Profil Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Limit Fungsi Ditinjau Dari Gaya Belajar Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sigi
Profil Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Limit Fungsi Ditinjau Dari Gaya Belajar Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sigi
DOI:
https://doi.org/10.31100/histogram.v8i2.3704Kata Kunci:
Kemampuan Pemahaman Konsep, Gaya BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep siswa bergaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik pada materi limit fungsi. Jenis penelitian adalah kualitatif, dilakukan di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sigi, menggunakan metode tes dan wawancara yang dilakukan dua kali diwaktu yang berbeda. Subjek penelitian terdiri dari 3 siswa yang dikelompokkan berdasarkan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Hasil penelitian menunjukkan: 1) siswa gaya belajar visual (GV) memenuhi 4 indikator pemahaman konsep yaitu menyatakan ulang konsep limit fungsi dengan bahasanya sendiri, memberikan contoh dan non contoh yaitu memberikan contoh fungsi yang memiliki nilai limit dan contoh fungsi yang tidak memiliki nilai limit, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis yaitu menyajikan konsep limit dalam bentuk tabel dan gambar, serta menggunakan, memanfaatkan dan memilih metode tertentu dalam menyelesaikan tes limit fungsi. Ciri-ciri dan karakteristiknya termasuk mengerjakan soal dengan teliti, mengulang-ulang pengerjaanya hingga mendapatkan jawaban yang diinginkan; 2) siswa gaya belajar auditorial (GA) memenuhi 3 indikator yaitu menyatakan ulang konsep limit fungsi dengan bahasanya sendiri, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis yaitu menyajikan konsep limit dalam bentuk tabel, dan gambar serta menggunakan, memanfaatkan dan memilih metode tertentu dalam menyelesaikan tes limit fungsi. Ciri-ciri dan karakteristiknya termasuk membaca soal dengan mengulang-ulang dengan suara keras; 3) siswa gaya belajar kinestetik (GK) hanya memenuhi 2 indikator yaitu menyatakan ulang konsep limit fungsi dengan bahasanya sendiri dan menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis yaitu menyajikan konsep limit dalam bentuk tabel dan gambar. Ciri-ciri dan karakteristiknya termasuk membaca soal menunjuk dengan jari.
Kata Kunci: Profil Kemampuan pemahaman konsep, limit fungsi, gaya belajar
Referensi
Ariastuti, M. D., & Wahyudin, A. Y. (2022). Exploring Academic Performance and Learning Style of Undergraduate Students in English Education Program. Journal of English Language Teaching and Learning, 3(1), 67-73. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/english-language-teaching/index
Azis, F., Pamujo, P., & Yuwono, P. (2020). Analisis Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik Siswa Berprestasi di SD Negeri Ajibarang Wetan. 6(1), 26–31. https://doi.org/10.31602/JMBKAN.V6I1.2658
Basa, Z. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SMP pada Masa Pandemi COVID-19. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.461
Giriansyah, F. E., Pujiastuti, H., & Ihsanudin Ihsanudin. (2023). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Berdasarkan Teori Skemp Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 751–765. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1515
Hakiki, S. N., & Sundayana, R. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Kubus dan Balok Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 101–110.
Khoirunnisa, A. (2021.). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis pada Materi SPLDV Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik. Khoirunnisa,Aprilia Soro,Slamet, 5(3). https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.869
Nasika, D. S., Handayanto, A., & Albab, I. U. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Siswa Kelas XI Ditinjau dari Gaya Belajar. IMAJINER:Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 156–164. https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i2.9356
Pusposari, L. F. (2017). Pengaruh Gaya Belajar Mahasiswa terhadap Hasil Belajar pada Mata Kuliah Teori Ekonomi Mikro Jurusan PIPS UIN Maulana Malik Ibrahim Malang . J-PIPS(Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial), 3(2), 139–162. https://doi.org/10.18860/jpips.v3i2.6861
Rosario, F. I., & Dewi, F. P. U. (2022). Analisis Filsafat Matematika dan Penerapannya dalam Pembelajaran. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 6(1), 36–43. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54337
Sundayana, R. (2016). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75–84. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.372
Usman, M. R., Baharullah, & Kristiawati. (2022). Deskripsi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Mathedu (Mathematic Education Journal, 5(1), 61–69. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ulfa, Anggraini, I Nyoman Murdiana, Gandung Sugita
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Please find the rights and licenses in Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika. By submitting the article/manuscript, the author(s) accept this policy.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International.
2. Author's Warranties
The author warrants that the article is original, written by a stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika's spirit is to disseminate articles published for free. Under the Creative Commons license, Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika when distributing works in the journal.
4. Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
- Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
- The right to use the substance of the article in one's future works, including lectures and books,
- The right to reproduce the article for one's purposes,
- The right to self-archive the article,
- The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal (Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika).
5. Co-Authorship
If other authors jointly prepared the article, any author submitting the manuscript warrants that all co-authors have authorized them to agree on this copyright and license notice (agreement) on their behalf and agree to inform their co-authors of the terms of this policy. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika will not be held liable for anything arising from the author(s) internal dispute. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika will only communicate with the corresponding author.
6. Royalties
This agreement entitles the author to no royalties or other fees. To such an extent that it is legally permissible, the author waives their right to collect royalties relative to the article regarding any use by Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika.
7. Miscellaneous
Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika will publish the article (or have it published) in the journal if the editorial process is completed. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika h editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing, and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published to be publicly accessible, and such access will be free of charge for the readers, as mentioned in point 3.