PENGARUH SELF-CONCEPT DAN SELF-EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS IX

Penulis

  • Nurhaliza Khesya Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Rusydi Ananda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v8i2.3829

Kata Kunci:

Pemecahan Masalah, Self-Concept, Self-Efficacy

Abstrak

Tujuan dari penelitiannini adalah supaya mengetahui apakah Self-concept dan Self-efficacy mempengaruhikkemampuan siswa dalammmemecahkannmasalah matematika. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode survei. Penelitian ini dilakukan di MTs TPI Sawit Seberang pada tahun ajaran 2024/2025, dan sampel terdiri dari 35 siswa kelas IX. Observasi, wawancara, kuesioner dan tes adalah metode pengumpulan data. Analisis statistik deskriptif dan inferensial, termasuk uji-prasyarat analisis data dan pengujiannhipotesis, digunakan. Temuan penelitian, berdasarkan uji hipotesis dengan taraf signifikans 5% (0,05), menunjukkan bahwa: 1) Self-concept dan Self-efficacy memiliki efek positif terhadap kemampuan memecahkan masalah matematis; 2) Self-efficacy dan self-concept memiliki efek masing-masing terhadap kemampuan memecahkan masalah matematis. dengan koefisien penentuan 0,535. Jadi, self-concept dan self-efficacy siswa berpengaruh sebesar 53,5%.

Referensi

Abubakar, A. H., Wibowo, A. A., & Sari, A. W. (2020). Pengaruh Pengembangan Karier dan Self Efficacy terhadap Kinerja Karyawan di PT Hunstsman Indonesia. ASSETS, 10(2), 130–148. https://doi.org/10.24252/assets.v10i2.18595

Arens, A. K., Frenzel, A. C., & Goets, T. (2022). Self-Concept and Self-Efficacy in Math: Longitudinal Interrelations and Reciprocal Linkages with Achievement. The Jurnal of Experimental Education, 90(3), 615–633. https://doi.org/10.1080/00220973.2020.1786347

Haditia, N. C., Nurrahmah, A., & Dan Nasution, S. (2021). Pengaruh Self-Concept terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri 275 Jakarta. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 80, 1–6.

Haqqul, A., Fanani, I., & Saraswati, S. (2022). Pengaruh Self-Efficacy terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Statistika Kelas VIII. Jurnal Cartesian, (02)((02)), 119–128. https://doi.org/10.33752/cartesian.v2i2.2887

Holenstein, M., Bruckmaier, G., & Grob, A. (2022). How do Self-Efficacy and Self-Concept Impact Mathematical Achievement? The Case of Mathematical Modelling. British Journal of Educational Psychology, 92, 155–174. https://doi.org/10.1111/bjep.12443

Jatisunda, M. G. (2017). Hubungan Self-Efficacy Siswa SMP dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal THEOREMS, 1(2), 24–30. https://media.neliti.com/media/publications/301745-hubungan-self-efficacy-siswa-smp-dengan-c097b68e.pdf

Khotimah, N. H., Khoirunnisa, A., & Bilda, W. (2020). Pengaruh Self Efficacy Siswa SMP terhadap Pemecahan Masalah pada Materi Aritmetika Sosial. Edukasi Dan Sains, 2(2), 285–291. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/download/913/628

Mawarni, D. I., & Purnama, I. M. (2022). Pengaruh Konsep Diri dan Percaya Diri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 23–30. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/viewFile/5932/1536

Nurfajarni, M. (2022). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing dalam Meningkatkan Konsep Diri Siswa di SMP N 8 Kota Jambi [Universitas Jambi]. https://repository.unja.ac.id/42734/7/SKRIPSI FULL MITHA NURFAJARNI.pdf

Priyastutik, S., Suhendri, H., & Kasyadi, S. (2018). Pengaruh Kemandirian dan Konsep Diri terhadap Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jkpm (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(1), 1–10. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i1.2826

Rohmat, A. N., & Lestari, W. (2019). Pengaruh Konsep Diri dan Percaya Diri terhadap Kemampuan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 73. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5173

Rosita, N., Rahayu, W., & Makmuri. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self-Concept Matematis dengan Pendekatan PMRI di SMP Daar En Nisa Islamic School. JRPMS (Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah), 5(1), 46–53. https://doi.org/10.21009/jrpms.051.06

Ujud, S., Nur, T. D., Yusuf, Y., Saibi, N., & Ramli, M. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 10 Kota Ternate Kelas X pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305

Umayah, Hakim, A. R., & Nurrahmah, A. (2019). Pengaruh Metode Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 85–94. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5075

Diterbitkan

2024-09-30

Citation Check