DAMPAK MODEL CTL BERBANTUAN MATH CITY MAPS TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL SISWA

Authors

  • Siti Nurhaliza Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
  • Nurbaiti Widyasari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v8i2.3830

Keywords:

CTL, Kemampuan Spasial, Math City Maps

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya mempelajari geometri yang membutuhkan kemampuan spasial. Akan tetapi berdasarkan penelitian-penelitian sebelumnya kemampuan spasial siswa masih rendah dalam belajar geometri. Hal ini dikarenakan kurangnya penggunaan model pembelajaran yang tepat oleh guru dan belum memanfaatkan media pembelajaran teknologi secara maksimal. Tujuan utama dalam penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan spasial antara siswa yang memperoleh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan Math City Maps dengan yang memperoleh pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan jenis metode yang digunakan adalah dengan metode quasi eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest-control group design. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan spasial siswa. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan yang menunjukkan hasil uji t diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat dampak model contextual teaching and learning berbantuan Math City Maps terhadap kemampuan spasial siswa.

 

ABSTRAK

This research is motivated by the importance of studying geometry, which requires spatial abilities. However, previous studies have shown that students' spatial abilities in geometry are still low. This is due to teachers' lack of appropriate teaching models and the insufficient utilization of technological learning media. The primary objective of this study is to determine the difference in spatial abilities between students who received the Contextual Teaching and Learning (CTL) model assisted by Math City Maps and those who received conventional learning. The research method used in this study is quantitative, with a quasi-experimental method. The design employed is a pretest-posttest control group design. The study results indicate a significant improvement in students' spatial abilities. This is evident from the calculation results, where the t-test results show a Sig. (2-tailed) value of 0.000 < 0.05, leading to the conclusion that the Contextual Teaching and Learning model assisted by Math City Maps has an impact on students' spatial abilities.

References

Anjarsari, E. (2018). Mengembangkan Kemampuan Spasial Siswa melalui Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 55–61. https://doi.org/10.30736/rfma.v7i2.77

Ardiyanto, G. G., Astutik, S., & Pangastut, E. I. (2023). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Keterampilan Berpikir Spasial Siswa SMA. JURNAL GEOGRAFI, 12(2), 92–101. https://doi.org/10.24036/geografi/vol12-iss2/3557

Ariani, Y., Johar, R., & Marwan, M. (2019). Penggunaan Software Cabri 3D untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Peluang, 7(2), 11–21. https://doi.org/10.24815/jp.v7i2.13695

Ayu, Y., Wahyuningtiyas, P., Fikri, K., & Fitrianawati, M. (2022). Dampak Pembelajaran Konvensional pada Siswa SD Muhammadiyah Domban 3 dan Problem based Learning sebagai Solusinya. Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan, 1025–1028. https://seminar.uad.ac.id/index.php/semhasmengajar/article/view/10723

Cholilah, M. (2023). Profil Kemampuan Spasial Siswa SMP pada Pembelajaran Matematika yang Berkaitan dengan Geometri dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 3(3), 178–188. https://pdfs.semanticscholar.org/d295/fe72c116f54eb2be740873b5ae3e9f221edc.pdf

Febrian, S. A., Rahmawati, F., & ‘Adna, S. F. (2023). Pengaruh Missouri Mathematics Project Berbantuan Math City Map terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 6(3), 307–316. https://doi.org/10.24014/juring.v6i3.23567

Ghalib, I. A., & Mahmudi, A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Geogebra berbasis Cotextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Kemampuan Spasial pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pedagogi Matematika, 8(1), 1–10. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm

Hermita, N., Alim, J. A., Putra, Z. H., Putra, R. A., Anggoro, S., & Aryani, N. (2023). The Effect of STEM Autonomous Learning City Map Application on Students’ Critical Thinking Skills. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 17(3), 87–101. https://doi.org/10.3991/ijim.v17i03.34587

Hibatullah, I. N., Susanto, & Monalisa, A. (2020). Profil Kemampuan Spasial Siswa Ditinjau dari Tipe Kepribadian Florence Littauer. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2), 115–124. https://doi.org/10.24853/fbc.6.2.115-124

Kistian, A., Fahreza, F., & Mulyadi. (2020). Perbedaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Ekspositori terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Kelas IV SDN Peunaga Cut Ujong. Jurnal Tunas Bangsa, 7(1), 50–59. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v7i1.975

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Lubis, D. A., Arianto, L., Ashari, I. M. Al, & Amidi. (2021). Pembelajaran Matematika Budaya (Etnomatematika) Berbantuan Aplikasi Math City Mapuntuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. JEIDE: Journal of Educational Integration and Development, 1(3), 171–180. https://doi.org/0.55868/jeid.v1i3.94

Mahfuddin, & Caswita. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah pada Soal Berbasis High Order Thinking Ditinjau dari Kemampuan Spasial. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1696–1708. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3874

Maulid, A. I., & Astuti, H. P. (2023). Analisis Kemampuan Spasial Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gender dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Kubus. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 571–583. https://doi.org/10.59098/mega.v4i2.1012

Nainggolan, A. M., & Daeli, A. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya bagi Pembelajaran. Journal of Psychology “Humanlight,” 2(1), 31–47. https://doi.org/10.51667/jph.v2i1.554

Navianto, A. (2023). Improving Mathematics Learning Through Contextual Teaching and Learning Models using the Math City Map App. ATLANTIS PRESS, Proceeding, 141–151. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-220-0_16

Noviani, J., Syahputra, E., & Murad, A. (2017). The Effect of Realistic Mathematic Education (RME) in Improving Primary School Students’ Spatial Ability in Subtopic Two Dimension Shape. Journal of Education and Practice, 8(34), 112–126. https://www.researchgate.net/publication/322326573_The_Effect_of_Realistic_Mathematic_Education_RME_in_Improving_Primary_School_Students’_Spatial_Ability_in_Subtopic_Two_Dimension_Shape

Nurhadi. (2020). Transformasi Teori Kognitivisme dalam Belajar dan Pembelajaran. Bintang : Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(1), 16–34. https://core.ac.uk/download/pdf/322517314.pdf

Nurwijaya, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem based Learning Berbantuan Augmented Reality terhadap Kemampuan Spasial Siswa. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 107–116. https://ejournals.umma.ac.id/index.php/equals/article/view/1563/980

Pharsy, N. N., Dur, S., & Hasibuan, E. K. (2022). Perbedaan Kemampuan Visual Spasial dan Pemecahan Masalah melalui Model CTL dan PBL. Relevan: Jurnal Pendididkan Matematika, 2(3), 330–334. https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/357

Prameswara, A. Y., & Pius, I. X. (2023). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan hasil Belajar Siswa Kelas 4 SDK Wignya Mandala melalui Pembelajaran Kooperatif. SAPA - Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 08(01), 1–9. https://doi.org/10.53544/sapa.v8i1.327

Putri, R. O. E. (2016). Peran Kemampuan Spasial Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika yang Berkaitan dengan Geometri. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya, 345–352. https://proceedings.ums.ac.id/index.php/knpmp/article/view/2518/2473

Rahmani, W., & Widyasari, N. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Media Tangram. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 17–24. https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.17-24

Rosanti, F., & Harahap, A. (2022). Outdoor Learning Math dengan Pendekatan Math City Map terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Kelas XII SMK YAPIM Pinang Awan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 1387–1402. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1363

Saptutyningsih, E., & Setyaningrum, E. (2019). Penelitian Kuantitatif Metode dan Alat Analisis. Gosyen Publishing.

Sirajuddin, Wahyudi, A. A., & Al-Fatiha, A. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Aplikasi Math City Map terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 265 Timampu. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 1–9. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2612

Sugiyono. (2021). Metode Kenelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2021.

Sujarweni, V. W. (2014). Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Ulya, Z. (2024). Penerapan Teori Konstruktivisme Menurut Jean Piaget dan Teori Neuroscience dalam Pendidikan. Journal of Education, 7(1), 12–23. https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/al-mudarris/article/view/1855/819

Yuliana, D., & Widyasari, N. (2022). Model CTL dan Online Learning: Dapatkan Berdampak bagi Koneksi dan Disposisi Matematis Siswa SD? JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(2), 303–315. https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i2.6942

Downloads

Published

2024-09-30

Citation Check