PENGARUH SELF-CONCEPT DAN SELF-EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Authors

  • Nurhaliza Khesya Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Rusydi Ananda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v8i2.3829

Keywords:

Pemecahan Masalah, Self-Concept, Self-Efficacy

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah supaya mengetahui apakah self-concept dan self-efficacy mempengaruhi kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode survei. Penelitian ini dilakukan di MTs TPI Sawit Seberang pada tahun ajaran 2024/2025 dan sampel terdiri dari 35 siswa kelas IX. Indikator kemampuan pemecahan masalah matematis yaitu memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, menerapkan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali jawaban. Observasi, wawancara, kuesioner, dan tes adalah metode pengumpulan data. Analisis statistik deskriptif dan inferensial, termasuk uji-prasyarat analisis data dan pengujian hipotesis menggunakan uji analisis regresi linear berganda, uji F, uji t, dan koefisien determinasi. Berdasarkan uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% (0,05), menunjukkan bahwa: 1) self-concept dan self-efficacy memiliki efek positif terhadap kemampuan memecahkan masalah matematis, dan 2) self-efficacy dan self-concept memiliki efek masing-masing terhadap kemampuan memecahkan masalah matematis dengan koefisien penentuan 0,535. Jadi, self-concept dan self-efficacy siswa berpengaruh sebesar 53,5%.

 

ABSTRACT

This study aimed to determine whether self-concept and self-efficacy affect students' mathematical problem-solving abilities. This quantitative research used the survey method. The study was conducted at MTs TPI Sawit Seberang in the 2024/2025 school year, with a sample of 35 ninth-grade students. The indicators of mathematical problem-solving ability were understanding the problem, developing a solution plan, implementing the solution plan, and reviewing the answer. Observations, interviews, questionnaires, and tests were the data collection methods. Descriptive and inferential statistical analysis was conducted, including tests of data analysis prerequisites and hypothesis testing using multiple linear regression analysis, the F-test, t-test, and coefficient of determination. The research findings, based on hypothesis testing at a significance level of 5% (0.05), showed that: 1) self-concept and self-efficacy have a positive effect on mathematical problem-solving ability, and 2) self-efficacy and self-concept each have their respective effects on mathematical problem-solving ability, with a coefficient of determination of 0.535. Therefore, students' self-concept and self-efficacy explain 53.5% of the variance in mathematical problem-solving ability.

References

Abubakar, A. H., Wibowo, A. A., & Sari, A. W. (2020). Pengaruh Pengembangan Karier dan Self Efficacy terhadap Kinerja Karyawan di PT Hunstsman Indonesia. ASSETS, 10(2), 130–148. https://doi.org/10.24252/assets.v10i2.18595

Arens, A. K., Frenzel, A. C., & Goets, T. (2022). Self-Concept and Self-Efficacy in Math: Longitudinal Interrelations and Reciprocal Linkages with Achievement. The Jurnal of Experimental Education, 90(3), 615–633. https://doi.org/10.1080/00220973.2020.1786347

Haditia, N. C., Nurrahmah, A., & Dan Nasution, S. (2021). Pengaruh Self-Concept terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri 275 Jakarta. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 80, 1–6.

Haqqul, A., Fanani, I., & Saraswati, S. (2022). Pengaruh Self-Efficacy terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Statistika Kelas VIII. Jurnal Cartesian, (02)((02)), 119–128. https://doi.org/10.33752/cartesian.v2i2.2887

Holenstein, M., Bruckmaier, G., & Grob, A. (2022). How do Self-Efficacy and Self-Concept Impact Mathematical Achievement? The Case of Mathematical Modelling. British Journal of Educational Psychology, 92, 155–174. https://doi.org/10.1111/bjep.12443

Jatisunda, M. G. (2017). Hubungan Self-Efficacy Siswa SMP dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal THEOREMS, 1(2), 24–30. https://media.neliti.com/media/publications/301745-hubungan-self-efficacy-siswa-smp-dengan-c097b68e.pdf

Khotimah, N. H., Khoirunnisa, A., & Bilda, W. (2020). Pengaruh Self Efficacy Siswa SMP terhadap Pemecahan Masalah pada Materi Aritmetika Sosial. Edukasi Dan Sains, 2(2), 285–291. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/download/913/628

Mawarni, D. I., & Purnama, I. M. (2022). Pengaruh Konsep Diri dan Percaya Diri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 23–30. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/viewFile/5932/1536

Nurfajarni, M. (2022). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing dalam Meningkatkan Konsep Diri Siswa di SMP N 8 Kota Jambi [Universitas Jambi]. https://repository.unja.ac.id/42734/7/SKRIPSI FULL MITHA NURFAJARNI.pdf

Priyastutik, S., Suhendri, H., & Kasyadi, S. (2018). Pengaruh Kemandirian dan Konsep Diri terhadap Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jkpm (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(1), 1–10. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i1.2826

Rohmat, A. N., & Lestari, W. (2019). Pengaruh Konsep Diri dan Percaya Diri terhadap Kemampuan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 73. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5173

Rosita, N., Rahayu, W., & Makmuri. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self-Concept Matematis dengan Pendekatan PMRI di SMP Daar En Nisa Islamic School. JRPMS (Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah), 5(1), 46–53. https://doi.org/10.21009/jrpms.051.06

Ujud, S., Nur, T. D., Yusuf, Y., Saibi, N., & Ramli, M. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 10 Kota Ternate Kelas X pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305

Umayah, Hakim, A. R., & Nurrahmah, A. (2019). Pengaruh Metode Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 85–94. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5075

Downloads

Published

2024-09-30

Citation Check