Profil Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Limit Fungsi Ditinjau Dari Gaya Belajar Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sigi

Profil Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Limit Fungsi Ditinjau Dari Gaya Belajar Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sigi

Penulis

  • Ulfa Universitas Tadulako, Indonesia
  • Anggraini Universitas Tadulako, Indonesia
  • Gandung Sugita Universitas Tadulako, Indonesia
  • I Nyoman Murdiana Universitas Tadulako, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v8i2.3704

Kata Kunci:

Kemampuan Pemahaman Konsep, Gaya Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep siswa bergaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik pada materi limit fungsi. Jenis penelitian adalah kualitatif, dilakukan di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sigi, menggunakan metode tes dan wawancara yang dilakukan dua kali diwaktu yang berbeda. Subjek penelitian terdiri dari 3 siswa yang dikelompokkan berdasarkan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Hasil penelitian menunjukkan: 1) siswa gaya belajar visual (GV) memenuhi 4 indikator pemahaman konsep yaitu menyatakan ulang konsep limit fungsi dengan bahasanya sendiri, memberikan contoh dan non contoh yaitu memberikan contoh fungsi yang memiliki nilai limit dan contoh fungsi yang tidak memiliki nilai limit, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis yaitu menyajikan konsep limit dalam bentuk tabel dan gambar, serta menggunakan, memanfaatkan dan memilih metode tertentu dalam menyelesaikan tes limit fungsi. Ciri-ciri dan karakteristiknya termasuk mengerjakan soal dengan teliti, mengulang-ulang pengerjaanya hingga mendapatkan jawaban yang diinginkan; 2) siswa gaya belajar auditorial (GA) memenuhi 3 indikator yaitu menyatakan ulang konsep limit fungsi dengan bahasanya sendiri, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis yaitu menyajikan konsep limit dalam bentuk tabel, dan gambar serta menggunakan, memanfaatkan dan memilih metode tertentu dalam menyelesaikan tes limit fungsi. Ciri-ciri dan karakteristiknya termasuk membaca soal dengan mengulang-ulang dengan suara keras; 3) siswa gaya belajar kinestetik (GK) hanya memenuhi 2 indikator yaitu menyatakan ulang konsep limit fungsi dengan bahasanya sendiri dan menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis yaitu menyajikan konsep limit dalam bentuk tabel dan gambar. Ciri-ciri dan karakteristiknya termasuk membaca soal menunjuk dengan jari.
Kata Kunci: Profil Kemampuan pemahaman konsep, limit fungsi, gaya belajar

Referensi

Ariastuti, M. D., & Wahyudin, A. Y. (2022). Exploring Academic Performance and Learning Style of Undergraduate Students in English Education Program. Journal of English Language Teaching and Learning, 3(1), 67-73. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/english-language-teaching/index

Azis, F., Pamujo, P., & Yuwono, P. (2020). Analisis Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik Siswa Berprestasi di SD Negeri Ajibarang Wetan. 6(1), 26–31. https://doi.org/10.31602/JMBKAN.V6I1.2658

Basa, Z. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SMP pada Masa Pandemi COVID-19. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.461

Giriansyah, F. E., Pujiastuti, H., & Ihsanudin Ihsanudin. (2023). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Berdasarkan Teori Skemp Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 751–765. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1515

Hakiki, S. N., & Sundayana, R. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Kubus dan Balok Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 101–110.

Khoirunnisa, A. (2021.). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis pada Materi SPLDV Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik. Khoirunnisa,Aprilia Soro,Slamet, 5(3). https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.869

Nasika, D. S., Handayanto, A., & Albab, I. U. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Siswa Kelas XI Ditinjau dari Gaya Belajar. IMAJINER:Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 156–164. https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i2.9356

Pusposari, L. F. (2017). Pengaruh Gaya Belajar Mahasiswa terhadap Hasil Belajar pada Mata Kuliah Teori Ekonomi Mikro Jurusan PIPS UIN Maulana Malik Ibrahim Malang . J-PIPS(Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial), 3(2), 139–162. https://doi.org/10.18860/jpips.v3i2.6861

Rosario, F. I., & Dewi, F. P. U. (2022). Analisis Filsafat Matematika dan Penerapannya dalam Pembelajaran. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 6(1), 36–43. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54337

Sundayana, R. (2016). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75–84. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.372

Usman, M. R., Baharullah, & Kristiawati. (2022). Deskripsi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Mathedu (Mathematic Education Journal, 5(1), 61–69. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu

Diterbitkan

2024-09-30

Citation Check