PENGEMBANGAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA PBL-STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Authors

  • Neni Widias Tika Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Wardani Rahayu Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Flavia Aurelia Hidajat Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v8i2.3803

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Modul, Pemecahan Masalah, PBL, STEM

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul ajar dengan kategori valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap pengembangan yaitu Analysis, Design, Development,  Implementation and Evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Yadika 13 Tambun. Berdasarkan hasil analisis  data dalam aspek kevalidan yang diperoleh dari para ahli dengan kategori sangat valid. Nilai I-CVI pada validitas dari ahli  materi sebesar 1, validitas dari ahli media sebesar 0,935 dan validitas dari ahli bahasa sebesar 1. Sehingga modul ajar dikatakan sangat valid. Aspek kepraktisan diperoleh dari respon 28 siswa terhadap modul ajar dengan presentase 97% yang memiliki kategori sangat praktis. Pengujian keefektifan modul ajar diperoleh berdasarkan perhitungan skor N-Gain terhadap kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai sig. 0,000  yang dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan modul ajar PbL-STEM lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

 

ABSTRACT

This study aims to develop a teaching module categorized as valid, practical, and effective in improving students' mathematical problem-solving abilities. The research employs a Research and Development (R&D) approach using the ADDIE development model, which consists of five stages: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The subjects of the study were 11th-grade students at SMA Yadika 13 Tambun. Based on data analysis, the validity aspect experts assess falls under the "very valid" category. The I-CVI value for material expert validity was 1, for media expert validity was 0.935, and for language expert validity was 1, indicating the module is highly valid. The practicality aspect was assessed based on the responses of 28 students, with a percentage of 97%, categorized as "very practical." The effectiveness of the module was tested using the N-Gain score in both experimental and control groups, with a significance value of 0.000, leading to the conclusion that the improvement in students' mathematical problem-solving abilities using the PbL-STEM module was higher than that of students using conventional teaching models.

References

Angela, S., & Wardahani. (2022). Pendekatan STEM dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika, 1(2). https://doi.org/10.56587/jipm.v1i2.81

Anggraini, W. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Kontekstual dengan Model Laps-Heuristic Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. In Universitas Lampung.

Arivina, A. N., & Jailani, J. (2020). Development of Trigonometry Learning Kit with a STEM Approach to Improve Problem Solving Skills and Learning Achievement. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 178–194. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.35063

Ayuningtyas, M. I., & Riduwan, A. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Solvabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Reputasi Akuntan Publik terhadap Audit Report Lag. Urnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 9(3), 1–21. https://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/2834/2844

Bawamenewi, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Memprafrasekan Puisi “Aku” Berdasarkan Model Pembelajaran Problem based Learning (PBL). Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 310–323. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.631

Fauzi, S. A., & Mustika, D. (2022). Peran Guru sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidkan dan Konseling, 4(3), 2492–2500. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5113

Firmansyah, R. S., & Rusimamto, P. W. (2020). Validitas dan Kepraktisan Modul Pembelajaran Human Machine Interface pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik di SMK Negeri 3 Jombang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v9n2.p%p

Handayani, S., W, S. U. M., Rachmawati, D., & Wahyono, H. (2020). Evaluasi Pembelajaran Berbasis STEM Mata Pelajaran Ekonomi. Edulitera.

Hasanah, H. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis STEM pada Materi Bangun Ruang. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 91–100. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.582

Islahiyah, I., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2021). Pengembangan E-Modul dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. 10(4), 1–12. http://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.3908

Kinanty, P., Kartono, K., & Salimi, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Power Point pada Tema 1 Subtema 3 Pertumbuhan Hewan Kelas III SDN 36 Pontianak Selatan. As-Sabiqun, 6(1), 157–177. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v6i1.4376

LAWSHE, C. H. (1975). a Quantitative Approach to Content Validity. Personnel Psychology, 28(4), 563–575. https://doi.org/10.1111/j.1744-6570.1975.tb01393.x

Lubis, R. N., Lubis, A., & Asmin, A. (2023). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pendekatan Metakognitif dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self-Confidence Matematis Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 27–38. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1837

Minarsi, R., Sulastri, Y. L., & Hakim, L. L. (2022). Pengembangan Modul Ajar Operasi Vektor Terkait Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berbasis Problem based Learning. Ujmes, 7(2), 81–91.

Mulyati, T. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar (Mathematical Problem Solving Ability of Elementary School Students). EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 1–20. https://doi.org/10.17509/eh.v3i2.2807

Musyafak, A., & Agoestanto, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Statistika Bermuatan Soal Literasi Numerasi Bernuansa STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada PBL. Jurnal Tadris Matematika, 5(2), 273–284. https://doi.org/10.21274/jtm.2022.5.2.273-284

Nurafni, A., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Berbasis Literasi Matematika. Journal of Medives, 4(1), 71–80. https://doi.org/10.35334/borneo_saintek.v2i1.633

Parenta, Y., Masykuri, M., & Saputro, S. (2022). Literature Study: Application of PBL-STEM on Simple Machine Topic to Improve Critical Thinking Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(2), 674–680. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i2.1181

Pixyoriza, Nurhanurawati, & Rosidin, U. (2022). Pengembangan Modul Digital Berbasis STEM untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(01), 76–87. https://doi.org/10.22437/edumatica.v12i01.17541

Rahmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Resiliensi Matematis Siswa SMP. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 187. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3619

Rayanto, yudi hari, & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan ADDIE dan R2D2. Lembaga Academic & Research Institute.

Rehmat, A. P., & Hartley, K. (2020). Building Engineering Awareness: Problem-based Learning Approach for STEM Integration. The Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 14(1), 1–15. https://doi.org/10.14434/ijpbl.v14i1.28636

Risky, S. I., & Sari, T. E. P. (2022). Salsabila, I. R., & Tambunan, E. P. S. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis HOTS pada Materi Fungi di Madrasah Aliyah. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 4(3). 1–16. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/scaffolding/article/view/1769/915

Setiawati, E. P., & Agoestanto, A. (2023). Development of Problem-Based Learning Mathematical Module with STEM Approach to Improve Problem-Solving Ability and Self Efficacy. Unnes Journal of Mathematics Education, 12(1), 60–71. https://doi.org/10.15294/ujme.v12i1.68716

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta Ar-Ruzz Media.

Sofyan, Herminarto, Wagiran, Kokom, E. (2017). Problem based Learning dalam Kurikulum 2013 (Vol. 4, Issue 1). Uny Press.

Styasih, A., Hasanah, E. N., Bakti, K. E., & Satrio, A. A. (2021). Pengembangan LKS Berbasis STEM dengan Model Problem based Learning terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/santika/article/view/332

Wulandari, Sutimin, L. A., & Santosa, E. B. (2024). Developing a Gamified Digital Learning Media to Cultivate Singing Skills for Junior High School Students. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 26(1), 108–120. https://doi.org/10.21009/jtp.v26i1.43936

Zulaiha, S., Meldina, T., Agama, I., Negeri, I., Ak, J., No, G., Curup, D., & Lebong, R. (2022). Problematika Guru dalam Merdeka Belajar Menerapkan Kurikulum. 9(2).

Downloads

Published

2024-09-30

Citation Check