PENERAPAN SOFTWARE GEOGEBRA PADA PEMBELAJARAN TOPIK LINGKARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Desyarti Safarini TLS Sampoerna University, Indonesia
  • Faqih Al Adyan Bunda Mulia School, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v3i2.466

Keywords:

software GeoGebra, lingkaran, hasil belajar

Abstract

Matematika merupakan salah satu bidang ilmu yang dianggap sulit oleh kebanyakan siswa, sehingga tidak sedikit siswa yang memperoleh hasil belajar matematika yang rendah. Penggunaan media pembelajaran dapat membantu siswa dalam memahami konsep matematika yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajarnya. Penelitian ini mengkaji mengenai penerapan media software GeoGebra pada pembelajaran topik lingkaran di suatu Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Jakarta dan mendeskripsikan tentang bagaimana hasil belajar siswa dapat meningkat melalui pembelajaran tersebut. Penelitian ini berjenis kualitatif deskriptif dengan teknik analisa data model Miles dan Huberman dan melalui proses triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media software GeoGebra dapat membantu siswa dalam memahami materi pada topik lingkaran, sehingga hasil belajar siswa meningkat sebesar 30%.

Author Biography

Faqih Al Adyan, Bunda Mulia School

Mathematics Teacher

References

Dokovic, L. (2009). Applications GeoGebra into Teaching Some Topics of Mathematics at the College Level. Business Technical College: Siberia. Jurnal ComSIS Vol. 6 No. 2, December.

Freiman, V., Martinovic, D., & Karadag, Z. (2010). A Snapshot of Geogebra Community Endeavors: Building A Research Agenda. Diunduh pada 15 Mei 2012 dari geogebraithaca.wikispaces.com/file/view/z10_os1-4-1.pdf

Machin, M. C., & Rivero, R. D. (2002). Students' attitudes towards Mathematics and computers when using DERIVE in the learning of calculus concepts. The International Journal for Technology in Mathematics Education, 9(4), 259.Miles, M. B. and Huberman, M. A. (1994). Qualitative Analysis: An Expanded Sourcebook. Thousand Oaks, CA: Sage.

National Council of Teacher of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston: NCTM. Inc.

Reys, R., Lindquist, M, M., Lambdin, D, V., & Smith, N, L. (2009). Helping Children Learn Mathematics. USA: John Wiley & Sons, Inc.

‎Sugiyono, 2013, Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Way, J., & Beardon, T. (2003). ICT and Primary Mathematics. Philadelphia: Open University Press.

Widdiharto, R., Anggraeni, G., & Guntoro, S. T. (2008). Paket Fasilitasi Pemberdayaan KKG/MGMP Matematika: Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP dan Alternatif Proses Remidinya. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Downloads

Additional Files

Published

2020-08-31

Issue

Section

Articles

Citation Check