ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL NUMERASI PADA ASESMEN NASIONAL 2021

Penulis

  • Muh Sholeh Mawardi Magister Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Islam Malang, Indonesia
  • Surya Sari Faradiba (Scopus ID: 57209449820), Doktor Pendidikan Matematika, Universitas Islam Malang, Indonesia http://orcid.org/0000-0002-3055-6240

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v6i2.1830

Kata Kunci:

Careless Errors, Concept Errors, Numerasi

Abstrak

Asesmen nasional bertujuan mengukur hasil belajar kognitif, hasil belajar non kognitif, dan kualitas lingkungan belajar pada satuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa SMPN 1 Ngajum dalam mengerjakan soal numerasi asesmen nasional tahun 2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan tes tulis menggunakan dua soal numerasi asesmen nasional dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya tiga jenis kesalahan siswa, yaitu Careless Errors (Ca), Concept Errors (Co) dan kombinasi dari Cereless Errrors dan Concept Errors (Ca and Co). Careless errors (Ca) atau kesalahan karena ceroboh yaitu kesalahan akibat siswa tidak teliti ketika mengerjakan soal, ketidaktelitian tersebut dapat berupa ceroboh memahami soal, ceroboh melakukan operasi algoritma, ceroboh dalam menyederhanakan persamaan, dan ceroboh dalam menuliskan hasil perhitungan. Sedangkan Concept errors (Co) atau kesalahan konsep yaitu kesalahan karena tidak memahami pengertian atau prinsip matematika, serta tidak memahami prosedur penghitungan algoritma.

Biografi Penulis

Surya Sari Faradiba, (Scopus ID: 57209449820), Doktor Pendidikan Matematika, Universitas Islam Malang

Academic Profile :

Google Scholar: https://scholar.google.com/citations?hl=en&user=ssCheK0AAAAJ

Sinta Author Profile : http://sinta.ristekbrin.go.id/authors/detail/?id=6157499&view=overview

Referensi

A. Purwanto et al., “Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar,†EduPsyCouns J. Educ. Psychol. Couns., vol. 2, no. 1, 2020.

M. Pendidikan, “Merdeka Belajar,†Kementeri. Pendidik. Dan Kebud., 2019.

E. Nurjanah, “Kesiapan Calon Guru SD dalam Implementasi Asesmen Nasional,†J. Papeda, vol. 3, no. 2, 2021.

D. C. Rohim, S. Rahmawati, and I. D. Ganestri, “Konsep Asesmen Kompetensi Minimum Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Sekolah Dasar untuk Siswa,†J. Varidika, vol. 33, no. 1, 2021.

Suryana, Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak - Dadan Suryana - Google Buku. 2016.

N. A. Nehru, “Asesmen Komptenesi Sebagai Bentuk Perubahan Ujian Nasional Pendidikan Indonesia: Analisis Dampak dan Problem Solving Menurut Kebijakan Merdeka Belajar,†J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, 2019.

F. T. P. Pangesti, “Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal Hots,†Indones. Digit. J. Math. Educ., vol. 5, no. 9, 2018.

R. R. Anderha and S. Maskar, “Pengaruh Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika,†J. Ilm. Mat. Realis., vol. 2, no. 1, 2021.

D. Mardiana and U. Umiarso, “Merdeka Belajar di Tengah Pandemi COVID-19: Studi di Sekolah Menengah Pertama di Indonesia,†Al-TA’DIB J. Kaji. Ilmu Kependidikan, vol. 13, no. 2, 2020, doi: 10.31332/atdbwv13i2.1896.

M. T. Anshori, “Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi perbandingan di kelas VII SMP,†J. Pendidik. dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 7, no. 1, 2018.

E. Gradini, “Miskonsepsi Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Di Dataran Tinggi Gayo,†J. Chem. Inf. Model., vol. 3, no. 2, 2016.

D. Novitasari, “PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA,†FIBONACCI J. Pendidik. Mat. dan Mat., vol. 2, no. 2, 2016, doi: 10.24853/fbc.2.2.8-18.

S. A. Widodo, “Analisis Kesalahan Dalam Pemecahan Masalah Divergensi Tipe Membuktikan Pada Mahasiswa Matematika,†J. Pendidik. Dan Pengajaran, vol. 46, no. 2, 2013.

Z. Ç. Özcan and H. Doğan, “A longitudinal study of early math skills, reading comprehension and mathematical problem solving,†Pegem Egit. ve Ogr. Derg., vol. 8, no. 1, 2018, doi: 10.14527/pegegog.2018.001.

A. J. Purwanto, “Pemahaman Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Pujer dalam Menyelesaikan Soal AKM Numerasi,†J. Math. Educ. Learn., vol. 1, no. 2, 2021, doi: 10.19184/jomeal.v1i2.24272.

Diterbitkan

2022-09-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check