DAMPAK MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MATH CITY MAPS TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31100/histogram.v8i2.3830Kata Kunci:
CTL, Kemampuan Spasial, Math City MapsAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya mempelajari geometri yang membutuhkan kemampuan spasial. Akan tetapi berdasarkan penelitian-penelitian sebelumnya kemampuan spasial siswa masih rendah dalam belajar geometri. Hal ini dikarenakan kurangnya penggunaan model pembelajaran yang tepat oleh guru dan belum memanfaatkan media pembelajaran teknologi secara maksimal. Tujuan utama dalam penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan spasial antara siswa yang memperoleh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan Math City Maps dengan yang memperoleh pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan jenis metode yang digunakan adalah dengan metode quasi eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest-control group design. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan spasial siswa. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan yang menunjukkan hasil uji t diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat dampak model contextual teaching and learning berbantuan math city maps terhadap kemampuan spasial siswa
Referensi
Anjarsari, E. (2018). Mengembangkan Kemampuan Spasial Siswa melalui Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 55–61. https://doi.org/10.30736/rfma.v7i2.77
Ardiyanto, G. G., Astutik, S., & Pangastut, E. I. (2023). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Keterampilan Berpikir Spasial Siswa SMA. JURNAL GEOGRAFI, 12(2), 92–101. https://doi.org/10.24036/geografi/vol12-iss2/3557
Ariani, Y., Johar, R., & Marwan, M. (2019). Penggunaan Software Cabri 3D untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Peluang, 7(2), 11–21. https://doi.org/10.24815/jp.v7i2.13695
Ayu, Y., Wahyuningtiyas, P., Fikri, K., & Fitrianawati, M. (2022). Dampak Pembelajaran Konvensional pada Siswa SD Muhammadiyah Domban 3 dan Problem based Learning sebagai Solusinya. Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan, 1025–1028. https://seminar.uad.ac.id/index.php/semhasmengajar/article/view/10723
Cholilah, M. (2023). Profil Kemampuan Spasial Siswa SMP pada Pembelajaran Matematika yang Berkaitan dengan Geometri dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 3(3), 178–188. https://pdfs.semanticscholar.org/d295/fe72c116f54eb2be740873b5ae3e9f221edc.pdf
Febrian, S. A., Rahmawati, F., & ‘Adna, S. F. (2023). Pengaruh Missouri Mathematics Project Berbantuan Math City Map terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 6(3), 307–316. https://doi.org/10.24014/juring.v6i3.23567
Ghalib, I. A., & Mahmudi, A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Geogebra berbasis Cotextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Kemampuan Spasial pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pedagogi Matematika, 8(1), 1–10. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm
Hermita, N., Alim, J. A., Putra, Z. H., Putra, R. A., Anggoro, S., & Aryani, N. (2023). The Effect of STEM Autonomous Learning City Map Application on Students’ Critical Thinking Skills. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 17(3), 87–101. https://doi.org/10.3991/ijim.v17i03.34587
Hibatullah, I. N., Susanto, & Monalisa, A. (2020). Profil Kemampuan Spasial Siswa Ditinjau dari Tipe Kepribadian Florence Littauer. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2), 115–124. https://doi.org/10.24853/fbc.6.2.115-124
Kistian, A., Fahreza, F., & Mulyadi. (2020). Perbedaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Ekspositori terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Kelas IV SDN Peunaga Cut Ujong. Jurnal Tunas Bangsa, 7(1), 50–59. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v7i1.975
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Lubis, D. A., Arianto, L., Ashari, I. M. Al, & Amidi. (2021). Pembelajaran Matematika Budaya (Etnomatematika) Berbantuan Aplikasi Math City Mapuntuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. JEIDE: Journal of Educational Integration and Development, 1(3), 171–180. https://doi.org/0.55868/jeid.v1i3.94
Mahfuddin, & Caswita. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah pada Soal Berbasis High Order Thinking Ditinjau dari Kemampuan Spasial. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1696–1708. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3874
Maulid, A. I., & Astuti, H. P. (2023). Analisis Kemampuan Spasial Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gender dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Kubus. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 571–583. https://doi.org/10.59098/mega.v4i2.1012
Nainggolan, A. M., & Daeli, A. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya bagi Pembelajaran. Journal of Psychology “Humanlight,” 2(1), 31–47. https://doi.org/10.51667/jph.v2i1.554
Navianto, A. (2023). Improving Mathematics Learning Through Contextual Teaching and Learning Models using the Math City Map App. ATLANTIS PRESS, Proceeding, 141–151. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-220-0_16
Noviani, J., Syahputra, E., & Murad, A. (2017). The Effect of Realistic Mathematic Education (RME) in Improving Primary School Students’ Spatial Ability in Subtopic Two Dimension Shape. Journal of Education and Practice, 8(34), 112–126. https://www.researchgate.net/publication/322326573_The_Effect_of_Realistic_Mathematic_Education_RME_in_Improving_Primary_School_Students’_Spatial_Ability_in_Subtopic_Two_Dimension_Shape
Nurhadi. (2020). Transformasi Teori Kognitivisme dalam Belajar dan Pembelajaran. Bintang : Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(1), 16–34. https://core.ac.uk/download/pdf/322517314.pdf
Nurwijaya, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem based Learning Berbantuan Augmented Reality terhadap Kemampuan Spasial Siswa. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 107–116. https://ejournals.umma.ac.id/index.php/equals/article/view/1563/980
Pharsy, N. N., Dur, S., & Hasibuan, E. K. (2022). Perbedaan Kemampuan Visual Spasial dan Pemecahan Masalah melalui Model CTL dan PBL. Relevan: Jurnal Pendididkan Matematika, 2(3), 330–334. https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/357
Prameswara, A. Y., & Pius, I. X. (2023). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan hasil Belajar Siswa Kelas 4 SDK Wignya Mandala melalui Pembelajaran Kooperatif. SAPA - Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 08(01), 1–9. https://doi.org/10.53544/sapa.v8i1.327
Putri, R. O. E. (2016). Peran Kemampuan Spasial Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika yang Berkaitan dengan Geometri. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya, 345–352. https://proceedings.ums.ac.id/index.php/knpmp/article/view/2518/2473
Rahmani, W., & Widyasari, N. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Media Tangram. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 17–24. https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.17-24
Rosanti, F., & Harahap, A. (2022). Outdoor Learning Math dengan Pendekatan Math City Map terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Kelas XII SMK YAPIM Pinang Awan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 1387–1402. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1363
Saptutyningsih, E., & Setyaningrum, E. (2019). Penelitian Kuantitatif Metode dan Alat Analisis. Gosyen Publishing.
Sirajuddin, Wahyudi, A. A., & Al-Fatiha, A. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Aplikasi Math City Map terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 265 Timampu. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 1–9. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2612
Sugiyono. (2021). Metode Kenelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2021.
Sujarweni, V. W. (2014). Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Ulya, Z. (2024). Penerapan Teori Konstruktivisme Menurut Jean Piaget dan Teori Neuroscience dalam Pendidikan. Journal of Education, 7(1), 12–23. https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/al-mudarris/article/view/1855/819
Yuliana, D., & Widyasari, N. (2022). Model CTL dan Online Learning: Dapatkan Berdampak bagi Koneksi dan Disposisi Matematis Siswa SD? JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(2), 303–315. https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i2.6942
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Siti Nurhaliza, Nurbaiti Widyasari
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Please find the rights and licenses in Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika. By submitting the article/manuscript, the author(s) accept this policy.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International.
2. Author's Warranties
The author warrants that the article is original, written by a stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika's spirit is to disseminate articles published for free. Under the Creative Commons license, Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika when distributing works in the journal.
4. Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
- Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
- The right to use the substance of the article in one's future works, including lectures and books,
- The right to reproduce the article for one's purposes,
- The right to self-archive the article,
- The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal (Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika).
5. Co-Authorship
If other authors jointly prepared the article, any author submitting the manuscript warrants that all co-authors have authorized them to agree on this copyright and license notice (agreement) on their behalf and agree to inform their co-authors of the terms of this policy. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika will not be held liable for anything arising from the author(s) internal dispute. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika will only communicate with the corresponding author.
6. Royalties
This agreement entitles the author to no royalties or other fees. To such an extent that it is legally permissible, the author waives their right to collect royalties relative to the article regarding any use by Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika.
7. Miscellaneous
Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika will publish the article (or have it published) in the journal if the editorial process is completed. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika h editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing, and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published to be publicly accessible, and such access will be free of charge for the readers, as mentioned in point 3.