KESESUAIAN SOAL UAS BUATAN GURU MATEMATIKA KELAS IX DENGAN TUJUAN PEMBELAJARAN

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v6i2.2074

Kata Kunci:

Alat Evaluasi, Tujuan Pembelajaran

Abstrak

Evaluasi merupakan kegiatan terpenting dalam proses pembelajaran, ketika membuat alat evaluasi harus sesuai dengan kisi yang dibuat, baik dari segi kompetensi dasar (KD), indikator pencapaian kompetensi (IPK) sampai dengan tujuan yang ingin diraih. Tujuan dari penelitian ini ialah dalam rangka untuk melihat apakah instrumen pengevaluasian yang dilaksanakan oleh pendidik telah selaras dengan apa yang ingin dicapai pada pembelajaran itu sendiri. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan penelitian ini yakni di  SMP Negeri 5 Bantan Kabupaten Bengkalis dengan subjek penelitian adalah guru matematika kelas IX. Berdasarkan analisis yang telah dilaksanakan didapatkan hasil 25 pertanyaan yang diajukan oleh guru, 7 pertanyaan yang tidak selaras dengan hal yang ingin dicapai pada proses pembelajaran  serta 14 tujuan pembelajaran dimana tidak terdapat pada pertanyaan yang diajukan oleh guru. Jadi dapat disimpulkan bahwa soal tersebut sudah baik

Biografi Penulis

Syahrul Amri, Universitas Riau

Syahrul Amri, S.Tr.T

Lahir di Bengkalis, 23 November 1997. Studi S1 Teknik Sipil Politeknik Negeri Bengkalis, lulus tahun 2019; Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Matematika FKIP Universitas Riau, Pekanbaru, Hp : 082170348496 Email : [email protected]

Dr. Maimunah, M.Si

Lahir di Kijang, 15Januari 1962. Dosen Pascasarjana Pendidikan Matematika FKIP Universitas Riau. Studi S1 Pendidikan Matematika IKIP Padang, lulus tahun 1986; S2 Matematika Universitas Gadjah Mada, lulus tahun 2002; S3 Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang, lulus tahun 2016.

Dra. Yenita Roza, Ph.D.

Lahir di Painan, 14 Juni 1963. Dosen Pascasarjana Pendidikan Matematika FKIP Universitas Riau. Studi S1 Pendidikan Matematika IKIP Padang, lulus tahun 1985; S2Educational/Instructional Technology Kentucky University, lulus tahun 1990; S3 Educational/Instructional Technology Kansas States University, lulus tahun 1994.

 

Referensi

Ambarwati, Y. F., & Ismiyati, I. (2022). Analisis butir soal pilihan ganda ulangan akhir semester genap mata pelajaran kearsipan. Measurement In Educational Research (Meter), 1(2), 64-75.

Amiruddin, K., Mania, S., Ichiana, N. N., & Majid, A. F. (2020). Analysis of Final School Examination Questions for Mathematics Subjects. Alauddin Journal of Mathematics Education.

Hamimi, L., Zamharirah, R., & Rusydy, R. (2020). Analisis butir soal ujian Matematika kelas VII semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 57-66.

Hidayah, U., Putrayasa, I. B., & Martha, I. N. (2016). Konsistensi kompetensi inti (KI), kompetensi dasar (KD), dan indikator pada evaluasi guru dalam pembelajaran eksposisi berdasarkan kurikulum 2013 siswa kelas X MAN Patas. E-Journal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas Pendidikan Ganesha, 5(3), 1-12.

Lestari, A. D., & Siregar, H. P. (2019). Analisis Butir Soal Matematika Buatan Guru SMP Negeri 1 Mempura. Pi: Mathematics Education Journal, 2(1), 26-33.

Lubis, D. A. (2022). Analisis Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Tematik Kelas II SDN 028230. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 238-241.

Luritawaty, I. P., Dahlan, J. A., & Siregar, G. M. A. (2020). Analisis soal ujian sekolah berstandar nasional matematika sekolah menengah pertama tahun ajaran 2018/2019. Jurnal Theorems, 4(2), 195-205.

Mahirah, B. (2017). Evaluasi belajar peserta didik (siswa). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2).

Mauliandri, R., Maimunah, M., & Roza, Y. (2021). Kesesuaian alat evaluasi dengan indikator pencapaian kompetensi dan kompetensi dasar pada RPP matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 803-811.

MAYSARAH, S. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA YANG MEMILIKI GAYA BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OLIMPIADE. Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 70-76.

Putri, A., Roza, Y., & Maimunah, M. ANALYSIS OF MATHEMATICS MID TEST QUESTIONS FOR CLASS VII SMP EDUCATION 21 KULIM. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 13(1), 68-79.

Santosa, S., & Badawi, J. A. (2022). Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Tema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(2), 1678-1686

Diterbitkan

2022-09-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check