarkan gaya belajar. Data diperoleh menggunakan instrumen penelitian yaitu peneliti sendiri, angket gaya belajar, tes tertulis serta wawancara dilakukan 2 kali diwaktu yang berbeda. Teknik analisis data menggunakan  kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) siswa bergaya belajar visual (GV) memenuhi empat indikator, menyatakan ulang konsep, memberikan contoh dan non-contoh, menyajikan konsep dalam bentuk tabel dan gambar, serta memilih metode dalam menyelesaikan tes limit fungsi. Ciri-cirinya mengerjakan soal dengan teliti, 2) siswa gaya bergaya belajar auditorial (GA) memenuhi tiga indikator, menyatakan ulang konsep, menyajikan konsep dalam bentuk tabel dan gambar serta memilih metode dalam menyelesaikan tes limit fungsi. Ciri-cirinya membaca soal dengan suara keras, dan 3) siswa bergaya belajar kinestetik (GK) memenuhi 2 indikator yaitu menyatakan ulang konsep dan menyajikan konsep dalam bentuk tabel dan gambar. Ciri-cirinya menunjuk soal dengan jari.

 

ABSTRACT

This study describes the concept of understanding the ability of students with visual, auditorial, and kinesthetic learning styles to limit functions in class XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sigi. This type of research is qualitative, with three subjects from 21 students grouped by learning style. Data were obtained using research instruments, namely the researcher himself, a learning style questionnaire, written tests, and interviews conducted two times at different times. Data analysis techniques include data condensation, data presentation, and conclusion drawing. The results showed: 1) visual learning style (GV) students fulfill four indicators, restate concepts, provide examples and non-examples, present concepts in tabular and pictorial form, and choose methods in solving the function limit test. His characteristics worked on the problem carefully: 2) auditorial learning style (GA) students met three indicators, restating concepts, presenting concepts in tabular and pictorial form, and choosing methods in solving the function limit test. His characteristics read the problem aloud, and 3) kinesthetic learning style students (GK) fulfill two indicators, namely restating concepts and presenting concepts in tabular and pictorial form. His characteristics point to the problem with his finger.

References

Ariastuti, M. D., & Wahyudin, A. Y. (2022). Exploring Academic Performance and Learning Style of Undergraduate Students in English Education Program. Journal of English Language Teaching and Learning, 3(1), 67-73. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/english-language-teaching/index

Azis, F., Pamujo, P., & Yuwono, P. (2020). Analisis Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik Siswa Berprestasi di SD Negeri Ajibarang Wetan. 6(1), 26–31. https://doi.org/10.31602/JMBKAN.V6I1.2658

Basa, Z. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SMP pada Masa Pandemi COVID-19. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.461

Giriansyah, F. E., Pujiastuti, H., & Ihsanudin Ihsanudin. (2023). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Berdasarkan Teori Skemp Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 751–765. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1515

Hakiki, S. N., & Sundayana, R. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Kubus dan Balok Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 101–110.

Khoirunnisa, A. (2021.). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis pada Materi SPLDV Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik. Khoirunnisa,Aprilia Soro,Slamet, 5(3). https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.869

Nasika, D. S., Handayanto, A., & Albab, I. U. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Siswa Kelas XI Ditinjau dari Gaya Belajar. IMAJINER:Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 156–164. https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i2.9356

Pusposari, L. F. (2017). Pengaruh Gaya Belajar Mahasiswa terhadap Hasil Belajar pada Mata Kuliah Teori Ekonomi Mikro Jurusan PIPS UIN Maulana Malik Ibrahim Malang . J-PIPS(Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial), 3(2), 139–162. https://doi.org/10.18860/jpips.v3i2.6861

Rosario, F. I., & Dewi, F. P. U. (2022). Analisis Filsafat Matematika dan Penerapannya dalam Pembelajaran. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 6(1), 36–43. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54337

Sundayana, R. (2016). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75–84. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.372

Usman, M. R., Baharullah, & Kristiawati. (2022). Deskripsi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Mathedu (Mathematic Education Journal, 5(1), 61–69. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu

Downloads

Published

2024-09-30

Citation Check